Botol Kemasan Kertas.jpg

Coca-Cola Kembangkan Kemasan Botol Berbahan Kertas

oleh: galih Technology Tuesday, 16 February 2021 15:00 p.m.


Mancode - Sampah botol plastik masih menjadi momok pencemaran lingkungan di dunia. Sadar akan hal tersebut, Coca-Cola mulai menguji botol kertas sebagai bagian dari upaya jangka panjang untuk menghilangkan plastik dari kemasannya seluruhnya.

Berdasarkan laporan BBC, prototipe ini dibuat oleh perusahaan botol kertas Paboco asal Denmark dari cangkang kertas ekstra kuat yang masih berisi lapisan plastik tipis. Tetapi, tujuan Coca-Cola adalah untuk membuat botol bebas plastik yang 100 persen dapat didaur ulang yang mampu mencegah gas keluar dari minuman berkarbonasi. Penghalang juga harus memastikan tidak ada serat yang mengelupas ke dalam cairan

Pemakaian botol kertas memang bisa menimbulkan sejumlah risiko. Salah satunya yang dikhawatirkan adalah akan menimbulkan risiko mengubah rasa minuman atau berpotensi melanggar pemeriksaan kesehatan dan keselamatan.

Tetapi, raksasa industri mendukung rencana tersebut. Coca-Cola, misalnya, telah menetapkan tujuan untuk menghasilkan nol limbah pada 2030.

Coca-Cola menduduki peringkat pencemar plastik nomor satu di dunia oleh kelompok amal Break Free From Plastic tahun lalu, diikuti oleh produsen minuman lainnya Pepsi dan Nestle.

Tantangan Botol Kertas

Bagian dari tantangan pengembangan wadah berbasis kertas yang dilakukan Paboco adalah menciptakan struktur yang mampu menahan kekuatan yang diberikan oleh minuman bersoda, seperti cola dan bir yang dikemas dalam botol di bawah tekanan.

Selain itu, kertas harus dapat dicetak, untuk membuat bentuk dan ukuran botol yang berbeda untuk berbagai merek, dan mengambil tinta untuk mencetak labelnya.

Michael Michelsen, Manajer Komersial Paboco mengatakan bahwa botol-botol tersebut dibuat dari satu potong bahan berbasis serat kertas untuk memberi kekuatan. "Itu benar-benar bagian dari rahasianya," jelasnya.

"Dengan kombinasi desain produk yang cerdas dan campuran serat yang kuat, itulah yang membuatnya sangat mungkin untuk tidak pecah di bawah tekanan," tambahnya.

Uji coba Coca-Cola akan menjadi uji dunia nyata pertama apakah teknologinya dapat bertahan dalam logistik transportasi makanan yang sulit dan tidak stabil.

Baca Juga: Pantera Siap Rilis Minuman Bir pada 2021

Baca Juga: KFC Bikin Produk Minuman Kopi Penangkal Nyamuk

Baca Juga: 4 Minuman yang Bisa Meningkatkan Gairah Seks


Share To


galih

galih

Feb. 16, 2021, 3 p.m.


tags : Technology Minuman Soda Coca-Cola Botol Kertas Kemasan Botol Kertas Sampah Botol Plastik


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 February 2021 16:00 p.m.

Sarah Saputri X Kaka Slank Rilis Single ‘Lolalove’

Entertainment 25 February 2021 15:00 p.m.

Hadir Kembali, Band TV Rilis Single ‘Better Place’

Entertainment 25 February 2021 14:00 p.m.

Jared Leto Siap Rilis 100 Lagu!

Entertainment 25 February 2021 13:00 p.m.

Rasa yang Terpendam Kiki Kemas lewat “Mencintai Dalam Diam”