Cegah-Korban,-YouTube-Larang-Video-Prank-dan-Tantangan-Berbahaya.jpg

Cegah Korban, YouTube Larang Video Prank dan Tantangan Berbahaya

oleh: emil Technology Tuesday, 21 May 2019 8:00 a.m.


Tantangan atau challenge di media sosial kerap dilontarkan oleh para user untuk menciptakan sebuah tren yang viral. Dari mulai yang bersifat unik seperti #10yearschallenge (menampilkan foto kini dan 10 tahun yang lalu), sampai yang berbahaya seperti #tiepodchallenge (mengonsumsi deterjen merek tie pod), semua dibuat demi mendapat perhatian dan follower. Dari sisi challenge yang berbahaya, hal ini tentu saja memicu reaksi kekhawatiran dari para netizen.

Gerah dengan hal tersebut, YouTube pun memutuskan untuk mengambil langkah keras. Langkah ini diambil dengan cara memperbarui community guidelines. YouTube melarang video yang memiliki risiko, menimbulkan bahaya serius atau kematian, dan prank yang membuat korban percaya bahwa mereka mengalami hal bahaya secara fisik atau menyebabkan anak-anak mengalami tekanan emosi.

theverge.jpg

Pengumuman ini dikeluarkan YouTube hanya berselang satu hari usai seorang remaja di Amerika Serikat mengalami kecelakaan usai melakukan Bird Box Challenge. Sekadar informasi, tantangan ini merupakan challenge terbaru di media sosial, di mana orang-orang yang terlibat terinspirasi dari film Bird Box yang ada di Netflix.

Tantangan ini melibatkan netizen menggunakan penutup mata dan diminta melakukan kegiatan sehari-hari. Netflix pun pada 3 Januari 2019 mengeluarkan pernyataan yang meminta agar semua orang tidak melakukan Bird Box Challenge.

tubefilte.jpg

“Kami tidak tahu bagaimana ini dimulai, dan kami menghargai rasa cintanya, tetapi Boy dan Girl (ini dua nama tokoh di film Bird Box-red) memiliki satu harapan di 2019 dan itu adalah agar Anda tidak berakhir di rumah sakit karena meme,” tulis Netflix melalui media sosialnya kala itu.

Selain challenge, candaan atau prank yang keterlaluan atau bersifat berbahaya juga akan di-banned dari YouTube. Bila mancoders melihat di beberapa video prank di YouTube, ada banyak yang memperlihatkan candaan dengan contoh berpura-pura menjadi badut pembunuh. Hal ini dipandang dapat memicu rasa trauma.

Baca Juga: 4 Film Horor yang Paling Dinantikan di 2019

“YouTube adalah rumah bagi banyak tantangan dan prank viral yang dicintai tapi kita perlu memastikan apa yang lucu tidak melewati batas menjadi hal yang melukai atau berbahaya. Kami telah memperbaharu pedoman eksternal kami untuk menjelaskan bahwa tantangan seperti Tide Pod Challenge atau Fire Challenge, yang dapat menyebabkan kematian atau telah menyebabkan kematian dalam beberapa kasus, tidak memiliki tempat di YouTube,” tulis YouTube melalui pernyataannya, sebagaimana dikutip dari androidcentral.com (16/1/2019).


Share To


emil

emil

May 21, 2019, 8:54 a.m.


tags : challenge prank video tantangan youtube media sosial


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 14 November 2019 10:00 a.m.

Berkompetisi ke Amerika lewat Honda DBL Camp 2019

Life Style 13 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Wanita Mendengkur Lebih Keras dari Lelaki

Entertainment 13 November 2019 13:00 p.m.

Tampilan Baru Sonic Hedgehog dapat Respon Positif

Life Style 13 November 2019 12:00 p.m.

Mitos atau Fakta? Nasi Dingin lebih Sehat untuk Diabetes