Suzzanna.jpg

Deretan Film Horor Legendaris Suzzanna

oleh: fachrul Entertainment Wednesday, 30 October 2019 7:00 a.m.


Tidak ada yang bisa mengalahkan keangkeran aktris Suzzanna dalam membawakan peran hantu di setiap filmnya. Suzzanna sudah banyak bermain di film horor dan filmnya pun masih populer serta digemari hingga saat ini.

Aktris legendaris yang bernama lengkap Suzzanna Martha Frederika van Osch populer ini lahir di Bogor pada 13 Oktober 1942 dan wafat di Magelang pada 15 Oktober 2008 diusia 66 tahun. Suzzanna telah nyemplung di dunia layar perak sejak tahun 1950-an hingga 1990-an. Wanita bergelar "Ratu Film Horor Indonesia" ini terkenal lewat film-film panas dan mistik seperti Bernapas dalam Lumpur (1970), film legendaris Beranak Dalam Kubur (1971), Pulau Cinta (1978), dan Ratu Ilmu Hitam (1981).

Karier Suzzanna berawal saat memenangkan kontes "Tiga Dara" dan diaudisi oleh Usmar Ismail. Meski awalnya gugup karena belum pernah memegang telepon, padahal dalam audisi ada akting mengangkat telepon, akhirnya Suzzanna lolos.

Gadis muda berjulukan The Next Indriati Iskak ini berhasil memukau penonton lewat Asrama Dara dan meraih banyak penghargaan, di antaranya The Best Child Actress (Festival Film Asia, Tokyo, 1960), dan Golden Harvest Award. Bungsu dari lima bersaudara yang berdarah Jerman-Belanda-Jawa-Manado ini juga meraih gelar Aktris Terpopuler se-Asia saat Festival Film Asia Pasifik di Seoul tahun 1972.

Popularitas Suzzanna diraih dari film-film panas dan mistik, seperti Bernafas Dalam Lumpur dan Bumi Makin Panas serta Pulau Cinta (1978) dan Ratu Ilmu Hitam (1981) yang membuatnya menjadi nominator FFI untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Suzzanna berhenti bermain film pada awal 1990-an. Namun, bukan berarti dia sudah tidak lagi eksis. Pada tahun 2003, di usianya yang menginjak 61 tahun Suzzanna berbinar lagi di Sinetron Selma dan Ular Siluman yang tayang di RCTI serta Misteri Sebuah Guci di SCTV. Pada awal 2008, Suzzanna bermain dalam film Hantu Ambulance, yang merupakan film terakhir yang dibintanginya.

Berikut deretan film horor terbaik Suzzanna yang masih populer:

Malam Satu Suro (1988)

Suketi adalah nama dari hantu sundel bolong yang kepalanya ditancap paku dan kembali menjadi manusia. Film ini bercerita mengenai hantu sundel bolong yang dibangkitkan kembali oleh orang pintar dan menjadi anak angkat.

Sundel Bolong (1981)

Dalam film horor epic yang dirilis pada 1981 ini, Suzzanna berperan sebagai Alisa, seorang mantan PSK yang hidupnya berubah semenjak dipersunting Hendarto yang diperankan oleh aktor Barry Prima. Sayangnya, Alisa kemudian diperkosa oleh seorang pengusaha bernama Rudi yang membuatnya depresi dan memilih untuk bunuh diri.

Ratu Buaya Putih (1988)

Film ini bercerita mengenai pawang buaya yang bisa menaklukan buaya seganas apapun, di film ini Suzzanna berperan sebagai Larsih, Ratu Buaya Putih. Namun kemudian dia mendapat kutukan sehingga anaknya meninggal 20 tahun kemudian.

Ratu Ilmu Hitam (1981)

Film ini bercerita mengenai Murni (Suzzanna) yang dibakar kemudian dibuang ke jurang karena disangka telah mengganggu pernikahan sang mantan kekasih dengan menggunakan ilmu hitam. Murni pun diselamatkan oleh dukun yang ternyata adalah biang dari bubarnya pernikahan mantan kekasih Murni.

Ajian Ratu Laut Kidul (1991)

Film ini bercerita bagaimana Suzanna yang berperan sebagai lurah desa namun kemudian disingkirkan oleh rivalnya dengan menggunakan ilmu hitam. Dengan kondisi tubuh yang rusak dia pun masuk ke hutan dan bertemu dengan Ki Jagastru (Clift Sangra) yang kemudian mengobati lukanya.

Baca Juga: 4 Film Horor yang Paling Dinantikan di 2019


Share To


fachrul

fachrul

Oct. 30, 2019, 7 a.m.


tags : Hantu Suzzanna Halloween Horor Angker


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 15 November 2019 17:00 p.m.

Jepang Larang Pekerja Wanita Memakai Kacamata

History 15 November 2019 16:00 p.m.

Kesederhanaan dan Kecantikan Hati Sandra Dewi

Technology 15 November 2019 16:00 p.m.

Google Diam-diam Bocorkan Data Medis Jutaan Pasien

Life Style 15 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Orang Bodoh selalu Emosi