Dukung #dirumahaja, Garena Indonesia Umumkan Roadmap Esports Terbaru.jpg

Esports Jadi Cabor Eksibisi di PON XX Papua 2021

oleh: galih Technology Thursday, 19 August 2021 10:00 a.m.


Mancode – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, elektronik sports atau kerap dikenal dengan esports dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Esports akan menjadi cabang olahraga (cabor) eksibisi dalam perhelatan olahraga nasional yang digelar empat tahunan tersebut.

"Ini adalah pertama kali dalam sejarah di mana olahraga esports masuk dalam rangkaian PON," kata Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) seperti dinukil grid.id, Kamis (19/8/2021).

Esports menjadi salah satu cabang dari 10 cabang yang akan mengukuti eksibisi di PON XX Papua 2021. Esports sendiri bakal dipertandingan tiga nomor pertandingan, yakni eFootball PES 2021, Mobile Legends, dan Free Fire.


Sebagai pendukung, eksibisi esports tersebut akan menggunakan platform digital yang secara resmi di bawah naungan PBESI, yakni Garudaku. Platform ini digunakan mulai dari proses pendaftaran hingga teknis penyelenggaraan eksibisi esports.

Untuk pendaftaran peserta eksibisi esport PON XX Papua 2021 sudah dibuka sejak 18 Agustus 2021. Para peserta harus mewakili daerah masing-masing sesuai dengan domisili Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Para peserta yang telah mendaftar, akan masuk ke babak kualifikasi yang akan digelar pada 26 Agustus – 5 September 2021. Kualifikasi ini bersifat terbuka mencakup 34 provinsi yang terdiri dari 514 kabupaten/kota.

Kehadiran cabor eksibisi esports ini, tentunya diharapkan bisa memberikan kesempatan atlet esports untuk bertanding dengan membawa nama daerahnya. Nantinya, atlet-atlet esports terbaik dalam eksibisi esports PON XX Papua 2021, akan menjalani pemusatan latihan di Pelatnas yang dibina oleh PBESI.

Mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti turnamen-turnamen esports nasional maupun internasional, seperti SEA Games, Asian Games, dan lainnya.

Baca Juga: Lomba Balap Virtual HRSC Kembali Digelar, Begini Cara Daftarnya

Baca Juga: RIP PES, Konami Umumkan Game Sepak Bola Baru eFootball

Baca Juga: Spesifikasi Nintendo Switch OLED Seharga Rp5 Jutaan




Share To


galih

galih

Aug. 19, 2021, 10 a.m.


tags : Esports Jadi Cabor PON Papua 2021 Esports Technology Cabang Olahraga Eksibisi Esports Esports Indonesia PON XX Papua 2021


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 15 October 2021 14:00 p.m.

Cerita Perilisan Album Perdana "Bloodbuzz" Denisa

Entertainment 12 October 2021 6:00 a.m.

Jameson Indonesia X Demajors Serukan Ruang Bagi Musisi