Rex Marindo.jpg

Inspirasi dari Rex Marindo, Pendiri Warunk Upnormal

oleh: inggil History Wednesday, 29 May 2019 11:00 a.m.


Bagi Mancoders yang suka nongkrong, Warunk Upnormal pasti menjadi salah satu tujuan. Tempat makan yang berkonsep anak muda banget ini banyak didatangi orang karena terkenal dengan menunya yang aneh-aneh. Tidak hanya itu saja, harga makanan dan minuman di tempat makan ini juga terjangkau di kantong anak muda. Maka itu, tidak heran jika warung ini memiliki 114 cabang di seluruh Indonesia.

Di balik suksesnya Warunk Upnormal, ada satu sosok nama di baliknya, yakni Rex Marindo. Sebelum memulai usaha kuliner, Rex sendiri bekerja sebagai konsultan pemasaran. Namun saat menjadi konsultan, Rex sadar bahwa ia tidak akan bisa pensiun di usia 40 tahun.

Hingga akhirnya , Rex memantapkan diri untuk membuka warung nasi goreng. Dengan modal Rp100 juta, ia bagi modal tersebut menjadi dua. Satu untuk sewa tempat, dan yang lain untuk operasional. Kesuksesan di bidang nasi goreng membuat Rex tidak berpuas diri. Ia pun menambahkan menu baru, yakni mie instan yang disukai banyak orang.

Baca Juga: Berawal dari Visi Teknologi, Ini Kisah Steve Jobs (I)

Usaha kulinernya pun melejit dengan cepat. Hanya dalam kurun waktu 4 tahun, usaha Rex dengan mengajak kawannya untuk usaha kuliner membuahkan hasil. Rex bersama rekan kerjanya tersebut lantas mendirikan sebuah perusahaan yang berfokus di bidang kuliner. Di bawah PT Citarasaprima Indonesia Ferjaya (CRP), mereka sukses membuka berbagai cabang kuliner di seluruh Indonesia.

Di balik suksesnya usaha Rex Marindo.,Ada beberapa tips yang diberikan dari pria lulusan salah satu perguruan tinggi di Bandung ini. Simak ulasan dari Mancode berikut ini agar kamu bisa mengikuti jejak sukses sang Rex Marindo:

1. Jadikan Hobi Sebagai Inspirasi

Dalam wawancaranya dengan Netz Rex mengakui bahwa dirinya hobi sekali nongkrong. Hobi nongkrong ini, ia mulai sejak duduk di bangku SMA. Saat nongkrong bersama teman-temannya ataupun sendiri, Rex selalu melihat berbagai macam menu dengan harganya. Ia pun juga mengamati dekorasi tempat dari kafe tempatnya nongkrong.

Rex Marindo.jpg

Tidak hanya nongkrong saja, Rex juga gemar dengan wisata kuliner. Ia bersama teman-temannya sering menjajaki berbagai kuliner daerah di Indonesia. Dari situlah Rex Marindo mempunyai inisiatif untuk mendirikan bisnis kuliner dengan citarasa lokal dan bisa dijadikan tempat nongkrong.

2. Riset Konsumen

Seperti yang kita lihat, jika setiap outlet Warunk Upnormal banyak tersedia colokan, Wi-Fi gratis, desain dinidng instragammabel, plating makanan yang unik, hingga beraneka boardgame. Berbagai macam fasilitas tersebut, tak lepas dari pengamatan Rex Marindo terhadap sasaran konsumen. Baginya, mengenal target pasar adalah hal penting yang harus dipahami dan ditetapkan sebelum memulai bisnis.

Rex Marindo.jpg

Adapun sebelum membuka usaha Warunk Upnormal, Rex melakukan riset mendalam terhadap target konsumen. Ia mengamati kegiatan sehari-hari calon konsumen, apa yang mereka sukai saat di kafe, dan apa yang membuat mereka betah.

Hingga, dari situ akan muncul ide bagaiamana Rex akan memulai usaha kuliner ini. Dari tempat, menu, hingga harga ia tetapkan sesuai dengan target konsumen.

3. Jangan Asal Cari Investor

Sebelum ingin membuka sebuah usaha yang memerlukan investor. Buatlah sistem yang baik, serta memiliki sumber daya yang bagus. Pastikan pula semua strategi dalam menjalankan bisnis sudah siap. Jangan sampai mencari investor ketika perancangan bisnis belum baik. Jika dalam perancangan bisnis sudah baik, maka investor akan datang dengan sendirinya.

Rex Marindo.jpg

Saat memilih investor versi Rex Marindo. Ia memastikan adanya kesamapahaman terlebih dahulu. Ia memastikan bahwa investor tersebut paham terhadapa bisnis yang akan di jalani bersama. Tidak hanya mencari rupiah saja, melainkan pengetahuan dan arahan dari investor juga jauh lebih penting.

4. Terus Belajar

Biarpun telah menjadi seorang pengusaha yang sukses, Rex tetap haus akan ilmu. Baginya dalam belajar tidak ada batasan usia ataupun lainnya, yang ada hanyalah rasa malas atau tidak. Saat menjalani usaha kuliner ini, Rex memulainya dengan belajar ilmu investasi.

Rex Marindo.jpg

Setidaknya ada waktu khusus minimal 1-2 bulan untuk menguasai sebuah ilmu yang ingin diperdalam. Seperti manajemen produk, pemasara, dan lainnya.

Hingga sekarang, Rex masih aktif untuk mengamati tren gaya hidup dan teknologi. Karena, baginya dua tren tersebutlah yang sangat mempengaruhi usaha kafenya.

5. Hidup Sederhana

Mempunyai ratusan cabang tempat makan yang tersebar di seluruh Indonesia, dan mempunyai ribuan karyawan, tidak membuat gaya hidup Rex Marindo begitu glamor. Baginya, hidup sederhana serta tidak terlalu konsumtif itu penting.

Rex Marindo.jpg

Sikap sederhana Rex terlihat dari gaya berpakaiannya. Ia kerap hanya menggunakan kaos berwarna hitam beserta celana jeans. Pria asal Palembang ini juga memilih mengendarai motor ketimbang mobil.

Baca Juga: Dwayne Johnson, Sang Pegulat dan Artis Hollywood


Share To


inggil

inggil

May 29, 2019, 11 a.m.


tags : Kisah inspiratif warunk upnormal Rex Marindo pendiri Warunk Upnormal Rahasia Sukses Rex Marindo


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 19 November 2019 17:00 p.m.

Cara Menenangkan Wanita yang Emosi

Entertainment 19 November 2019 17:00 p.m.

Hal Terserah Jadi Single Terbaru Primela Anjar

Entertainment 19 November 2019 16:00 p.m.

LANGIT Rilis Single Debut 'Tentukan Arah'

Entertainment 19 November 2019 15:00 p.m.

‘Mengalah’ Menjadi Single Perdana Tival