Pitchplay.jpg

Dukung Musisi Lokal, Pitchplay Hadirkan Fitur Membership dan Bundle

oleh: galih Technology Monday, 18 October 2021 9:00 a.m.


Mancode – Pandemi ‘memukul’ industri musik Tanah Air. Pertunjukkan musik masih dibatasi, atau bahkan dilarang karena menimbulkan kerumunan yang berpotensi hadirkan klaster Covid-19 baru. Di satu sisi, musisi masih banyak yang mengandalkan manggung atau live performance sebagai mata pencaharian mereka.

Melihat kondisi ini, Pitchplay sebagai fan-engagement platform hadir memberikan solusi bagi para musisi agar tetap bertahan.

“Kami merasa, belum ada solusi alternatif bagi industri musik di masa pandemi ini. Keuntungan yang didapat dari layanan streaming lagu umum hanya menguntungkan bagi musisi berskala besar, tidak bagi musisi berskala menengah atau kecil,” kata Fauzan Rezda selaku Co-Founder dan CEO Pithcplay dalam keterangan persnya yang diterima Mancode.id baru-baru ini.


Menilik dari hal ini, lanjut Fauzan, Pitchplay dibentuk lewat sebuah model bisnis baru sebagai enabler aspek komersial langsung dari musisi terhadap fansnya, atau lebih dikenal dengan istilah Direct-to-consumer dalam industri retail. ”Kami memiliki perbedaan dengan platform lain, kehadiran kami memberikan keuntungan bagi musisi semua musisi dari berbagai kalangan dan penggemar,” tambahnya.

Pitchplay merupakan model bisnis sustainable bagi musisi yang mengoptimalkan kualitas fans dibanding kuantitas. Sehingga tercipta ekosistem lengkap yang saling mengutungkan, antara musisi dan penggemarnya. Untuk itu, Pitchplay tampil beda dengan platform sejenis. Seperti kita ketahui masyarakat Indonesia terbiasa dengan sistem langganan gratis. Namun, tidak bagi Pitchplay. Layanan ini hadir dengan model bisnis berbayar.

“Kami rasa tidak akan menjadi persoalan besar, ini hanya persoalan bagaimana melakukan langkah penetrasi yang tepat dan memberikan keuntungan yang diharapkan oleh pengguna, dalam hal ini adalah fans. Ditambah, dengan infrastruktur penunjang yang saat ini sudah lengkap,” tutur Fauzan.

Hadirkan Fitur Baru

Untuk mendukung kiprah para musisi, Pitchplay baru saja memperkenalkan fitur baru mereka, yakni Membership dan Bundle. Bagaimana cara kerjanya?

Bundle adalah fitur di mana musisi dapat menjual konten video eksklusif dan dipaketkan dengan merchandise. The SIGIT telah melakukan kerja sama bersama bundle Pitchplay dengan menjual film dokumenter tur Australia mereka di 2016 dengan T-Shirt tur tersebut.

Fitur kedua adalah Membership. Ini merupakan fitur menguntungkan yang bisa dimanfaatkan oleh musisi dan fans. Lewat fitur ini, musisi dapat dengan mudah membuat sistem langganan dan menentukan keuntungannya sendiri.

Musisi dapat dengan mudah mengatur keuntungan dari konten khusus fans yang telah menjadi member seperti video, audio, gambar, merchandise khusus, dan chat room antara member dan musisi.

Tak hanya itu saja, musisi bisa melakukan pengembangan komunitas fans dan menjual album digital kepada member berbayar. Musisi bisa merasakan transparansi dan kemudahan dalam penarikan biaya transaksi.

Untuk saat ini fitur membership hanya dirilis untuk beberapa musisi yang menjadi Pitchplay Partner. Namun, per November 2021 fitur Membership ini dapat digunakan oleh musisi atau kreator lain secara umum dengan moderasi.

Keuntungan juga dirasakan oleh fans dapat berlangganan secara langsung kepada musisi kesayangannya baik dalam jangka bulanan atau tahunan. Dengan berlangganan, fans akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan ketentuan dari musisi tersebut. Tidak menutup kemungkinan fans bisa mendapatkan konten eksklusif dan merchandise khusus member, serta chat room.

Pee Wee Gaskins Jadi Member Pitchplay

Pada Oktober 2021, Pee Wee Gaskins (PWG), salah satu band kenamaan asal Jakarta, turut meramaikan jajaran musisi di platform Pitchplay. Menurut Reza Omo, personil (keyboardist) PWG, Pitchplay bisa menjadi satu channel yang dapat dimanfaatkan dengan baik untuk monetisasi konten PWG.

"Harapannya konten yang dimiliki oleh PWG bisa jadi aset yang dapat menghasilkan juga. Dengan begitu, akan berdampak pada kehidupan PWG sebagai musisi untuk lebih sustainable" ujarnya.

Sementara, Fauzan mengatakan alasan Pitchplay menggaet PWG karena kekuatan fanbase dan musisi yang besar pengaruhnya di dunia digital. “PWG merupakan salah satu musisi yang memiliki tingkat adopsi yang kuat di dunia digital, terutama hal-hal yang baru. Selain itu, fanbase PWG terbilang cukup kuat dan terbiasa membeli sesuatu dari PWG termasuk merchandise,” katanya.

Baca Juga: Mr. Jarwo Luncurkan “Rama Dan Shinta”

Baca Juga: Cerita Perilisan Album Perdana "Bloodbuzz" Denisa

Baca Juga: Spotify Hadirkan Fitur Baru Greenroom




Share To


galih

galih

Oct. 18, 2021, 9 a.m.


tags : Technology Industri Musik Musisi Lokal Fitur Baru Pitchplay Fitur Membership dan Bundle Pitchplay


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 23 November 2021 11:00 a.m.

Debut REWIND di Single ‘Sampai Kapan Ku Sendiri’

Entertainment 10 November 2021 10:00 a.m.

SAÉ Ungkapkan Kegalauan Hati dalam ‘Ragu’

History 10 November 2021 8:00 a.m.

Sejarah Singkat Hari Pahlawan 10 November