Donat.jpg

Asal Muasal Donat Punya Lubang di Tengah

oleh: galih Life Style Wednesday, 24 June 2020 14:00 p.m.


Mancode – Donat adalah salah satu makanan yang cukup populer di Tanah Air. Camilan ini punya ciri khas berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Cita rasanya pun sangat menggoda karena memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. Tak heran, bila semua kalangan menyukainya. Tapi, tahukah kamu mengapa donat punya lubang di tengah?

Ternyata, ada sejarah panjang di balik dari adanya lubang dalam adonan donat. Melansir berbagai sumber, memang banyak pendapat atau asal usul sejarah adanya lubang pada donat di bagian tengah.

Salah satu sumber mengatakan pada 173 tahun yang lalu, tepatnya 24 Juni 1847, seorang pelaut bernama Hanson Gregory diklaim sebagai penemu donat cincin pertama.

Boston Post sempat mewawancarai Hanson Gregory. Dalam wawancara tersebut, dia memberikan penjelasan tentang bagaimana beliau menemukan lubang di tengah donat.

Menurutnya, lubang pada bagian tengah donat ditemukannya pada 1847, saat usianya sekitar 15 tahun. Cerita berlanjut ketika tiga tahun kemudian saat Gregory menjadi kapten laut termuda dengan usia 19 tahun.

Selama perjalanannya di laut, dia bercerita kalau roti goreng yang disajikan di kapal kurang nikmat. Ini karena tekstur di bagian luar roti tersebut sudah renyah, sedangkan bagian tengahnya terasa seperti adonan berminyak.

Gregory pun menyarankan untuk membuat lubang di roti goreng tersebut agar seluruh bagian roti matang dengan rata. Kemudian, dia memutuskan menggunakan penutup bundar dari kotak lada untuk memotong lubang tengahnya.

Selain Hanson Gregory, rupanya ada kisah lain tentang penemuan lubang di tengah donat. Chief High Eagle dari Suku Wampanoag mengisahkan kisah dari beberapa generasi terdahulu. Menurut beliau, zaman dahulu ada anggota suku Wampanoag sedang mengejar bangsa pendatang.

Kala itu, si pendatang membawa donat dan belum memiliki lubang di tengahnya. Alkisah, anggota suku Wampanoag menembakkan anak panah ke arah donat itu dan jadilah ada lubang di tengah donatnya.

Klaim penemuan ini ternyata menimbulkan perdebatan. Melansir kompas.com, pada 1941, American Donat Corp mensponsori debat tentang donat di New York yang bertemakan “Siapa yang membuat lubang pada donat?”.

Sepupu Gregory, Fred Crockett, membela kerabatnya melawan pengacara Cap Cod yang mengklaim bahwa lubang donat dibuat saat seseorang Indian menembakkan panas melalui kue goreng dari wanita Pilgrim.

Di sisi lain, Crockett mengambil pengecualian dari cerita tentang Gregory meskipun membelanya. Crockett juga mengakui, bahwa baik dia maupun Gregory tak menyadari potensi komersial di balik penemuan lubang sederhana pada donat ini.

Tak bisa dipungkiri, hingga kini donat memang menjadi salah satu camilan yang memiliki potensi bisnis menggiurkan. Banyak brand-brand besar yang mengangkat donat sebagai camilan sajian utamanya dan laku keras di pasaran.

Nah, itulah beberapa pendapat mengenai sejarah mengapa donat terdapat lubang di tengahnya. Ternyata ada ‘bumbu’ perdebatan yang melibatkan beberapa pihak saling klaim sebagai penemunya.

Baca Juga: Sejarah Kacamata Aviator, Aksesoris Pria yang Bikin Manly

Baca Juga: Asal Usul Mitos Gunung Merbabu

Baca Juga: Melihat Sejarah Asli Stasiun Gambir


Share To


galih

galih

June 24, 2020, 2 p.m.


tags : Kuliner Sejarah Penemu Donat Bulat Sejarah Donat Donat Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 23 September 2020 12:00 p.m.

Mengenal Wanita Indonesia Pertama Model Majalah Playboy

Entertainment 23 September 2020 11:00 a.m.

Kisah Belenggu Cinta Posesif Hanggini dalam ‘Ruang Bahagia’

Entertainment 23 September 2020 10:00 a.m.

BTS Bagikan Kisah di Balik Pembuatan Lagu ‘Dynamite’