EXO.jpg

Data Menarik K-Pop Versi Spotify

oleh: rachli Entertainment Tuesday, 25 February 2020 14:00 p.m.


Mancode - Sebagai bentuk dukungan terhadap musik K-Pop, Spotify meluncurkan playlist K-Pop Daebak pada 2014. Lewat playlist khusus K-Pop tersebut, Spotify mengungkapkan serangkaian data statistik dan tren yang menunjukkan bagaimana dunia telah jatuh hati pada K-Pop.

Kossy Ng, selaku Head of Artist and Lebel Marketing di Asia mengatakan, tidak dapat dipungkiri bahwa popularitas K-Pop benar-benar membuat ledakan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu terbukti di Spotify.

“K-Pop merupakan genre musik Asia pertama yang dapat beresonansi baik dengan para pendengar musik di dunia. Para penggemarnya adalah satu di antara kelompok penggemar yang paling bersemangat dan aktif,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Mancode (24/2/2020).


Spotify juga merangkum data menarik tentang K-Pop. Berikut datanya:

  • Hingga saat ini, lagu K-Pop telah diputar lebih dari 41 miliar kali di Spotify.
  • 53 persen pendengar K-Pop berusia 18-24 tahun dan 73 persen pendengar K-Pop adalah perempuan.
  • Pengguna Spotify di seluruh dunia telah menambahkan lagu K-Pop ke lebih dari 96 juta playlist.
  • Amerika Serikat, Indonesia, Filipina, Jepang, Brasil, dan Meksiko secara berurutan berada di peringkat teratas 10 negara yang paling banyak memutar lagu K-Pop saat ini (dalam 90 hari terakhir).
  • Lagu K-Pop diputar di 79 negara, di mana Spotify beroperasi. Dengan pertumbuhan jumlah streaming yang besar di negara-negara berikut (presentasi menunjukkan peningkatan jumlah streaming selama periode Januari 2019 hingga Januari 2020). Mesir (33 persen), Vietnam (30 persen), Prancis (13 persen), dan Kolombia (8 persen).
  • Artis K-Pop yang lagunya paling banyak diputar di Spotify adalah BTS, BlackPink, EXO, Twice, dan Red Velvet. Lagu BTS telah diputar lebih dari delapan miliar kali di Spotify.
  • Lagu K-Pop yang paling banyak diputar di Spotify merupakan kolaborasi timur-bertemu-barat dari BTS dan penyanyi serta penulis lagu asal Amerika Serikat, Halsey dalam lagu Boy With Luv. Lagu ini telah diputar lebih dari 380 juta kali.

Dari 2014 hingga Januari 2020, pendengar (dan pecinta) K-Pop di Spotify meningkat lebih dari 1.800 persen dan playlist K-Pop Daebak telah memiliki lebih dari 2,4 juta pengikut. Sejak 2014 pula, musik K-Pop telah diputar lebih dari 134 miliar menit di Spotify.

Baca Juga: Musik K-Pop Mendominasi Spotify Dunia

Baca Juga: Deretan Penampil Keren di Java Jazz Festival 2020

Baca Juga: Lil Pump Turut Ramaikan FLAVS 2020




Share To


rachli

rachli

Feb. 25, 2020, 2:54 p.m.


tags : Spotify Blackpink Boy With Luv K-Pop musik K-Pop BTS K-Pop Daebak


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE