Ukraina-Menang.jpg

Euro 2020: Ukraina Catat Rekor Sejarah

oleh: inggil Entertainment Wednesday, 30 June 2021 12:00 p.m.


Mancode - Negara kuda hitam di gelaran Piala Euro 2020/2021 terus memberikan perlawanan sengit. Terbaru, kini ada Ukraina yang baru saja lolos ke perempat final setelah menyingkirkan Swedia. Bertanding di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Rabu (30/6/2021), Zbirna menang dramatis dengan skor akhir 2-1.

Lolosnya Ukraina ke perempat final juga menorehkan sejarah baru, tim asuhan Shevchenko ini menjadi pelatih pertama yang mampu melaju sejauh ini. Sebab, capaian terbaik Ukraina di Euro sebelumnya cuma sampai fase grup.

Sebelumnya, Shevchenko juga menjadi kapten pertama yang membantu Ukraina lolos ke perempat final Piala Dunia. Kini, ia memimpin sendiri sebagai pelatih negaranya ke delapan besar Piala Eropa.


Pada dua edisi Piala Eropa sebelumnya, Ukraina selalu gugur pada babak penyisihan grup. Sementara itu, dari edisi 1996 hingga 2008, mereka bahkan tak sanggup lolos ke putaran final.

Kesuksesan Ukraina melangkah hingga perempat final Euro 2020 tak bisa lepas dari tangan dingin Andriy Shevchenko di kursi pelatih. Sebelum terjun ke dunia kepelatihan, Shevchenko merupakan pemain kelas dunia. Ia adalah seorang legenda dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola Ukraina.

Shevchenko-Ukraina.jpg

Andriy Shevchenko sendiri bisa dibilang pesepakbola terbaik yang pernah dimiliki Ukraina. Sebab, ia juga menjadi pencetak gol terbanyak timnasnya dengan catatan 48 gol, juga menjadi satu-satunya pemain Ukraina yang bisa memenangkan Ballon d'Or.

Laga Ukraina melawan Swedia sendiri berlangsung dramatis. Kedua tim sama-sama memberikan perlawanan sengit hingga harus melanjutkan babak perpanjangan waktu. Pada babak pertama, Ukraina unggul lebih dahulu lewat gol Oleksander Zhincenko di menit 27, yang kemudian dibalas Emil Forsberg dua menit jelang babak pertama tuntas.

Ukraina-Swedia.jpg

Skor imbang ini berlanjut hingga babak tambahan. Di masa perpanjangan waktu tersebut, Ukraina berhasil unggul lagi. Artem Dovbyk memastikan kemenangan Ukraina di menit ke-121. Selanjutnya, tim asuhan Andriy Shevchenko ini bakal menghadapi Inggris.

Baca Juga: Euro 2020: Redupnya Harry Kane dan Timnas Inggris

Baca Juga: Aksi Geser Coca-Cola Ronaldo Bikin Rugi Rp57 Triliun

Baca Juga: Adiós Sergio Ramos! Ini Momen Terbaik Sang Kapten Real Madrid




Share To


inggil

inggil

June 30, 2021, noon


tags : Andriy Shevchenko Ukraina Lolos Perempatfinal Ukraina Menang Berita Euro 2020 Euro 2020 Pelatih Ukraina


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA