Banda-Neira-Ananda-Badudu.jpg

Dari Jurnalis Hingga Vokalis, Ini Sosok Ananda Badudu

oleh: inggil History Friday, 27 September 2019 13:00 p.m.


Mantan vokalis Banda Neira, Ananda Badudu menjadi sorotan dunia maya setelah dirinya ditangkap polisi. Cucu tokoh bahasa Indonesia, JS Badudu, ini ditangkap di kamar kosnya di Jalan Tebet Raya, Jakarta Selatan, pada Jumat (27/9/19). Saat didatangi polisi, Ananda sempat membuat cuitan yang memberikan alasannya dijemput oleh para aparat tersebut.

Baca Juga: Potret Poster Lucu Bikinan Mahasiswa Saat Aksi Demo

“Saya dijemput Polda karena mentransfer sejumlah dana pada mahasiswa,” tulis Ananda lewat akun Twitternya.

Penangkapan Ananda sendiri menjadi perbincangan di dunia maya. Banyak seruan tagar dari para netizen yang mendukung Ananda dengan tagar #BebaskanAnandaBadudu.

Sosok-Ananda-Badudu.jpg

Ananda Badudu sendiri dikenal sebagai musisi yang juga sempat berprofesi sebagai jurnalis. Ananda seringkali menyuarakan perhatiannya terhadap perkembangan hukum dan politik Indonesia.

Lahir pada 26 September 1987, eks vokalis Banda Neira ini merupakan cucu dari tokoh ahli bahasa Indonesia, J.S Badudu. Dilansir dari Dibandaneira, Sebelum terkenal di industri musik, Ananda dulunya adalah jurnalis di koran harian Tempo pada 2011 silam. Dengan menggunakan sepeda motornya ia berkeliling mencari berita.

Ananda-Badudu.jpg

Selain menjadi seorang Jurnalis dirinya juga hobi membuat kue. Tidak hanya asal sembarang membuat kue, dulu kue buatannya terkenal hingga laku keras ketika dijual di salah satu toko buku kecil di Bandung. Kue buatan Ananda yang paling dikenal ialah Banana Cake. Kesibukannya sebagai jurnalis dan saat itu ia sedang menggarap Banda Neira, sehingga ia pun tidak fokus lagi membuat kue.

Soal pendidikan, Ananda merupakan alumni Universitas Katolik Parahyangan jurusan Hubungan Internasional. Semasa kuliahnya, Ananda aktif di UKM Media Parahyangan (MP). Ketimbang kuliah, Ananda sendiri lebih aktif di UKM, bahkan teman-temannya lebih mengenal Ananda sebagai alumni Media Parahyangan daripada mahasiswa Hubungan Internasional.

Aktifnya di UKM MP tersebut membuat Ananda menjabat sebagai Pemimpin Umum MP dalam kurun waktu yang lama. Di UKM ini pula lah yang membuat Ananda Badudu bertemu dengan Rara Sekar yang menjadi duetnya di Banda Neira.

Ananda-Badudu-Ditangkap.jpg

Hingga pada 2012, Ananda membentuk sebuah grup musik dengan genre folk bersama Rara Sekar Lasati yang juga kakak dari Isyana Saraswati. Meskipun beranggotakan dua orang, Banda Neira tidak ingin disebut sebagai duo, duet atau apalah itu. Alasannya? Tidak ada yang tahu.

Baca Juga: 3 Demonstran Tak Terduga yang Ikut Aksi Penolakan RUU KUHP

Nama Banda Neira sendiri diambil dari sebuah pulau yang berada di Maluku, bagian Timur Indonesia. Banyak sejarah dan cerita di pulau ini semasa perjuangan kemerdekaan. Salah satunya yang paling bersejarah ialah diasingkannya Sjahrir dan Hatta oleh orang-orang Belanda di sana.

Sebagai grup musik, Banda Neira sukses besar dan dikenal luas oleh kalangan pecinta musik Tanah Air. Lagunya yang tenang dengan syair-syair sederhana namun penuh makna membuat orang-orang menemukan genre baru dalam musik.

Banda-Neira.jpg

Lanjutnya, pada 2013 Banda Neira mengeluarkan sebuah album dengan lagu hitsnya berjudul “Yang Patah Tumbuh”. Namun, entah mengapa pada Desember 2016 Banda Neira harus bubar. Tidak hanya itu saja Ananda juga harus berhernti dari Tempo pada Juni 2016.

Kecintaannya terhadap dunia Jurnalis, membuat Ananda tetap menekuni bidang ini. Pada akhir 2018, dirinya bergabung bersama Vice Indonesia. Selain itu, Ananda juga masih menggeluti dunia musik dengan solo karier, ia juga berkolaborasi dengan sejumlah musisi berbakat lainnya.

Baca Juga: Ini Tips Agar Mahasiswa Tidak Termakan Hoax


Share To


inggil

inggil

Sept. 27, 2019, 1 p.m.


tags : Demo Folk Banda Neira Rara Sekar Ananda Badudu Polisi Ananda Badudu Ditangkap


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 7 April 2020 15:00 p.m.

Cerita Moral Trendkill Cowboys Rebellion

Technology 7 April 2020 13:00 p.m.

Jota Menjadi Karakter Terpopuler Game Free Fire