Gerai-Mcd-di-China.jpg

Cerita Awal Mula McDonald's Hadir di Cina

oleh: inggil History Friday, 23 April 2021 12:00 p.m.


Mancode - Pada musim dingin Oktober 1990, negara Cina mulai mengundang para investor asing untuk datang ke tempatnya. Hal ini tak lepas dari kebijakan Perdana Menteri Deng Xiaoping yang ingin menjadikan Cina lebih terbuka dan berevolusi. Salah satu investor asing yang masuk di Cina ialah McDonald's (Mcd), restoran cepat saji yang hadir pertama kali di Guangdong, Provinsi Shenzen. Restoran cepat saji ini dengan cepat menjadi simbol runtuhnya komunisme Cina di bawah kekuasaan Deng Xiaoping.

April 1992, gerai lain Mcd setelah di Shenzen pun hadir lagi. Berlokasi di Beijing bisa tempat makan dengan luas lebih dari 8.000 meter persegi ini menjadikan salah satu restoran paling luas kala itu. Pada waktu itu, pembukaan lowongan kerja pun dibuka besar-besaran, ribuan pelamar pun berharap dapat bekerja di sana, hingga terdapat 850 pegawai bekerja untuk Mcd kala itu.

Los Angeles Times menyebutnya sebagai gerai terbesar di dunia dan mentahbiskan sebagai simbol kemenangan kultural Amerika atas Cina. Ketika itu, makan di McD bukan tentang menghilangkan rasa lapar, tetapi sebagai perlambang status sosial masyarakat Cina. Pengunjung McD Cina pada 1990-an menganggap restoran cepat saji itu sebagai makanan mewah.


China-Mcd.jpg

Masyarakat Cina kala itu menganggap jika makan di Mcd setara dengan restoran mewah bintang lima. Restoran cepat saji ini dipenuhi oleh orang-orang parlente dan anggun bahkan pakaiannya pun bak sedang berada di istana. Padahal, mereka memesan minuman soda dan Big Mac. Simbol McD sebagai status sosial pun tersebar luas di seluruh daerah Cina.

Invasi McDonald's di Cina

Kini, McD bukan lagi menjadi kemewahan bagi orang Cina. Permintaan atas makanan cepat saji ini juga meningkat pesat. Pada 2018 lalu dilansir dari Reuters, McD berencana menambah lebih dari 1.000 gerai restoran di Cina selama lima tahun mendatang. Ini menjadikan pasar McD di Cina sebagai pasar terbesar mereka setelah Amerika Serikat. Sebelumnya, sudah ada 2.200 gerai McD menghiasi kota-kota di Cina.

McD-China.jpg

Sayangnya, dari sisi pendapatan McD di Cina tidak menunjukkan kestabilan khususnya mulai 2013. Pada 2013, pendapatan McD di Cina mencapai 28,11 miliar dolar. Pendapatan itu kemudian mengalami penurunan menjadi hanya 25,41 miliar dolar di 2015.

Sekarang ini, di setiap pengkolan jalan di Cina, gerai McDonald's (McD) hadir. Jumlahnya meningkat pesat seiring laju pertumbuhan ekonomi Cina. Kini, jumlah McD di Cina sudah mencapai puluhan ribu, atau yang terbanyak dibandingkan negara-negara lainnya.

Baca Juga: Selain China, Ini Negara yang Terpapar Corona (II)

Baca Juga: Goresan McDonald di Adidas Pro Model 2G

Baca Juga: KFC Bikin Produk Minuman Kopi Penangkal Nyamuk




Share To


inggil

inggil

April 23, 2021, noon


tags : China Sejarah McDonald's Pertama di China McD McDonald's Pertama di China McDonald's Restoran Cepat Saji


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 6 May 2021 6:00 a.m.

Bintang Pop, Alex Porat Rilis Single “Dimension”

Technology 15 April 2021 10:00 a.m.

4 Kelebihan Layar Super Amoled Menurut Xiaomi

Entertainment 15 April 2021 7:00 a.m.

RAPOT Bawa Nostalgia di Minggu Pertama Bulan Puasa

Technology 14 April 2021 10:00 a.m.

Bosch Percepat Implementasi Industri 4.0 di Indonesia