David-Warren.jpg

David Warren, Sosok Jenius Penemu ‘Black Box’ Pesawat

oleh: galih History Thursday, 11 July 2019 9:00 a.m.


Kotak hitam atau black box menjadi benda yang paling dicari ketika ada insiden kecelakaan pesawat terbang. Tak seperti namanya, kotak ini nyatanya berwarna oranye terang yang mampu merekam seluruh pembicaraan yang terjadi antara pilot dan pemandu lalu lintas udara.

Sebagian besar, penyebab kecelakaan terbang dapat diketahui melalu black box. Pasalnya, kotak hitam ini mampu menginformasikan tekanan udara hingga kondisi cuaca selama penerbangan berlangsung.

Di balik peranan pentingnya dalam sebuah penerbangan, tak banyak yang mengetahui siapa penemu dan sejarah hadirnya kotak hitam ini. Dilansir dari cnnindonesia.com, Kamis (21/3/2019), penemu black box adalah David Warren. Kecelakaan pesawat yang menimpa ayahnya pada 1934 membuat pria berdarah Australia ini berkeinginan menciptakan perekam data penerbangan.

Baca Juga: Alan Turing, Tokoh Abad 20 Versi BBC

Black-Box.jpg

Pada 1950-an, pria kelahiran 1925 ini bekerja untuk Aeronautical Research Laboratories (ARL) di Melboune, Australia. Kala itu, Warren ditunjuk untuk membantu menginvestigasi atau menemukan penyebab kecelakaan pesawat jet pertama di dunia.

Warren berpikir bahwa rekaman pilot dan anggota awak pesawat lainnya, serta pembacaan instrumen pada saat kecelakaan pesawat itu, akan memberikan petunjuk tentang penyebab kecelakaan. Sayangnya, kala itu tak ada yang tertarik dengan idenya.

Meski begitu, Warren tak putus asa. Dia tetap melanjutkan mengembangkan idenya tersebut. Bersama rekannya, dia menyusun sebuah alat perekam yang tak hanya membaca instrumen, tapi juga suara-suara dalam kokpit.

Kemudiaan pada 1954, Warren menerbitkan laporan yang berjudul "A Device for Assisting Investigation into Aircraft Accidents". Lewat laporan tersebut, dia membangun prototipe Flight Data Recorder (FDR) yang disebut "ARL Flight Memory Unit".

Lalu, pada 1958 ia kembali membangun prototipe FDR gabungan pertama yang dirancang untuk pesawat sipil untuk tujuan pemeriksaan kecelakaan pesawat. Penemuannya tersebut mendapatkan perhatian lebih dari Sekretaris Dewan Pendaftaran Udara Kerajaan Inggris, yang mengunjungi ARL.

Kerajaan Inggris sangat tertarik dan antusias untuk membantu Warren mengembangkan FDR. Warren pun diterbangkan ke Inggris dan diberi tim ilmuan dalam membuat model baru dari FDR yang telah diciptakannya.

Setelah dikembangkan, model-model baru FDR mulai ditempatkan di salah satu rangka pewasat dan kemudian dijual ke banyak negara.

Baca Juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Pesan Tiket Pesawat Murah

Pada 1960, seorang hakim di Australia memutuskan bahwa semua pesawat udara Australia harus membawa perekam penerbangan. Australia menjadi negara pertama yang membuat peraturan tersebut.

Dari situlah, black box mulai diproduksi massal dan ‘wajib’ ada di setiap pesawat terbang di dunia. Penemuan black box pesawat oleh David Warren pun mulai diakui negaranya. Kemudian, Warren dianugerahi Orde Australia pada 2002.

Sementara pada 2010, jebolan University of Melbourne ini meninggal dunia dalam usia ke 85. Meski begitu, penemuannya terus menjadi andalan pesawat di seluruh dunia.


Share To


galih

galih

July 11, 2019, 9:57 a.m.


tags : Penemu Black Box David Warren Black Box Pesawat David Warren Black Box History


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 19 November 2019 17:00 p.m.

Cara Menenangkan Wanita yang Emosi

Entertainment 19 November 2019 17:00 p.m.

Hal Terserah Jadi Single Terbaru Primela Anjar

Entertainment 19 November 2019 16:00 p.m.

LANGIT Rilis Single Debut 'Tentukan Arah'

Entertainment 19 November 2019 15:00 p.m.

‘Mengalah’ Menjadi Single Perdana Tival