Dukung UMKM Lokal Batam, ShopeePay Hadirkan Program Semangat UMKM Lokal.jpg

Dukung UMKM Lokal, ShopeePay Hadirkan Program Semangat UMKM Lokal di Batam

oleh: rachli Shopping Tuesday, 22 March 2022 8:00 a.m.


Mancode - Sebagai wujud kontribusi pemulihan bisnis UMKM dan ekonomi lokal, ShopeePay menghadirkan program Semangat UMKM Lokal di Kota Batam. Progam ini telah menjangkau lebih dari 11 kota dan akan terus dihadirkan sebagai salah satu upaya berkalanjutan melalui promo spesial cashback 60 persen.

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan, program ini merupakan bentuk dukungan ShopeePay untuk membantu para merchant, khususnya UMKM, dalam meningkatkan transaksi dengan menambah visibilitas bisnis ke konsumen.

“Untuk memperluas dukungan bagi UMKM, program ini kami hadirkan di Kota Batam yang hingga kini masih fokus pada pemulihan UMKM lokal. Ke depan, kami berharap program ini dapat terus membantu lebih banyak pelaku UMKM di tanah air,” katanya dalam virtual conference, Senin (21/3/2022).


Mulai 20-26 Maret 2022, masyarakat bisa menikmati promo spesial di dua pusat UMKM favorit di Kota Batam, yaitu Nagoya Food Court dan A2 Food Court, serta di gerai-gerai dua merchant lokal ikonik Kota Batam, yaitu Ayam Penyet Ria dan Jomtea.

Sebelumnya, program Semangat UMKM Lokal sudah dihadirkan oleh ShopeePay di 10 kota di Indonesia sejak pertama kali diluncurkan pada 2021 lalu. Program Semangat UMKM Lokal sudah menggandeng ratusan merchant di lebih dari 45 pusat UMKM.

Komunitas TDA Dorong Pertumbuhan UMKM

Upaya mendorong pertumbuhan UMKM lokal di Kota Batam secara luas juga datang dari Komunitas Tangan Di Atas (TDA). Pihaknya mengklaim dorongan dari berbagai pihak dibutuhkan untuk membangkitkan bisnis UMKM.

Oleh karena itu, menurut Ketua Komunitas TDA Batam Chepy Suparman, UMKM adalah salah satu sektor yang paling membutuhkan dukungan dari banyak pihak di masa pandemi seperti saat ini. Dengan begitu, hadirnya program Semangat UMKM Lokal turut diapresiasi Komunitas TDA.

“Saya percaya bahwa pengunaan teknologi dan masuk ke dalam ekosistem digital adalah salah satu kunci mendorong UMKM bangkit. Komunitas TDA Batam secara aktif menghadikan ruang diskusi untuk berbagi pandangan mengenai tantangan yang ada dan mencari solusinya,” kata Chepy.

Melalui program ini, ShopeePay berupaya merangkul lebih banyak UMKM lokal di Kota Batam dan seluruh Indonesia untuk masuk ke dalam ekosistem digital. Selain menghadirkan promo, ShopeePay juga menyiapkan sebuah laman khusus ShopeePay Semangat UMKM Lokal di aplikasi Shopee.

Selama program berjalan, turut diperkenalkan juga aplikasi Mitra Shopee sebagai layanan yang dapat membantu para pemilik warung tradisional di Batam dan kota lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan produk pulsa, paket data, token listrik dan produk digital lainnya.

Sekadar informasi, dampak pandemi masih dirasakan oleh UMKM di Kota Batam. Di mana, awal hadirnya Covid-19, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah Kota Batam mencatat terdapat sekitar 1.900 pelaku UMKM yang terdampak.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membangkitkan usaha mereka adalah dengan mendorong pengadopsian teknologi ke dalam bisnis untuk membantu menstimulasi transaksi pada bisnis UMKM.

Baca Juga: Kolaborasi Lazada Smoot Wujudkan Pengiriman Paket Ramah Lingkungan

Baca Juga: Tingkatkan Mood, IKEA Tawarkan Ide Perlengkapan Area Hobi di Rumah

Baca Juga: Sepanjang 2021, Produk Elektronik Jadi Barang Favorit di E-Commerce




Share To


rachli

rachli

March 22, 2022, 8 a.m.


tags : Shopee Semangat UMKM Lokal Batam ShopeePay


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE