Denny Wirawan.jpg

Desainer Denny Wirawan Tambah Wawasan Fashion Para Pelajar SMK di Kudus

oleh: galih Fashion Style Friday, 5 August 2022 16:00 p.m.


Mancode - Bakti Budaya Djarum Foundation dan desainer Tanah Air Denny Wirawan kembali berkolaborasi untuk menambah wawasan para siswi SMKN 3 Kudus dan SMK NU Banat Kudus dengan jurusan Tata Busana di Kudus melalui Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion oleh Denny Wirawan yang berlangsung secara hybrid mulai 29 Juli hingga 13 Agustus 2022.

Rangkaian kegiatan Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion oleh Denny Wirawan ini diawali dengan Pre-test. Di mana para peserta diminta untuk mengisi form pertanyaan dan membentuk kelompok kerja berisikan 13 pelajar yang memiliki keterampilan menjahit, mendesain pakaian, membuat pola, serta public speaking.

Selanjutnya, para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan mentoring secara hybrid tentang Ready To Wear, Sustainable Fashion, padupadan warna dan materi mengenai tips dan trik mengolah batik Kudus agar menjadi pakaian yang fashionable pada 1 - 12 Agustus 2022.


“Di tahun ini, saya ingin fokus membagikan ilmu yang telah saya peroleh selama 7 tahun tentang Batik Kudus kepada para pelajar di Kudus. Selain memberikan materi tentang Batik Kudus, saya juga membekali peserta dengan materi lain, yaitu Ready To Wear, Sustainable Fashion, Padu Padan Warna,” kata Denny Wirawan.

Menurut Denny, rangkaian kegiatan ini, mendapat antusiasme tinggi dari para pelajar dari SMKN 3 Kudus dan SMK NU Banat Kudus. Tercatat ada 182 pelajar dengan jurusan tata busana dari kedua sekolah yang mengikuti kegiatan ini.

“Dalam mentoring pertama yang diselenggarakan secara virtual, para pelajar terlihat sangat bersemangat mendengarkan penjelasan dan kerap melontarkan pertanyaan-pertanyaan dari materi yang saya berikan. Semoga program ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para peserta,” ujar Denny Wirawan.

Sementara, Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation mengungkapkan, Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion oleh Denny Wirawan merupakan salah satu upaya dan komitmen perusahaan untuk melestarikan Batik Kudus.

“Melalui kegiatan ini, kami juga ingin menambah wawasan para pelajar SMKN 3 Kudus dan SMK NU Banat Kudus yang keduanya berada dibawah naungan Bakti Pendidikan Djarum Foundation dengan jurusan tata busana yang memiliki minat di dunia fashion,” kata Renitasari Adrian.

Puncaknya, pada 13 Agustus 2022 mendatang, para peserta dari SMKN 3 Kudus dan SMK NU Banat Kudus berkesempatan untuk memperlihatkan hasil karyanya dalam showcase mini fashion show dan juga mendapatkan penilaian dari para juri. Di penghujung acara, akan dipilih sejumlah peserta terbaik yang berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa kelas singkat di sekolah mode ternama Jakarta.

Seperti diketahui, Batik Kudus sendiri merupakan warisan budaya dari pesisir Jawa Tengah yang berkembang sejalan dengan perkembangan kerajaan di Jawa. Batik Kudus telah dipresentasikan dalam berbagai pagelaran busana, baik nasional maupun internasional oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan juga Denny Wirawan. Di antaranya adalah pagelaran Pasar Malam, Jakarta (2015), Padma, New York Fashion Week (2016), Wedari, Jakarta (2017), Batik For The World, UNESCO, Paris (2018), dan Thai Silk Fashion Week, Bangkok, Thailand (2019), Pagelaran Busana Niti Senja, Jakarta (2021).

Baca Juga: Desainer Karina Ayu Ghimas Menikah, Kenakan Karya Terbaiknya Kebaya Motif Rumah Joglo

Baca Juga: Celcius Hadirkan Koleksi Terbaru Hasil Kolaborasi Bersama Coca-Cola




Share To


galih

galih

Aug. 5, 2022, 4 p.m.


tags : SMK Kudus Bakti Budaya Djarum Foundation Batik Kudus Denny Wirawan Fashion Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Life Style 24 November 2022 11:00 a.m.

Tips Berkendara Aman ke Tempat Wisata Alam Terbuka

Technology 14 November 2022 10:00 a.m.

Model Solution Resmi IPO di KOSDAQ