Solo-Traveler.jpg

Couchsurfing: Aplikasi untuk Solo Traveler

oleh: inggil Travel Monday, 2 March 2020 15:00 p.m.


Mancode - Suka dengan solo traveler, bepergian sendiri dari satu tempat ke tempat lain sendirian menikmati petualangan ataupun melepas penat untuk rehat sejenak. Maka, aplikasi satu ini cocok sekali untuk digunakan, yakni Couchsurfing. Ya, bagi mancoders yang ingin pertama kali melakukan traveling sendirian maka aplikasi tersebut sangat berguna sekali. Tidak hanya bisa meminialisir budget tapi juga dapat menambah teman di tempat yang baru.

Couchsurfing sendiri merupakan sebuah situs traveling yang diluncurkan pada 2004 silam. Saat ini sudah ada jutaan orang yang tergabung dalam aplikasi ini. Tujuannya sendiri ialah untuk memfasilitasi para anggotanya mendapatkan atau memberikan tumpangan tidur alias menginap gratis saat melakukan traveling. Tidak hanya itu saja dengan menggunakan aplikasi ini maka pengguna bisa mendapat teman baru dan lebih mengenal budaya atau tradisi setempat.

Baca Juga: Solo Traveling ke Palembang? Yuk Kunjungi Lokasi Ini (I)

Pada dasarnya, aplikasi ini hanya sekadar berbagi tumpangan, oleh karena itu bagi tamu tidak bisa memaksa tuan rumah untuk meminta secara berlebihan. Tapi, pada prakteknya banyak review yang menyebut jika anggota yang terdaftar di aplikasi ini sangat baik. Misalnya saja memberi jamuan makan ataupun mengajak jalan-jalan di lingkungan sekitar.

Asyiknya-Couchsurfing.jpg

Lantas apakah aplikasi ini aman? Bicara soal itu penulis tidak yakin 100% karena pada dasarnya kejahatan bisa dilakukan di mana saja. Akan tetapi, bukan berarti kita tidak bisa mengantisipasinya. Perlu dicatat bagi pengguna pertama Couchsurfing, jangan sekali-kali menerima tumpangan dari anggota yang tidak terdaftar. Harus secara jelas melakukan aktivitas couchsurfing dengan aplikasi resminya.

Lanjutnya, jangan lupa pula baca profile dari penyedia ataupun penumpang dengan teliti. Baca secara seksama juga reference yang sudah mereka dapatkan, apakah ada isi negatif atau tidak. Isi profile setidaknya menggambarkan bagaimana karakter sesoerang. Ada baiknya memilih profile yang banyak menjelaskan dirinya secara gamblang pada aplikasi.

Baca Juga: 5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Cilacap

Paling penting, jangan lupa untuk saling menjaga sopan santun antar sesama. Di aplikasi sendiri tertulis beberapa peraturan dari penyedia tempat, seperti jangan merokok ataupun pulang larut malam serta menjaga kebersihan.

Setelah diberikan tumpangan secara cuma-cuma jangan lupa pula untuk memberikan reference untuk menunjukkan kualitas dari penyedia tempat. Banyaknya para penumpang yang tidak menuliskan testimoni dari penyedia bisa menjadi nilai tidak baik dan persepsi negatif tentunya. Oleh sebab itu, jadilah sosok yang beradab dan menghargai satu sama lain.

Couchsurfing-Apps.png

Cara mendaftar menjadi anggota Couchsurfing sendiri cukuplah mudah. Mancoders hanya perlu melakukan pengisian data secara lengkap dan jujur. Dimulai dari biodata profil, alasan mendaftar, hobi, hal-hal istimewa, dan keadaan detail rumah.

Menggunakan aplikasi Couchsurfing bagi solo traveler tentu sangat berguna dan menarik. Tidak perlu risau pergi sendirian ataupun ingin mengenal tempat wisata sekitar. Pengalaman yang didapat pun bisa banyak dari relasi, adat budaya, serta teman obrolan. Bahkan, adapula yang mendapat jodohnya dari aplikasi ini.

Baca Juga: 5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Jogja


Share To


inggil

inggil

March 2, 2020, 3 p.m.


tags : solo traveler Aplikasi Traveling Tips Traveling Traveling Couchsurfing


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun