Di 2022, East Ventures Salurkan US$ 211,59 ke Perusahaan Portofolio.jpg

Di 2022, East Ventures Salurkan US$ 211,59 Juta ke Perusahaan Portofolio

oleh: rachli Life Style Wednesday, 4 January 2023 23:00 p.m.


Mancode - East Ventures, pada pertengahan 2022 lalu berhasil menghimpun US$ 550 juta dalam penutupan akhir dana multi-stage, dengan alokasi US$ 150 juta untuk pendanaan tahap awal dan US$ 400 juta untuk pendanaan tahap lanjutan. Dana ini diinvastsikan ke startup di Indonesia dan Asia Tenggara.

Dalam total investasi dan sektor, East Ventures memberikan pendanaan yang lebih besar dari tahun lalu, yakni total 105 deal dan US$ 211,59 juta disalurkan ke perusahaan portofolio Seed and Growth. Investasi tersebut disalurkan ke beberapa sektor, seperti E-commerce, Direct to Consumer (DTC) dan Retail, Fintech, software dan layanan internet, B2B, Supply chain dan logistik, serta Agritech.

Co-founder & Managing Partner di East Ventures, Willson Cuaca melalui keterangan resmi yang diterima (3/1/2022) mengatakan, tahun 2022 telah menjadi tahun yang penuh tantangan bagi industri teknologi, diperburuk oleh isu-isu global dan konflik geopolitik.


“Terlepas dari hambatan-hambatan ini, kami telah berhasil mengatasi krisis dan menutup tahun dengan baik dengan banyak inisiatif yang signifikan dan berdampak positif,” katanya.

Selain investasi, East Ventures memberikan dampak positif bagi ekosistem yang lebih luas. Tahun ini, pihaknya mendukung dua acara olahraga kelas dunia, VANS Bali Pro World Surf League dan Indonesia Open 2022. Kedua olahraga itu memiliki filosofi yang sama dengan tesis investasi East Ventures.

Selain itu, East Ventures turut merilis East Ventures - Digital Competitiveness Index (EV-DCI) 2022, sebuah indeks dan laporan yang menyoroti kemampuan digital setiap kota dan provinsi di Indonesia. Laporan ini bertujuan untuk menjadi panduan bagi para pemangku kepentingan dalam mengembangkan daya saing digital Indonesia.

Kinerja East Ventures di 2022

Pada April 2022, East Ventures meluncurkan laporan keberlanjutan perdananya, Sustainability Report 2022, yang memaparkan kerangka dan dampak Lingkungan, Sosial, Tata Kelola (LST / ESG) dari perusahaan dan ekosistem East Ventures.

“Dengan meningkatnya permintaan untuk integrasi ESG, kami pun mulai mengerahkan sumber daya yang diperlukan untuk membantu perusahaan dan perusahaan portofolio kami dalam upaya ESG mereka,” sambung Willson.

East Ventures turut menjadi perusahaan venture capital pertama di Indonesia yang menandatangani Prinsip-Prinsip Investasi Bertanggung Jawab yang didukung oleh PBB. Bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan WRI Indonesia, kami berkomitmen untuk membantu Indonesia mencapai target emisi Net Zero pada tahun 2060.

Selain itu, East Ventures menghadirkan program Women with Impact untuk mengatasi tantangan yang dihadapi wanita di tempat kerja dan menyediakan platform untuk memfasilitasi networking dengan profesional lainnya.

East Ventures juga berpartisipasi dalam peluncuran Biomedical and Genome Science Initiative (BGSi) Kementerian Kesehatan untuk mendukung kemajuan industri kesehatan di Indonesia.

Dalam skala global, East Ventures dan ekosistem kami telah berpartisipasi dalam G20 Digital Innovation Network (DIN) 2022, di mana beberapa perusahaan portofolionya, Xurya, Nusantics, dan Komunal, dinobatkan sebagai Top Startup dan mewakili Indonesia sebagai bagian dari Presidensi G20 Indonesia.

East Ventures juga masih tetap menjadi perusahaan venture capital terkemuka di pasar Asia Tenggara, dengan penghargaan dari banyak institusi global, antara lain, platform intelijen pasar global CB Insights, Pitchbook, TechinAsia, dan Origin Innovation Awards oleh TechNode Global.

Melalui inisiatif keempat Indonesia PASTI BISA, Maju Terus Pantang Mundur, East Ventures juga menyediakan platform bagi talenta yang terkena dampak gelombang PHK selama setahun terakhir. Inisiatif ini terdiri dari sebuah Job Board, di mana talenta dapat menjelajahi lebih dari 700 peluang kerja yang tersedia di ekosistem East Ventures.

“Kami juga mengadakan program Coaching dan Hackathon yang menarik total 270 pendaftaran, yang mencakup 551 orang dari 50 kota. Terdapat 30 juara tim terpilih yang mendapatkan total dana Rp 7,5 miliar (sekitar US$ 500.000),” tutup Willson.

Baca Juga: East Ventures Umumkan 30 Tim Juara Program IDPB MTPM

Baca Juga: East Ventures Luncurkan IDPB MTPM, Dukung Ekosistem Digital Indonesia

Baca Juga: East Ventures Jalin Kerja Sama KADIN Net Zero Hub dan WRI Indonesia




Share To


rachli

rachli

Jan. 4, 2023, 11 p.m.


tags : Perusahaan 2022 East Ventures


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA