Hari Musik Nasional.jpg

Curahan Hati dan Harapan Musisi di Hari Musik Nasional

oleh: galih Entertainment Tuesday, 9 March 2021 17:00 p.m.


Mancode – Setiap 9 Maret di Indonesia diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Hari Musik Nasional ini sudah ditetapkan dalam Keppres No. 10 Tahun 2013 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapannya diambil dari tanggal lahir Wage Rudolf Supratman atau WR Supratman, sang komponis pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya".

Perayaan Hari Musik Nasional tahun ini, berbeda dari tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19, seolah merenggut aktivitas para insan musisi. Pertunjukan, konser, tur, sampai festival musik di sepanjang satu tahun ini dilarang digelar. Meski demikian, para musisi terlihat tetap menunjukkan eksistensi mereka dengan tetap berkarya.

Sebuah harapan besar terhadap nasib musik Tanah Air di masa pandemi pun muncul. Ini setidaknya terlihat dari sejumlah artis ataupun musisi yang menuliskan ucapan dan harapan mereka di Hari Musik Nasional dalam media sosial (medsos).


Seperti yang dungkapkan salah satu diva Indonesia, yakni Krisdayanti. Dalam akun Instagram resminya memposting ucapan selamat Hari Musik Nasional sekaligus memberikan apresiasi kepada musisi Indonesia yang tetap berkarya.

“Selamat Hari Musik Nasional. Satu tahun pandemi ini, harapan dan terimakasih serta salut saya pada perjuangan para musisi hebat Indonesia yang semangat untuk bertahan dan tetap berkarya,”tulisnya dalam akun @krisdayantilemos.

Ada juga Rian Ekky Pradipta, vokalis band D’Masiv. Dia mengaku sibuk beraktivitas di momen Hari Musik Nasional. Dia pun berharap apa yang dikerjakannya bisa bermanfaat dan berguna bagi kemajuan musik Indonesia.

“Selamat Hari Musik Nasional.. akan ada 3 kegiatan yg gw lakukan di hari musik nasional ini.. Semoga bermanfaat dan Berguna untuk kemajuan musik indonesia. Musisi sejahtera dengan karya nya!,” tulis Rian dalam akun Instagram @rianekkypradipta.

Selain itu, Erdian Aji Prihartanto atau dikenal dengan Anji eks Drive juga ikut mengungkapkan harapannya di Hari Musik Nasional. Dia punya harapan besar pelaku industri musik Tanah Air bisa menyelenggarakan event dengan dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Pasar, resto, kafe, tempat wisata dan lainnya bisa. Kami pun bisa kok, ASAL DIPERCAYA. Selamat Hari Musik Nasional. #kangenEvent,” tulis Anji dalam @duniamanji.

Sementara, orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo ikut memberikan apresiasi yang tinggi kepada para insan musisi Tanah Air. Di tengah pandemi, menurut Jokowi, mereka tak patah semangat dan tetap berkarya.

“Tak ada pertunjukan, konser, tur, sampai festival musik di sepanjang satu tahun ini. Tapi saya tahu, pemusik-pemusik Indonesia adalah insan kreatif yang tidak mudah patah semangat. Konser virtual dan kolaborasi dengan platform digital, menjadi saluran kreatif mereka untuk menjangkau para penikmat musik dan sebagai ruang baru untuk berkarya,” tulis Jokowi di akun @jokowi.

“Saya percaya, selepas pandemi ini, dunia musik di tanah air akan berubah. Semakin inovatif. Semakin kreatif”.

Baca Juga: Ghaniyya Ghazi Suguhkan Pop Dansa 1980-an di Single “Pretty Gold”

Baca Juga: Aldiv Sukses Rilis Single Ke-2 Tuhan Kirimkan Hatimu

Baca Juga: Adiva Rilis Single ‘Tak Lagi Sendiri’ dengan Nuansa 1990-an




Share To


galih

galih

March 9, 2021, 5 p.m.


tags : Entertainment Musisi Indonesia Musik Indonesia Hari Musik Nasional


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE