Bantu UMKM Bangkit, ShopeePay Gelar Diskusi Strategi Bisnis.jpg

Dukung UMKM Bangkit, ShopeePay Gelar Diskusi Mendalam Soal Strategi Bisnis

oleh: rachli Shopping Wednesday, 8 June 2022 11:00 a.m.


Mancode - Setelah meluncurkan buku panduan UMKM gratis berjudul “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay”, ShopeePay kembali menggelar sesi diskusi virtual melalui kanal Instagram-nya dalam rangka mengedukasi pelaku UMKM tentang berbagai topik yang tertuang dalam buku tersebut.

Dalam kegiatan itu, ShopeePay berdiskusi bersama Nova Dewi selaku Founder Suwe Ora Jamu dan Giorrando Grissandy selaku Co-Founder agensi marketing Garis Temu, yang juga turut berkolaborasi dalam penyusunan buku panduan UMKM.

Kegiatan yang berlangung pada 25 Mei 2022 dan merupakan salah satu bentuk konsistensi ShopeePay dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia ini mendiskusi sejumlah topik. Antaranya.


Riset sebagai kunci menentukan harga yang tepat

Menurut Nova Dewi, riset pasar adalah kunci dari penentuan harga jual produk yang tepat dan wajib dilakukan oleh setiap pelaku bisnis saat memulai usaha. Riset pasar sangat membantu dalam berbagai informasi mengenai kompetitor yang sudah lebih dulu hadir di pasar.

“UMKM saat memperhitungkan harga jual suatu produk. Harga produk yang telah ditetapkan oleh kompetitor bisa memberikan gambaran mengenai letak kedudukan produk kita di pasar nantinya,” katanya.

Setelah mengetahui harga yang umum untuk suatu produk, sambung Nova Dewi, bisa dipertimbangkan apabila ingin memberikan harga premium yang lebih tinggi, atau bahkan bersaing dengan harga yang lebih rendah maupun sepadan.

Bantu UMKM Bangkit, ShopeePay Gelar Diskusi Mendalam Soal Strategi Bisnis.jpg

Bagi pelaku UMKM yang baru memulai bisnisnya, bahwa keberanian mereka pasti akan disambut hasil yang baik apabila memiliki sikap pantang menyerah serta kemauan untuk belajar. Jangan takut untuk mengambil keputusan, karena nanti bisa melakukan evaluasi secara berkala.

“Hal seperti itu merupakan bagian dari berbisnis, dan kita akan selalu mempelajari hal baru dari setiap keputusan yang kita ambil,” terang Nova.

Kenali karakter pelanggan untuk memaksimalkan upaya promosi

Dalam pembahasan mengenai digital marketing, Giorrando Grissandy menuturkan, cara promosi paling efektif adalah dengan mengenalkan target pasar secara baik dan mendalam. Pemahaman pelaku bisnis mengenai perilaku target pasarnya akan menentukan berbagai hal, termasuk penggunaan kanal komunikasi yang sesuai dengan preferensi demografi yang disasar.

“Digital marketing berkaitan langsung dengan konten digital untuk mempromosikan suatu jasa atau produk. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan mengenai tipe konten yang disukai oleh target pasar kita, dan kita bisa mulai mencoba mengambil perhatian mereka dengan cara tersebut,” katanya.

Seseorang atau bisnis yang dapat disebut sebagai ahli marketing adalah pihak yang paham cara menarik perhatian, baik melalui tulisan, gambar, maupun video. Harus dipastikan pula bahwa konten yang dirancang akan menarik perhatian target pasar dan menginformasikan tentang produk yang ditawarkan.

“Satu tipe konten yang dibuat dengan baik dan tepat akan memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan beragam konten yang dibuat tanpa pemahaman target pasarnya,” sambung Giorrando.

Baca Juga: Pertegas Dukung UMKM, ShopeePay Luncurkan Buku Panduan UMKM

Baca Juga: Upaya ShopeePay Dorong Bangkitnya UMKM Lokal di Tengah Pandemi

Baca Juga: Hadirkan Kampanye ShopeePay untuk QRIS, ShopeePay Dukung Ekonomi Digital




Share To


rachli

rachli

June 8, 2022, 11 a.m.


tags : ShopeePay Strategi Bisnis UMKM Diskusi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA