Tim-nasional-cheerleading-Indonesia.jpg

Cheerleading Indonesia Raih Medali Perunggu

oleh: rachli Life Style Monday, 2 December 2019 11:00 a.m.


Mancode - Tim nasional (timnas) Cheerleading Indonesia berhasil meraih mendali perunggu dalam ajang The 10th Cheerleading World Championship 2019 di Takasaki, Jepang pada 23-24 November 2019 lalu, untuk kategori Cheerleading Junior 1.

Tim nasional dalam kategori Cheerleading Junior 1 ini dipilih dari Juara 1 dalam Kejuaraan Nasional Cheerleading 2019 yang diadakan pada April 2019 silam di Surabaya, yakni tim Cheerleading BABY-G dari Sekolah Dasar (SD) St. Yakobus, Jakarta.

Baca Juga: KFC dan DBL Bikin Wadah Talenta Pebasket Muda Indonesia

Ajang The 10th Cheerleading World Championship 2019 yang diselenggarakan oleh International Federation of Cheerleading (IFC) ini diikuti oleh 31 negara. Mereka terbagi dalam 134 tim, dalam 17 kategori yang diperlombakan.

Ketua Umum Federasi Cheerleading Seluruh Indonesia (FCSI), Oki Trihartomo mengatakan, pihaknya sangat puas dengan hasil yang diraih, meskipun ini penurunan dari kejuaraan sebelumnya. Namun, timnas Indonesia sudah berusaha memberikan penampilan terbaik.

“Ini bisa menjadi motivasi ekstra bagi kami agar dapat lebih meningkatkan kualitas di tahun mendatang. Perlu diingat, Indonesia masih kecil dalam olahraga cheerleading,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima meja redaksi Mancode (1/12/2019).

Cheerleading-Indonesia-berhasil-meraih-mendali-perunggu.jpg

Lanjut Oki, dibandingkan dengan Jepang, Thailand, atau negara Eropa lainnya yang sudah 20 tahun bergelut dalam cheerleading, namun pihaknya berhasil naik podium dan meraih satu mendali. Hal ini tentu menjadi suatu prestasi yang sangat dibanggakan.

Tahun ini, merupakan tahun keenam FCSI mengirimkan kontingan ke dalam ajang cheerleading paling bergengsi. Di mana, mereka bertanding dalam enam kategori yakni Cheeleading Junior 1, Cheerleading Small Group All-Femala, Cheerleading Small Group Mixed, Cheeleading Doubles, Cheerleading All-Female, dan Cheerleading Mixed.

Baca Juga: Berkompetisi ke Amerika lewat Honda DBL Camp 2019

Guna memperkuat komitmen memajukan cheerleading di Indonesia, FCSI sebagai anggota tetap Federasi Olahraga Reaksi Masyarakat Indonesia (FORMI) memiliki rangkaian kegiatan dan program kerja yang dijalankan setiap tahunnya.

Progam kerja itu di antaranya Kejuaraan Daerah, Kejuaraan Nasional, Cheer Camp, Sertifikasi Pelatih Internasional dan berbagai aktivitas lainnya. Saat ini, FCSI sudah memiliki delapan kepengurusan provinsi, dan ratusan tim yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Scrimmage Game Jadi Materi Honda DBL Camp 2019

Hal tersebut juga sejalan dengan dengan visi misi FCSI dalam memasyarakatkan dan memajukan cheerleading di Indonesia. Oleh sebab itu, pihaknya berusaha meningkatkan kualitas atlet cheerleading di Indonesia, khususnya fokus untuk memupuk minat di usia dini.

“Ke depan, olahraga cheerleading lebih dapat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dengan begitu akan lebih banyak lagi cikal bakal atlet yang berkualitas dan dapat mengharumkan nama bangsa di kancah internasional,” harap Oki.


Share To


rachli

rachli

Dec. 2, 2019, 11:58 a.m.


tags : Federasi Cheerleading Seluruh Indonesia International Federation of Cheerleading Tim Cheerleading Indonesia Timnas The 10th Cheerleading World Championship 2019


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru