David-Oyelowo-Aktor-Hollywood.jpg

David Oyelowo, Aktor Kulit Hitam Bertalenta

oleh: inggil History Tuesday, 28 May 2019 12:00 p.m.


Bernama lengkap David Ovetokunbo Oyelowo, merupakan pria kelahiran Inggris 1 April 1976. David Oyelowo sempat menghabiskan tujuh tahun masa kecilnya di Tanah Air kedua orangtuanya di Nigeria. Di tempat kedua orangtua tersebut, David Oyelowo menemukan bahwa keluarganya berasal dari garis keturunan kerajaan. Hingga kemudian, ia kembali ke Inggris untuk mendalami ilmu hukum. Semasa sekolah, David Oyelowo merupakan anak yang sopan. Karena sikapnya dan menjadi pria berkulit hitam, ia terkena intimidasi dari teman-temannya yang berkulit putih.

David-Oyelowo-Aktor-Hollywood.jpg

Bakatnya dalam bermain peran, baru terlihat ketika guru studi teater kala itu menyuruhnya menjadi aktor. Pria kelahiran Inggris ini kemudian ingin mengembangkan bakatnya dalam berakting. Ia pun melanjutkan studinya di London Academy of Music and Dramatic Art (LAMDA). Berkat ketekunan dan usaha kerasnya, ia mendapat beasiswa unggulan dari Nicholas Hytner pada 1998.

Lantas seperti apa kisah menarik David Oyelowo Lainnya? Simak ulasan Mancode berikut ini:

Baca Juga: Morgan Freeman, Salah Satu Aktor Terkaya Amerika

Mencatat Sejarah

David-Oyelowo-Aktor-Hollywood.jpg

Setelah menyelesaikan studinya, David Oyelowo mendapatkan banyak tawaran pekerjaan di teater panggung. Hingga di tahun 2001, ia membuat sejarah dalam dunia teater. David Oyelowo berhasil menjadi aktor kulit hitam pertama dalam penghargaan Ian Charleson. Di mana ia memerankan seorang raja Inggris berkulit hitam pertama dalam produksi Royal Shakespare Company. Berhasil dengan baik memerankan sang raja, membuat ia menerima penghargaan Ian Charleson untuk pendatang terbaik.

Merambat ke Dunia Televisi

Tidak hanya bermain di seni teater panggung saja, David Oyelowo juga menerima pekerjaan di stasiun televisi. David mendapat tawaran pertamanya di layar televisi pada 1998, di mana ia mendapat salah satu peran di serial Maise Raine. Setahun kemudian, setelah serial tersebut berhenti, David Oyelowo langsung mendapat tawaran pada serial Brothers and Sisters.

David-Oyelowo-Aktor-Hollywood.jpg

Hingga serial televisi yang paling dikenal dimainkan oleh David Oyelowo ialah MI-5. Bercerita tentang seorang mata-mata Inggris, serial televisi ini bertahan hingga dua tahun dari 2002-2004. Peran David sendiri ialah menjadi pejabat MI-5 bernama Danny Hunter. Serial ini juga tayang di Amerika Serikat. Pada 2002, Mi-5 mendapatkan penghargaan pemenang BAFTA Award.

Dalam dunia pertelevisian, David Oyelowo juga memenangkan Royal Television Society Award untuk aktor terbaik. Ia pun juga dinominasikan untuk BAFTA Award pada kategori yang sama untuk perannya di Small island (2009).

Masuk Layar Lebar

Hingga saat ini sudah banyak film Hollywood ternama yang diperankan oleh David Oyelowo. Debutnya pada film Dog eat dog (2001), membuat namanya dilirik oleh banyak sutradara. Hingga lima tahun kemudian, David Oyelowo membuat debut pertamanya saat di rancah film Internasional. Ia mengambil bagian dalam film petualangan A Sound of Thunder dan biografi The Last King of Scotland, yang juga dibintangi oleh Forest Whitaker, Kerry Washington dan James Mcavoy.

David Oyelowo pun juga mendapat peran pada film produksi HBO karya Kennet Branagh, As You Like It (2006). Bersama Olando Bryce keduanya mampu membuat film ini disukai banyak orang. HBO pun puas dengan peran yang dimainkan oleh David Oyelowo, yang kemudian memintanya kembali mengambil bagian di serial film Five Days (2007). Ia pun mendapat penghargaan sebagai aktor terbaik.

David-Oyelowo-Aktor-Hollywood.jpg

Hingga pada 2014, David Oyelowo menjadi aktor utama pada film legendaris Selma, di sana ia memerankan tokoh Martin Luther King Jr. Film garapan rumah produksi Paramount ini, disutradarai oleh Ava duVernay dengan penulis naskahnya Paul Webb, serta diproduksi oleh Oprah Winfrey dan juga Brad Pitt.

Film ini bercerita tentang perjuangan Dr. King untuk mengamankan hak suara bagi orang kulit hitam pada tahun 1965, di Montgomery, Alabama, Amerika Serikat. David Oyelowo mendapat peran sebagai seorang pendeta yang berjuang untuk orang negro agar memiliki hak suara dalam pemilihan Presiden. Biarpun sudah berkali-kali terjadi bentrok, Dr. King tidak menyerah untuk mendapatkan keadilan bagi setiap ras.

David-Oyelowo-Aktor-Hollywood.jpg

Bermain apik pada film Selma, membuat David Oyelowo menerima penghargaan Golden Globe Award dan film Selma menyabet nominasi film terbaik. Ia pun juga memenangkan NAACP Image Award untuk peran aktor terbaik. Serta menerima penghargaan Oscar sebagai best picture.

Baca Juga: Dwayne Johnson, Sang Pegulat dan Artis Hollywood


Share To


inggil

inggil

May 28, 2019, noon


tags : Kisah David Oyelowo David Oyelowo Sejarah David Oyelowo Biografi David Oyelowo David Oyelowo Film Aktor Hollywood David Oyelowo Selma


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru