Bahasa Inggris.jpg

EF EPI 2021: Indonesia Peringkat 80 dari 112 Negera Dunia

oleh: galih Life Style Friday, 3 December 2021 8:00 a.m.


Mancode - EF Education First, perusahaan penyedia layanan pengajaran bahasa secara global kembali meluncurkan Laporan Indeks Kecakapan Bahasa Inggris atau EPI (English Proficiency Index) 2021. Laporan ini memaparkan tentang bagaimana dan di mana saja perkembangan kecakapan bahasa Inggris terjadi di dunia.

“EF EPI 2021 ini akan memberikan masukan yang berguna bagi para pembuat kebijakan dalam upaya meningkatkan kecakapan berbahasa Inggris di negara masing-masing. Laporan ini bahkan memberikan gambaran adanya peningkatan kecakapan berbahasa Inggris pada hampir semua kalangan usia dewasa produktif di dunia,” jelas Prof. Dr. McCormick, Wakil Presiden Bidang Akademik EF Education First.

EF EPI adalah sebuah laporan terstandar dan objektif yang mengelompokkan kemampuan Bahasa Inggris dari negara-negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka (non-native English speaking countries).


Laporan disusun berdasarkan data kemampuan bahasa Inggris dari 2 juta individu yang telah mengikuti EF Standard English Test (EF SET) atau model tes pengukuran kemampuan Bahasa Inggris lainnya yang disediakan oleh EF sepanjang 2020.

EF EPI 2021.jpg

Tahun ini, capaian EPI Indonesia berada di peringkat 80 dari 112 negara atau turun enam peringkat dibandingkan dengan posisinya di tahun lalu. Dari segi skor EPI, Indonesia memperoleh 466 poin, sedikit meningkat dari skor tahun lalu yang ada di angka 453.

Meskipun terjadi peningkatan skor, tahun ini Indonesia masih tetap berada pada kategori rendah untuk kecakapan bahasa Inggris. Secara global, capaian skor EPI Indonesia bahkan masih berada di bawah rerata skor EPI global yang berada pada angka 503.

Dibandingkan dengan sejumlah negara tetangga, capaian EPI Indonesia pada tahun ini berada jauh di bawah Singapura, Filipina, dan Malaysia yang berhasil menempati posisi tiga besar EPI di kawasan Asia.

Singapura sebagai negara dengan capaian EPI tertinggi di Asia berhasil menempati peringkat empat EPI secara global dan masuk dalam kategori “kecakapan sangat tinggi”. Adapun, Filipina dan Malaysia secara berturut berada pada peringkat 18 dan 28 secara global dan dikategorikan sebagai negara dengan kecakapan tinggi” dari segi kemampuan Bahasa Inggrisnya.

Masih di kawasan Asia Tenggara, Vietnam juga berada pada peringkat yang lebih unggul dibandingkan dengan Indonesia, yakni berada pada peringkat 66 secara global dengan selisih skor EPI sebesar 20 poin dibandingkan Indonesia. Pada akhirnya, Indonesia masih harus puas tertinggal pada peringkat 5 dari 8 negara di Asia Tenggara dan peringkat 14 dari 24 negara di kawasan Asia yang dihitung EPI-nya tahun ini.

Sementara, Manajer Bidang Akademik EF Adults Indonesia, Yunita Yanti menyebut bahwa lebih dari sekadar memperlihatkan data, EF EPI juga memberikan sejumlah rekomendasi aksi bagi beragam aktor, mulai dari pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, dan tentunya individu dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

“Salah satu rekomendasi kami adalah pentingnya sebuah negara untuk memprioritaskan penggunaan bahasa Inggris seperti yang telah dilakukan oleh banyak negara pada kategori kecakapan Bahasa Inggris yang “Tinggi” dan “Sangat Tinggi” pada hasil laporan ini,” terang Yunita.

Baca Juga: TikTok Luncurkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar

Baca Juga: Belajar Sejarah bersama Komunitas Reenactor Indonesia




Share To


galih

galih

Dec. 3, 2021, 8 a.m.


tags : EF Bahasa Inggris EF EPI 2021 Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA