
Diskusi Virtual ShopeePay: Kolaborasi Jadi Strategi Jitu Perluas Pasar
oleh: rachli Shopping Tuesday, 5 July 2022 13:00 p.m.
Mancode - Dalam rangka mengedukasi pelaku UMKM tentang berbagai topik yang tertuang dalam buku panduan UMKM berjudul Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay, ShopeePay kembali menggelar sesi diskusi virtual melalui kanal Instagram-nya bersama sejumlah pelaku bisnis.
Salah satu narasumber dalam diskusi tersebut, dr. Shirley Oslan, yang merupakan seorang praktisi medis sekaligus pendiri usaha produk tata rias melalui jenama Mad for Makeup, membahas soal kolaborasi sebagai strategi jitu perluas minat pasar.
“Kolaborasi suatu bisnis dengan bisnis lainnya bisa menjadi solusi tepat untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar,” ucapnya, Selasa (28/6/2022).
Merek produk tata rias yang dimulainya pada tahun 2017 tersebut baru saja meluncurkan produk eyeshadow atau perias mata yang unik karena diluncurkan atas kolaborasi dengan produsen makanan dan minuman, Orang Tua.
Kolaborasi yang dilakukan oleh Mad for Makeup dan Orang Tua tersebut menghasilkan produk dengan konsep yang menarik bagi konsumennya, dan berhasil menjadi pembeda bisnis mereka di industri kecantikan.
“Kolaborasi bisa menjadi cara yang tepat untuk memperluas pasar suatu bisnis, termasuk UMKM. Namun yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum berkolaborasi dengan bisnis lain adalah kecocokan tujuan antara bisnis yang dilakukan dan bisnis lain,” tambahnya.
Jika target market dari kedua bisnis memiliki kesamaan dan tujuan yang ingin dicapai sesuai bagi kedua pihak, sambung dr. Shirley Oslan, maka kolaborasi untuk menghadirkan produk baru bisa menjadi strategi yang menguntungkan.
Dirinya juga menegaskan, kolaborasi menjadi bentuk inovasi dan adaptasi untuk mengikuti perkembangan tren bisnis yang perubahannya sangat cepat. Pasalnya, kolaborasi antar bisnis menjadi penting dalam mengasah ide untuk berinovasi sesuai dengan kebutuhan pasar.
“Yang tidak boleh terlupakan ketika berkolaborasi dengan bisnis lain adalah untuk tetap konsisten dengan karakter atau ciri khas dari brand kita sendiri agar tetap dapat menonjolkan daya pikat yang kuat dari hasil kolaborasi tersebut.” tutupnya.
Sekadar informasi, sesi diskusi virtual ShopeePay ini juga dilakukan bersama CEO Teguk Indonesia, Maulana Hakim. Dalam diskusi bersama bersama pendiri bisnis yang berhasil membuka 175 gerai ini mengulas branding sebagai pembeda dan sarana bercerita bagi bisnis.
Share To

rachli
July 5, 2022, 1 p.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Somethinc Perkenalkan Tiga Produk Skincare Propolis
41 6 days, 1 hour ago
Tiga produk baru dari Somethinc diformulasikan dengan Manuka Honey, Propolis, dan Bee Venom, yang diklaim berkhasiat atau memberikan manfaat pada kulit wajah.

Tips Menata Area Dapur dan Ruang Makan Terlihat Lebih Luas Ala IKEA
142 4 weeks ago
Dalam mendekorasi hunian yang mungil perlu mempertimbangkan ruang yang terbatas serta memprioritaskan kebutuhan. Untuk menyiasatinya, simak tips ala IKEA.

Konser 30 Tahun Dewa 19 di Yogyakarta Siap Digelar
133 1 week, 3 days ago
Penukaran tiket konser dapat dilakukan mulai H-1 atau hari Jumat, 5 Agustus 2022 pada pukul 11:00-18:00 WIB di Wisma Kagama, Pendopo Wisma Kagama UGM komplek Bulaksumur Blok G.
YOU MAY ALSO LIKE
Life Style 15 August 2022 10:00 a.m.
Lewat Ajang GOC Indonesia 2022, Trakindo Apresiasi Peran Operator Alat Berat
Travel 5 August 2022 14:00 p.m.
Menparekraf Dorong Pelaku Ekraf Aceh Besar Maksimalkan Strategi Pemasaran Digital
Technology 28 July 2022 12:00 p.m.
Mengenal Beelli, Aplikasi Cari Jodoh Sekaligus Cuan
Technology 20 July 2022 19:00 p.m.