Base Jam.jpg

Eksplorasi Musik Base Jam dalam “Salah Suka”

oleh: galih Entertainment Friday, 3 September 2021 12:00 p.m.


Mancode – Base Jam kembali meneruskan eksistensinya dalam berkarya di tahun ke-27 sejak terbentuk pada 1994. Kali ini, mereka merilis single terbaru berjudul “Salah Suka” dengan menawarkan eksplorasi musik yang berbeda.

“Dalam single ini, kita memang lebih banyak eksplore. Musiknya nggak sebatas musik pop, tapi kita masukkan unsur shuffle, kita saling eksplore,” ungkap Jeane Phialsa “Alsa”, drummer Base Jam saat konferensi pers virtual, Jumat (3/9/2021).

Untuk lirik “Salah Suka”, mereka masih mengandalkan lirik-lirik percintaan ala Base Jam. Di mana lagu ini bercerita tentang seseorang dengan prosesnya mendekati orang yang disukainya, tapi ternyata orang tersebut sudah mempunyai pasangan.


“Lagu ini berisi humor dan lucu-lucuan dari proses taksir atau mendekati orang. Kadang kita suka naksir atau penasaran sama orang, tapi kita tidak tau ceritanya dia. Jadi, walau kita pede mau mendekati eh, ternyata, ada yang sudah menunggu alias pasangan aslinya dia. Jadi malu deh dan ternyata kita jadinya salah suka,” timpal Adhini Citrasari atau akrab disapa Sita, bassist Base Jam.

Tak hanya dalam percintaan, menurut sang vokalis Sigit Warnada, lagu ini juga relate dengan berbagai aspek kehidupan sehari-hari. “Misalnya gue, ikut jurusan sekolah sama temen, tapi malah jadi musisi. Itu sih salah jurusan sekolah, jadi salah suka jurusan,” ungkapnya.

Lagu ini memang bukan lagu "baru" Base Jam. Lagu “Salah Suka” diciptakan Oni Fathoni sang gitaris Base Jam sekitar 2009. Namun, lagu tersebut belum digarap secara serius. Baru pada 2019, ketika Base Jam terbentuk kembali dengan personel terbaru, lagi ini mulai digarap dan direkam.

“Digarapnya sebenarnya sudah 2019 dengan formasi baru. Lalu kita masuk rekaman menggarap 4 lagu, salah satunya Salah Suka dan baru dirilis sekarang,” tambah Sigit.

Video Klip Animasi

Penyajian artwork dan video klip “Salah Suka” cukup menarik perhatian. Di mana khusus untuk video klipnya digarap denga gaya video animasi, dengan color tone, karakter, dan jalan cerita yang menarik. Video klip ini dirilis dalam format 4k.

“Kenapa konsep animasi, karena kita belum pernah bikin seperti ini. Dulu pernah, tapi hanya video lirik. Kalau sekarang video klipnya benar-benar full animasi. Konsepnya keren, salah satu tujuannya memang untuk menarik pendengar baru, agar tertarik mengenal Base Jam,” ungkap Ardi Isnandar atau akrab disapa Aris, gitaris Base Jam.

Seperti diketahui, Base Jame kini hadir dengan format personel baru yang digawangi Sigit Warnada (vokal), Ardi Isnandar “Aris” (gitar), Oni Fathoni (gitar), Adhini Citrasari “Sita (bass) dan Jeane Phialsa “Alsa” (drum).

“Kita berharap dengan formasi terkini, bisa terus berkreasi dan berharap akan selalu solid satu sama lain. Walaupun mayoritas punya kesibukan masing-masing, tapi Base Jam tetap adalah prioritas utama dan tempat kami berkarya,” ucap Sigit.

Karya terbaru Base Jam, “Salah Suka” kini sudah bisa didengarkan di sejumlah platform musik digital per 3 September 2021. Video klip-nya juga sudah tayang di channel YouTube Base Jam Official.

Baca Juga: The Titans Serukan Semangat Hidup dalam “Murad”

Baca Juga: Representasi Visual ‘Bercumbu’ Milik Mariani dalam Video Musik

Baca Juga: Toxic Love ala FLØRE dalam ‘Cigarette’




Share To


galih

galih

Sept. 3, 2021, noon


tags : Entertainment Base Jam Eksplorasi Musik Base Jam Single Salah Suka Single Terbaru Base Jam


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Technology 15 September 2021 10:00 a.m.

Spesifikasi dan Harga Empat Model iPhone 13 Terbaru

Life Style 14 September 2021 11:00 a.m.

PUMA Tunjuk Killian Hayes Jadi Duta