Tradisi-Unik-Imelk.jpg

Enam Tradisi Unik Perayaan Imlek di Berbagai Negara

oleh: galih Life Style Friday, 12 February 2021 15:00 p.m.


Mancode – Pada 12 Februari 2021, seluruh umat Tionghoa di dunia merayakan Tahun baru Imlek. Momen ini dirayakan dengan berbagai tradisi di berbagai negara. Tak jarang, ada negara yang memiliki tradisi unik untuk merayakan Imlek.

Kali ini, Mancode coba merangkum enam tradisi unik perayakan Imlek di berbagai negara yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Apa saja?

Tradisi Memberikan Hadiah Nanas di Malaysia


Tradisi Imlek Malaysia.jpg

Ada satu jenis buah yang sangat populer untuk dijadikan hadiah Tahun Baru Imlek di Malaysia. Adalah nanas, memberikan buah nanas saat Tahun Baru Imlek di Negeri Jiran ini, dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan. Buah nanas juga diyakini merupakan simbol kebahagiaan.

Tradisi Perayaan Seollal di Korea Selatan

Tradisi-Imlek-Korea-Selatan.jpg

Imlek di Korea Selatan disebut dengan Seollal, yang memiliki arti hari pertama pada penanggalan Cina. Saat Seollal tiba, masyarakat Korea Selatan akan pulang ke kampung halamannya dan kebanyakan keluarga akan melakukan ibadah penghormatan kepada anggota keluarga yang sudah meninggal.

Selain itu, ada juga tradisi memberikan angpau kepada sanak saudara. Seluruh keluarga juga wajib menggunakan hanbok, pakaian tradisional Korea ketika merayakan Seollal.

Tradisi Mengundang Tamu yang Bawa Keberuntungan di Vietnam

Tradisi-Imlek-Vietnam.jpg

Tahun Baru Imlek juga menjadi perayaan yang meriah di Vietnam. Saat merayakan Imlek, makanan yang pasti selalu hadir adalah zongzi. Di Indonesia, makanan ini mirip dengan makanan bacang.

Selain itu, ada satu hal yang unik dari perayaan Imlek di Vietnam, masyarakat di sana percaya bahwa tamu pertama yang datang ke rumah mereka akan menentukan peruntungan di tahun baru. Kepercayaan ini sendiri disebut masyarakat Vietnam dengan Xong Tet.

Tradisi Membeli Bunga di Hongkong

Tradisi-Imlek-Hongkong.jpg

Negara yang juga merayakan Imlek adalah Hongkong. Biasanya, perayaan Tahun Baru Imlek di negeri ini sangat meriah. Mulai dari menghadirkan pertunjukkan budaya dan kembang api yang meriah.

Menariknya, ada tradisi perayaan Imlek yang tak biasa di Hongkong. Masyarakat Hongkong punya tradisi unik saat Imlek tiba dengan membeli bunga sehari sebelum menyambut Tahun Baru Imlek. Bagi mereka, bunga dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan dan hal-hal baik selama perayaan Imlek berlangsung.

Tradisi Penobatan Miss Chinatown USA di Amerika Serikat

Tradisi-Imlek-Amerika-Serikat.jpg

Di Amerika Serikat, perayaan tahun baru Imlek bisa dirasakan di berbagai Chinatown yang ada di beberapa negara bagian Amerika Serikat. Di San Fransisco, salah satunya. Salah satu tradisi unik perayaan Imlek di sana adalah adanya penobatan Miss Chinatown USA. Penobatan ini diselenggarakan bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Imlek di San Fransisco.

Tradisi Libur Kerja Selama 5 Hari di Macau

Tradisi-Imlek-Macau.jpg

Tahun Baru Imlek merupakan salah satu liburan yang ditunggu-tunggu di Macau. Pemerintah di sana mengeluarkan kebijakan libur bagi para pekerja hingga lima hari. Kondisinya mirip Lebaran di Indonesia.

Nah, itulah enam negara yang memiliki tradisi unik dalam merayakan Tahun Baru Imlek. Setiap keluarga pasti memiliki tradisi perayaan Tahun Baru Imlek masing-masing. Bagaimana dengan tradisi perayaan tahun baru Imlek di keluargamu?

Baca Juga: Empat Shio yang Diprediksi Paling Hoki di Sepanjang 2021

Baca Juga: Ketika Imlek Dilarang Soeharto dan Dibebaskan Gus Dur

Baca Juga: Sambut Imlek, Tangcity Mall Hadirkan Pameran Tanaman Hias




Share To


galih

galih

Feb. 12, 2021, 3 p.m.


tags : Tahun Baru Imlek 2021 Tradisi Unik Imlek Imlek 2021 Tradisi Imlek Life Style Perayaan Tahun Baru Imlek


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Travel 6 September 2021 14:00 p.m.

Pro Kontra Paspor Vaksin di Inggris

Entertainment 1 September 2021 10:00 a.m.

Kolaborasi Berkelas dalam Konser Virtual 48 Tahun God Bless

Travel 23 August 2021 10:00 a.m.

Potret Aliran Garis Keras di Kano Nigeria