Colin Huang.jpg

Colin Huang, Anak Muda yang Salip Kekayaan Jack Ma

oleh: galih Life Style Thursday, 25 June 2020 12:00 p.m.


Mancode – Muda dan miliarder. Setidaknya itulah yang menggambarkan sosok anak muda dari Cina bernama Colin Huang. Di usia 40 tahun, pendiri platform e-commerce Pinduoduo ini sudah memiliki kekayaan mencapai USD 45,5 miliar.

Menurut laporan Forbes Real-Time Bilionaire, kekayaan Colin Huang mampu menggeser pendiri Alibaba Group Jack Ma, yang kini menduduki orang terkaya kedua di Cina. Huang hanya kalah dari CEO Tencent Holdings Ma Huangteng (Pony Ma) yang diperkirakan memiliki kekayaan bernilai USD 51,1 miliar.

Kekayaan Huang meroket karena performa bisnis e-commerce yang terus tumbuh dalam satu tahun terakhir. Pada tahun lalu, menurut laporan Fortune, saham Pinduoduo mengalami kenaikan hampir dua kali lipat. Bahkan, kenaikannya tercatat hingga awal 2020.

Tak ayal, jika dilihat dari kapitalisasi pasar, saham perusahaan tersebut meroket dari 44 miliar dollar AS menjadi 80 miliar dollar AS (per Mei 2020). Capaian ini terus melonjak, hingga kini tercatat di angka 100 miliar dollar AS dengan pembeli aktif mencapai 628 juta.

Pinduoduo tenar berkat konsep belanja di mana pengguna dianjurkan untuk berbelanja satu barang secara berkolompok agar mendapatkan diskon. Saat berbelanja, pengguna juga dapat berbagi ide, berkonsultasi pendapat, dan bahkan gosip. Strategi itu rupanya mampu menarik banyak pembeli berbelanja dalam Pinduoduo.

Kesuksesannya tersebut juga membuat sejumlah perusahaan tak ragu untuk mengucurkan dana dalam mengembangkan Pinduoduo. Sebut saja Tencent, Sequoia Cina, Hillhouse Capital Group, dan lainnya.

Huang memulai kariernya di markas besar Google di Amerika Serikat pada 2004. Kemudian, dia pindah ke Cina sebagai markas dari tim yang mendirikan Google Cina. Dia juga pernah tercatat sebagai karyawan magang di Microsoft.

Memang tidak diketahui pasti, kapan Huang mengundurkan diri dari perusahaan besar tersebut. Yang jelas, pada 2015, Huang mulai merintis Pinduoduo. Selang tiga tahun kemudian, Pinduoduo masuk pasar saham Nasdaq AS dengan nilai initial public offering (IPO) sebesar 1,6 miliar dollar AS.

Baca Juga: Tidak Lulus SMA, Bang Jun-Hyuk Sukses Dirikan Netmarble

Baca Juga: Sandi Octa Susila, Sang Petani Milenial yang Sukses

Baca Juga: Dea Valencia, Pengusaha Muda Sukses Lewat Batik Kultur


Share To


galih

galih

June 25, 2020, noon


tags : Jack Ma Colin Huang Pinduoduo Kekayaan Colin Huang Orang Terkaya di Cina Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 9 July 2020 13:00 p.m.

Spotify Kenalkan Fitur Barunya 'Lirik'

Entertainment 9 July 2020 12:00 p.m.

Kembali Aktif Berkarya, SMVLL Rilis Single Let's Go

Entertainment 9 July 2020 11:00 a.m.

Debut Istimewa Biagi dengan Single 'In Your Eyes'