PPKM Level 4.jpg

Diperpanjang hingga 5 Agustus 2021, PPKM Level 4 Lebih Longgar

oleh: galih Life Style Monday, 26 July 2021 7:00 a.m.


Mancode - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 2 Agustus 2021. Dalam PPKM kali ini, pemerintah melonggarkan beberapa aturan yang ada, khususnya yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi skala kecil.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

Jokowi mengklaim, setelah diberlakukannya PPKM darurat dan level 4, laju penambahan kasus, BOR, dan positivity rate, menunjukkan tren penurunan. Terutama terjadi di beberapa provinsi di Jawa. “Namun demikian kita tetap berhati-hati dalam menyikapi dan perbaikan ini tetap harus selalu waspada dalam menghadapi varian Delta yang sangat menular,” ungkap Jokowi.


Pelonggaran Aturan PPKM Level 4

Dalam penerapan PPKM Level 4 ini, ada sejumlah penyesuian aturan terkait aktivitas dan mobilitas yang dilakukan secara bertahap.

Seperti pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Kemudian, pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen, sampai pukul 15.00. "Di mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemda," ujar Jokowi.

Sedangkan pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan prokes yang ketat sampai dengan pukul 21.00. Pengaturan teknisnya diatur pemerintah daerah.

Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan prokes yang ketat, sampai pukul 20.00 dan setiap pengunjung bisa makan di tempat dengan maksimum waktu makan 20 menit. "Hal-hal teknis lainnya akan dijelaskan oleh menko dan menteri terkait," kata Jokowi.

Demi mengurangi beban masyarakat yang terdampak sejumlah pembatasan kegiatan selama ini, Jokowi melanjutkan, pemerintah juga meningkatkan penyaluran bantuan sosial. Bansos akan diberikan kepada warga yang terdampak dan pelaku UKM. "Penjelasan secara terperinci akan dilakukan oleh menko atau menteri terkait," kata Jokowi.

Jokowi pun mengajak masyarakat untuk bersatu padu dan bahu membahu melawan Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. “Usaha keras kita bersama insyaallah kita bisa segera terbebas dari Covid-19 dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali,” tutup Jokowi.

Baca Juga: PPKM Darurat: PKL Bandung Kibarkan Bendera Putih

Baca Juga: PPKM Darurat: Jokowi Bagikan Vitamin dan Obat Gratis

Baca Juga: PPKM Darurat: Skenario Pemerintah Lanjut 6 Minggu




Share To


galih

galih

July 26, 2021, 7 a.m.


tags : PPKM Level 4 Pelonggaran PPKM Level 4 PPKM Level 4 Diperpanjang Life Style PPKM Darurat Aturan PPKM Level 4


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 20 September 2021 8:00 a.m.

Gandeng Melissa, Ludy 26 Luncurkan “Ku Akan Pulang”

Technology 15 September 2021 14:00 p.m.

Xiaomi Smart Glasses Lebih Baik dari Google Glass?

History 7 September 2021 12:00 p.m.

Seuntai Kisah Perjalanan Gus Dur

Entertainment 27 August 2021 7:00 a.m.

Keane Akan Tampil di Mola Chill Fridays Malam Ini