Cupumanik Hadirkan Nuansa Baru di Single Yang Kan Terjalani.jpg

Cupumanik Kembali dengan Yang Kan Terjalani

oleh: rachli Entertainment Tuesday, 5 May 2020 15:00 p.m.


Mancode - Band grunge asal Bandung, Cupumanik kembali mewarnai jagat hiburan industri musik Tanah Air dengan mengeluarkan single berjudul YKT (Yang Kan Terjalani). Sebelumnya, single ini pernah direkam namun kembali hadir dengan kemasan baru.

Band yang kini digawangi oleh Che (vokal), Iyak (bass), Eski (gitar), Mpok (gitar), dan Dony (drum) ini sempat memilih single YKT untuk memperkuat album perdana self titled Cupumanik pada 2005. Dirilisnya single ini juga ditandai dengan kehadiran Rama, gitaris awal Cupumanik.

Proses poduksi single YKT, Rama beraksi dengan mengisi harmoni di departemen gitar bersama Eski. Sound bernuansa clean berbalut string dan orkestasi yang diaransemen mewah merupakan sumbangan artistik Rama yang ingin menonjolkan ambience dan syahdunya singel YKT.

Sedangkan Eski, mementaskan nada unik tematik, menghiasi single dengan riff gitar yang kuat, dari intro hingga ending tanpa pengulangan. Semua berkesinambungan, berhubungan dengan tema single walau bercak sound kotor dari fx fuzznya masih terasa.

JPEG YKT UTK FEED.jpeg

Di divisi rhythm section, Dony dan Iyak membangun pondasi single mengikuti nuansa yang sudah akustik, dipertegas dengan laid-back shuffle 3/4, dan sisanya dibiarkan mengalir. Dony merekonstruksi dengan kejutan breakdown, tom riff dengan swing’s feel di bagian bridge dan beberapa varian lain di bagian riff.

Hal serupa juga dapat ditemui pada interlude dan code to end yang sengaja dibuat bernuansa afro-carribean (reggae), yang mengingatkan pada nuansa lagu Seven Days-nya Sting.

Dari segi vokal, Che mengaku, saat rekaman ia banyak memejamkan mata. Hal ini dimaksudkan guna menghayati single YKT. Tidak hanya itu, ia juga membayangkan seperti sedang berbicara pada seorang wanita dengan kasih.

“Menurut saya, YKT adalah perbincangan romantisme laki-laki dan perempuan,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Mancode (4/5/2020).

Selain itu, Che lebih bernyanyi tanpa pekik parau berkarat yang menjadi khasnya. Di single ini hanya terdengar bariton yang rileks, merayu, dan membuai.

Sementara itu, Iyak sebagai penulis single mengatakan, YKT merupakan mantra cinta pelipur hati bagi siapapun yang telah setia berada di sisinya. Untuk mereka para isteri atau belahan jiwa yang ikhlas menerima segala kekurangan.

“Untuk sudi mengarungi lautan kehidupan, rela tenggelam dalam suka dan manghalau luka. Mereka adalah para pendamping untuk merajut asa, pun menua bersama,” tutupnya.

Baca Juga: Nikolai Petrovsky, Musisi Jalanan Titisan Kurt Cobain

Baca Juga: Populer Tapi Akhirnya Tewas Bunuh Diri

Baca Juga: Selamat Ulang Tahun Kurt Cobain


Share To


rachli

rachli

May 5, 2020, 3 p.m.


tags : Cupumanik band rock industri musik Tanah Air Bandung YKT Grunge Yang Kan Terjalani


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Technology 14 August 2020 11:00 a.m.

Rayakan 17an, Spotify Hadirkan Playlist 'Spesial 17an'