Hari Pers Nasional.jpg

Cerita di Balik Peringatan Hari Pers Nasional

oleh: galih History Tuesday, 9 February 2021 10:00 a.m.


Mancode – Setiap 9 Februari, seluruh insan pers di Indonesia merayakan ‘hari ulang tahun’ dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN). Momen ini juga bertepatan dengan lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Lalu, seperti apa sejarah HPN di Tanah Air?

Gagasan awal mengenai HPN muncul pada Kongres ke-16 PWI, Desember 1978 di Padang, Sumatera Barat. Salah satu keputusan kongres tersebut adalah mengusulkan kepada pemerintah agar menetapkan 9 Februari yang sekaligus tanggal lahir PWI sebagai HPN.

HPN Pertama Kali Diperingati

Sebelum ditetapkan oleh pemerintah, HPN diperingati pertama kali pada 9 Februari 1981 bertepatan dengan ulang tahun PWI ke-35. Peringatan tersebut dipusatkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bersamaan dengan Konferensi Kerja PWI tanggal 9-11 Februari 1981.


Kemudian, pada sidang ke-21 Dewan Pers di Bandung pada 19 Februari 1981, usulan penetapan 9 Februari sebagai HPN disetujui oleh Dewan Pers untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah.

Setelah tujuh tahun diusulkan, terbitlah Keputusan (Keppres) Presiden Nomor 5 Tahun 1985 yang menetapkan 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

Berdasarkan Keppres tersebut, alasan penetapan HPN adalah demi mengembangkan kehidupan pers nasional Indonesia sebagai pers yang bebas dan bertanggung jawab berdasarkan Pancasila. Disebutkan pula bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Keppres tersebut menegaskan pula bahwa pemilihan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional didasarkan atas tanggal pembentukan organisasi PWI tahun 1946 yang dianggap sebagai pendukung dan kekuatan pers nasional.

Berdasarkan Keppres 5/1985 tersebut, Hari Pers Nasional kemudian pertama kali diselenggarakan seacra resmi pada 9 Februari 1985.

Tradisi Peringatan HPN

Setiap tahunnya, HPN selalu diperingati secara bergantian di ibu kota provinsi yang berbeda di Indonesia. Tahun ini, dijadwalkan peringatan HPN akan dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Namun karena pandemi, peringatan HPN 2021 diputuskan dialihkan ke Jakarta, baik secara offline maupun online.

Pengalihan tempat tersebut juga dibarengi dengan pemilihan tema HPN 2021. Di mana tema yang diangkat adalah“Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”.

Tema tersebut diharapkan menjadi semangat melawan masifnya serangan virus Covid-19 yang tak kunjung usai. Selamat Hari Pers Nasional!

Baca Juga: Mengenal Sejarah Hari Kanker Sedunia

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Hari Aksara Internasional

Baca Juga: Sejarah Singkat Peringatan Hari Ibu di Indonesia




Share To


galih

galih

Feb. 9, 2021, 10 a.m.


tags : Pers HPN 2021 Hari Pers Nasional Peringatan Hari Pers Nasional History


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 3 May 2021 12:00 p.m.

Mike D‘Bagindas Luncurkan “Tak Mudik Tahun Ini”

Life Style 23 April 2021 16:00 p.m.

Tips Perawatan Berkala Kendaraan ala Goodyear

Entertainment 21 April 2021 7:00 a.m.

Yura Yunita Rilis Film Pendek “Tenang”