
Dukung Musisi Lokal, Pitchplay Hadirkan Fitur Membership dan Bundle
oleh: galih Technology Monday, 18 October 2021 9:00 a.m.
Mancode – Pandemi ‘memukul’ industri musik Tanah Air. Pertunjukkan musik masih dibatasi, atau bahkan dilarang karena menimbulkan kerumunan yang berpotensi hadirkan klaster Covid-19 baru. Di satu sisi, musisi masih banyak yang mengandalkan manggung atau live performance sebagai mata pencaharian mereka.
Melihat kondisi ini, Pitchplay sebagai fan-engagement platform hadir memberikan solusi bagi para musisi agar tetap bertahan.
“Kami merasa, belum ada solusi alternatif bagi industri musik di masa pandemi ini. Keuntungan yang didapat dari layanan streaming lagu umum hanya menguntungkan bagi musisi berskala besar, tidak bagi musisi berskala menengah atau kecil,” kata Fauzan Rezda selaku Co-Founder dan CEO Pithcplay dalam keterangan persnya yang diterima Mancode.id baru-baru ini.
Menilik dari hal ini, lanjut Fauzan, Pitchplay dibentuk lewat sebuah model bisnis baru sebagai enabler aspek komersial langsung dari musisi terhadap fansnya, atau lebih dikenal dengan istilah Direct-to-consumer dalam industri retail. ”Kami memiliki perbedaan dengan platform lain, kehadiran kami memberikan keuntungan bagi musisi semua musisi dari berbagai kalangan dan penggemar,” tambahnya.
Pitchplay merupakan model bisnis sustainable bagi musisi yang mengoptimalkan kualitas fans dibanding kuantitas. Sehingga tercipta ekosistem lengkap yang saling mengutungkan, antara musisi dan penggemarnya. Untuk itu, Pitchplay tampil beda dengan platform sejenis. Seperti kita ketahui masyarakat Indonesia terbiasa dengan sistem langganan gratis. Namun, tidak bagi Pitchplay. Layanan ini hadir dengan model bisnis berbayar.
“Kami rasa tidak akan menjadi persoalan besar, ini hanya persoalan bagaimana melakukan langkah penetrasi yang tepat dan memberikan keuntungan yang diharapkan oleh pengguna, dalam hal ini adalah fans. Ditambah, dengan infrastruktur penunjang yang saat ini sudah lengkap,” tutur Fauzan.
Hadirkan Fitur Baru
Untuk mendukung kiprah para musisi, Pitchplay baru saja memperkenalkan fitur baru mereka, yakni Membership dan Bundle. Bagaimana cara kerjanya?
Bundle adalah fitur di mana musisi dapat menjual konten video eksklusif dan dipaketkan dengan merchandise. The SIGIT telah melakukan kerja sama bersama bundle Pitchplay dengan menjual film dokumenter tur Australia mereka di 2016 dengan T-Shirt tur tersebut.
Fitur kedua adalah Membership. Ini merupakan fitur menguntungkan yang bisa dimanfaatkan oleh musisi dan fans. Lewat fitur ini, musisi dapat dengan mudah membuat sistem langganan dan menentukan keuntungannya sendiri.
Musisi dapat dengan mudah mengatur keuntungan dari konten khusus fans yang telah menjadi member seperti video, audio, gambar, merchandise khusus, dan chat room antara member dan musisi.
Tak hanya itu saja, musisi bisa melakukan pengembangan komunitas fans dan menjual album digital kepada member berbayar. Musisi bisa merasakan transparansi dan kemudahan dalam penarikan biaya transaksi.
Untuk saat ini fitur membership hanya dirilis untuk beberapa musisi yang menjadi Pitchplay Partner. Namun, per November 2021 fitur Membership ini dapat digunakan oleh musisi atau kreator lain secara umum dengan moderasi.
Keuntungan juga dirasakan oleh fans dapat berlangganan secara langsung kepada musisi kesayangannya baik dalam jangka bulanan atau tahunan. Dengan berlangganan, fans akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan ketentuan dari musisi tersebut. Tidak menutup kemungkinan fans bisa mendapatkan konten eksklusif dan merchandise khusus member, serta chat room.
Pee Wee Gaskins Jadi Member Pitchplay
Pada Oktober 2021, Pee Wee Gaskins (PWG), salah satu band kenamaan asal Jakarta, turut meramaikan jajaran musisi di platform Pitchplay. Menurut Reza Omo, personil (keyboardist) PWG, Pitchplay bisa menjadi satu channel yang dapat dimanfaatkan dengan baik untuk monetisasi konten PWG.
"Harapannya konten yang dimiliki oleh PWG bisa jadi aset yang dapat menghasilkan juga. Dengan begitu, akan berdampak pada kehidupan PWG sebagai musisi untuk lebih sustainable" ujarnya.
Sementara, Fauzan mengatakan alasan Pitchplay menggaet PWG karena kekuatan fanbase dan musisi yang besar pengaruhnya di dunia digital. “PWG merupakan salah satu musisi yang memiliki tingkat adopsi yang kuat di dunia digital, terutama hal-hal yang baru. Selain itu, fanbase PWG terbilang cukup kuat dan terbiasa membeli sesuatu dari PWG termasuk merchandise,” katanya.
Share To

galih
Oct. 18, 2021, 9 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Startup FLIK Tawarkan Solusi Checkout Terpadu Belanja Online
57 3 weeks ago
FLIK memungkinkan pembeli untuk memiliki pengalaman checkout yang lebih konsisten dan tanpa hambatan terlepas dari berbagai kanal berbelanja yang mereka pilih.

Menilik Laptop Baru MSI Ditenagai GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series
41 1 week, 6 days ago
Melalui peningkatan performa yang luar biasa, MSI berusaha untuk mengoptimalkan performa dan inovasi pada seluruh jajaran laptop terbarunya.

Lima Konten Audio Spotify yang Bikin Terus Berkembang di Tahun 2023
31 1 week, 4 days ago
Spotify merekomendasikan lima konten audio yang dapat kamu dengarkan secara gratis dan dapat membantu dirimu tetap termotivasi sepanjang tahun. Apa saja?
YOU MAY ALSO LIKE
Travel 20 January 2023 14:00 p.m.
Swiss-Belhotel Serpong Sajikan Kuliner Spesial di Malam Imlek 2023
Life Style 20 January 2023 12:00 p.m.
Jenius Properti Tawarkan Investasi Menjanjikan Hotel Bintang 5 di Bali
Life Style 4 January 2023 23:00 p.m.
Di 2022, East Ventures Salurkan US$ 211,59 Juta ke Perusahaan Portofolio
Travel 5 January 2023 9:00 a.m.