Dari Usaha Sederhana, Deni Tandi Kembangkan Ayam Penyet Ria Hingga Mancanegara.jpg

Dari Usaha Sederhana, Deni Tandi Kembangkan Kuliner Ayam Penyet Ria Hingga Mancanegara

oleh: rachli Life Style Monday, 28 March 2022 9:00 a.m.


Mancode - Pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab melambatnya pergerakan ekonomi di berbagai bidang, termasuk kuliner. Bagaimana tidak, dengan adanya kebijakan soal pembatasan sosial untuk mengurangi dampak penyebaran, tidak sedikit dari pelaku usaha kuliner menutup usahanya karena sepi pengunjung.

Meski demikian, para pelaku usaha kuliner harus cepat bisa beradaptasi, mencari solusi, hingga berinovasi menghadapi tantangan dan kondisi ketidakpastian tersebut. Hal ini tentunya dilakukan untuk mempertahankan usaha yang dijalaninya.

Salah satu pelaku usaha kuliner yang bisa dikatakan tidak berputus asa dan berjuang menghadapi situasi sulit adalah Deni Tandi, pemiliki usaha kuliner Ayam Penyet Ria. Sebelum menghadapi masa pandemi, Deni sudah menjumpai berbagai tantangan dalam menjalankan usaha kulinernya.


Kisah bisnis milik Deni yang pada awalnya dirintis oleh orangtuanya ini tidak dimulai dengan mudah. Berawal saat terjadi krisis ekonomi pada 1998, banyak orang termasuk keluarga Deni harus memutar otak untuk mencari jalur pendapatan.

Saat itu, untuk mendapatkan uang guna mencukupi kebutuhan keluarga, kedua orangtua Deni mencetuskan ide usaha ayam penyet sederhana. Prosesnya tidak mudah, awal ia harus gencar memperkenalkan usahanya kepada masyarakat dan harus beberapa kali pindah lokasi.

Namun, seperti ungkapan usaha keras tidak menghianati hasil, tidak disangka cita rasa khas Ayam Penyet Ria disukai oleh banyak orang dan berkembang luas. Kini, Ayam Penyet Ria sudah cukup dikenal oleh masyarakat Batam. Bahkan, cabangnya tersebar di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Australia.

“Saat krisis ekonomi terjadi, tujuan orangtua saya adalah membuat usaha yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Modal dan idenya cukup sederhana, namun semuanya direncanakan dengan matang, dan kami semangat dalam menjalankannya,” katanya, Jumat (25/3/2022).

Untuk semakin menjangkau lebih luas, sambung Dani, dirinya juga tidak ragu mengajak beberapa keluarga yang ada di luar negeri untuk ikut memperkenalkan cita rasa Ayam Penyet Ria guna meraih pasar yang ada di sana.

Meskipun perkembangan bisnis Ayam Penyet Ria sudah cukup pesat, dalam berbisnis pastinya akan selalu ada tantangan yang harus dihadapi. Untuk melaluinya, Deni membagikan tiga tips yang membantunya dalam mempertahankan bisnis Ayam Penyet Ria. Antaranya.

Kerja sama jadi kucni ekspansi usaha

Pada dasarnya, apapun yang dilakukan bersama akan terasa lebih mudah. Hal ini juga berlaku ketika menjalani suatu bisnis. Dalam bekerja sama, Ayam Penyet Ria selalu terbuka untuk siapa saja. Dari 62 cabang Ayam Penyet Ria, beberapa cabang di Autralia merupakan kerja sama dengan kerabat, sedangkan di Singapura, Malaysia, dan beberapa kota di Indonesia dikembangkan lewat jalur franchise.

Semangat pantang menyerah dalam menghadapi situasi sulit

Dalam hidup, terkadang ada banyak tantangan yang sulit untuk dilalui dengan cepat. Namun, Deni percaya yang tepat untuk menghadapinya adalah dengan tidak putus asa dan fokus mencari titik permasalahannya. Saat pandemi melanda, dengan perlahan Deni memetakan permasalahannya dan memikirkan solusi bersama dengan rekan-rekan usaha yang membantunya menjalankan bisnis Ayam Penyet Ria.

Hasilnya, Deni bersama dengan tim bisa menemukan berbagai strategi agar bisnis dapat bertahan, salah satunya adalah dengan pemanfaatan ekosistem digital dalam aspek layanan, pemasaran, dan penjualan produk bisnisnya.

Sigap untuk berinovasi dan beradaptasi

Bagi sebuah bisnis yang dirintis dari nol, keberhasilan dalam membuka 62 cabang merupakan sebuah pencapaian besar. Namun, Deni percaya bahwa kesuksesan bukan alasan untuk berhenti berinovasi dan beradaptasi. Hal tersebut pun dilakukan Ayam Penyet Ria dengan mengadopsi teknologi pada bisnisnya.

Situasi pandemi yang semakin mendorong masyarakat untuk lebih banyak menggunakan teknologi dalam bertransaksi turut membuat Deni mengadopsi layanan pembayaran digital yang menawarkan teknologi nirkotak seperti ShopeePay untuk bisnisnya pada 2021.

Selain itu, Deni juga menambah layanan pemesanan makanan online seperti ShopeeFood yang semakin mendorong penjualan. Terbukti, adaptasi yang Deni lakukan tersebut dapat membantu bisnisnya tetap stabil beroperasi.

Baca Juga: Sosok Haji Lulung, Pengusaha Sekaligus Politisi Andal

Baca Juga: Pengusaha Gary Vaynerchuk Akan Berbagi Kiat Sukses di Mola TV

Baca Juga: Dea Valencia, Pengusaha Muda Sukses Lewat Batik Kultur




Share To


rachli

rachli

March 28, 2022, 9 a.m.


tags : Deni Tandi Ayam Penyet Ria Batam Kuliner


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Technology 21 November 2022 10:00 a.m.

Insurtech Qoala Masuk The Insurtech 100 2022

Technology 18 November 2022 13:00 p.m.

Sony Sematkan Kemampuan Video di Alpha 7R V

Technology 9 November 2022 9:00 a.m.

Menilik Kecanggihan Kamera Vlog Sony ZV-1F