Cegah Covid-19 saat Ramadan dan Lebaran, Menparekraf Pastikan Prokes di Sektor Parekraf.jpg

Cegah Covid-19 saat Ramadan, Menparekraf Pastikan Prokes Ketat

oleh: rachli Travel Tuesday, 5 April 2022 8:00 a.m.


Mancode - Meski pandemi telah menurun signifikan secara nasional, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno tetap memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan tepat agar tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 saat Ramadan dan Lebaran.

Saat Weekly Press Briefing, Senin (4/4/2022), Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, masyarakat diberikan kelonggaran dalam melaksanakan ibadah dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Kemudian peningkatan percapatan vaksinasi, terutama di tempat ibadah dan tempat mudik bersama.

“Serta selalu disiplin dalam penggunaan Peduli Lindungi terutama pada waktu berbuka di mall, restoran, dan kafe. Dalam masa transisi menuju normal dapat dilakukan langkah-langkah relaksasi secara bertahan untuk mengembalikan kapasitas penerbangan internasional,” katanya.


Selain itu, Kemenparekraaf juga akan mengeluarkan surat edaran (SE) tentang Prokes Penyelenggaraan Usaha Pariwisata dan Destinasi Pariwisata selama bulan Ramadan 1443 Hijriah.

Menparekraf juga mengatakan, demi mempertimbangkan antusiasme masyarakat yang meningkat untuk buka puasa bersama dan mudik, Kemenparekraf bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) memberikan imbauan agar hotel tidak menaikkan tarif berlebih saat libur lebaran.

“Karena itu akan memberatkan masyarakat atau wisatawan yang akan menikmati libur lebaran. Selain itu, akan memberikan citra negatif pada daerah tersebut. Libur lebaran pada H -7 & dan H +7 merupakan saat peak season yang mendorong permintaan kamar hotel akan melonjak,” jelasnya.

Seperti data setiap tahunnya, hotel akan menikmati okupansi sampai 100 persen, namun demikian dalam menerapkan tarif kamar harus dalam batas kewajaran dengan memberikan surcharge atau tarif tambahan anatara 30 hingga 40 persen.

“Bukan 100 atau ganti harga dan ini tidak wajar. Selain itu, pelaku industri hotel dan restoran harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” lanjut Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf juga menangapi telah diresmikannya hotel pertama di rest area di jalan tol Jakarta-Cikampek. Dengan hadirnya hotel atau tempat istirahat pelayanan (TIP) ini diharapkan membuat perjalanan semakin nyaman di samping bisa memperluas etalasi produk-produk kreatif.

“Peluang investasi dan lapangan kerja di tempat peristirahatan tersebut sangat besar dengan keberadaan TIP. Kami siap memfasilitasi terkait perizinan, lantaran ini sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” tutupnya.

Baca Juga: Temui Dubes Singapura, Menparekraf Sandiaga Uno Bahas Rencana Pembukaan Perbatasan

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Konser Musik Bisa Digelar Kembali

Baca Juga: Belanja Produk Lokal Tembus Rp214 Triliun, Bukti Ekonomi Kreatif Bangkit




Share To


rachli

rachli

April 5, 2022, 8 a.m.


tags : Covid-19 Menparekraf Sandiaga Uno Parekraf Ramadan Lebaran Cegah Covid-19 Prokes


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA