Ayuenstar.jpg

Cerita Unik di Balik Nama Panggung Ayuenstar

oleh: galih Entertainment Wednesday, 2 December 2020 7:00 a.m.


Mancode – Sederet penyanyi populer jebolan ajang pencarian bakat Indonesia Idol sukses berkarier di industri musik Tanah Air. Salah satunya adalah hijaber bernama Ayu Putri Sundari atau lebih dikenal dengan Ayu ‘Idol’. Dia memiliki ciri khas penampilan dengan gaya swag yang menarik.

Setelah ‘lulus’ dari Indonesian Idol 2018, dia terus menunjukkan eksistensinya dengan meluncurkan sejumlah single. Dia pun mulai melepas identitas namanya yang dikenal Ayu ‘Idol’, dengan mengubahnya menjadi Ayuenstar. Ada kisah menarik di balik penamaan tersebut. Seperti apa ceritanya?

Fenomena artis atau musisi mengganti nama asli menjadi nama panggung lazim terjadi di Tanah Air. Mereka telah menyiapkan nama panggung ketika baru pertama kali masuk ke dalam dunia entertainmen. Lain halnya dengan Ayu, justru dia telah menyiapkan nama panggungnya sejak duduk di sekolah menengah pertama (SMP). Seolah dia telah meramalkan dirinya menjadi seorang artis atau bintang.


“Cita-citaku memang dulu ingin menjadi bintang, makanya aku sudah memikirkan nama panggung. Namanya aku coret-coret di buku, lalu terpikir nama Ayuenstar. Jadi, nama ini sebenarnya sudah lama ada, sebelum terkenal seperti sekarang,” ungkap Ayu ketika bincang-bincang dalam Mancode Lounge, salah satu program musik Mancode.id.

Awalnya, kata Ayu, nama Ayuenstar sebelumnya adalah kata Ayu and star, yang diakronimkan menjadi Ayustar. Namun, nama tersebut dinilai kurang menarik, kemudian diubah menjadi Ayuenstar. Di mana secara pengucapan lebih simpel dan mudah diingat. “Dulunya sih Ayu and star (Ayustar), tapi itu kaku banget. Kemudian diplesetein menjadi Ayuenstar,” terang Ayu.

Sesuai dengan namanya, Ayu berharap dengan nama panggungnya tersebut bisa menjadi doa agar dirinya bisa menjadi bintang yang terus bersinar di dunia musik Tanah Air dan bisa menjadi penyanyi Indonesia yang mampu go international.

“Kalau sekarang, bintangnya itu bukan aku. Tapi, bintangnya adalah orang-orang yang selalu support aku berkarier selama ini. Lewat nama ini juga, aku berharap bisa menjadi musisi go internasional,” harap penyanyi berdarah Cilegon Banten ini.

Sejak usia tiga tahun, Ayuenstar mengaku sudah menekuni hobi bernyanyi. Dia selalu mengasah skill bernyanyi-nya dengan tampil mengikuti sejumlah ajang pencarian bakat. Semuanya memang tak berjalan mulus. Tapi, keikutsertaannya dalam ajang tersebut dijadikannya sebagai pengalaman yang berharga.

“Semua lomba pernah aku ikuti. Walaupun tak menang, tapi aku ambil pengalamannya. Yang penting aku selalu tampil maksimal. Kalau pun lolos, itu adalah bonus. Kalau tak lolos, artinya aku harus lebih intropeksi lagi,” ujarnya.

Keikutsertaannya di Indonesian Idol 2018, membuat karier Ayu dalam bermusik terus mengilap. Namanya mulai dikenal masyarakat luas. Dia pun mulai menelurkan sejumlah karya. “Terbaik Untukmu”, menjadi single pertama yang diluncurkan Ayenstar. Lagu tersebut merupakan lagu daur ulang dari Band Tangga, namun Ayu membawakan lagu tersebut dengan suasana yang berbeda dibanding lagu yang dibawakan Tangga.

Kini, Ayuenstar kembali merilis single terbarunya berjudul “Swagger”. Dalam single ini, perannya sangat dominan. Mulai dari menulis hingga mengaransemen lagu, dia lakukan sendiri. Lagu ini diciptakan Ayu berdasarkan pengalaman kehidupan pribadinya.

“Lagu ini lebih kayak perjalanan hidup aku sih. Di sini aku sedikit cerita tentang masa lalu aku yang dulu pernah jadi korban bullying. Walaupun begitu, aku bukan orang yang gampang menyerah atau minder. Justru karena adanya kejadian itu, aku jadi pengen nunjukin ke mereka yang dulu lihat aku ‘nothing’ tapi sekarang aku bisa jadi ‘something’,” ungkap Ayuenstar.

Baca Juga: Ayuenstar Makin Swag di Single “Swagger”

Baca Juga: “Takut Nanti Rindu”, Kisah Perjalanan Rinni Wulandari

Baca Juga: Kisah Kolaborasi Marcell Siahaan dengan Musisi Jazz Dunia




Share To


galih

galih

Dec. 2, 2020, 7 a.m.


tags : Entertainment Ayu Idol Single Swagger Ayuenstar Penyanyi Muda Berbakat Ayu Putri Sundari


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Life Style 14 October 2021 7:00 a.m.

GudangAda X KADIN Salurkan Ribuan Sembako

Life Style 5 October 2021 11:00 a.m.

Budweiser Kini Hadir di Indonesia

Technology 2 October 2021 8:00 a.m.

Alasan Apple Beri Fitur Rating di App Store