Cartenz Group kerja sama Bank DKI.jpg

Cartenz Group Gandeng Bank DKI Wujudkan Project TOSKA

oleh: rachli Technology Friday, 14 February 2020 17:00 p.m.


Mancode - Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, Bank DKI turut membantu memudahkan segala macam bentuk aktivitas di berbagai sektor. Seperti halnya mulai dari penggunaan transportasi, pemesanan barang, hingga kemudahan pembayaran.

Menyikapi kondsi tersebut, Cartenz Group menjalin kerja sama dengan Bank DKI untuk mendorong transparansi pemerintah daerah melalui inovasi teknologi informasi (TI) yakni electronic fiscal devices (alat fiskal elektronik).

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Antivirus 2020

Dikatakan oleh CEO Cartenz Group, Gito Wahyudi, kerja sama tersebut dilakukan melalui project TOSKA (Tax Online System for Jakarta) untuk sektor pajak. Menurutnya, lewat TOSKA bisa memaksimalkan pajak kota DKI Jakarta.

“Lewat kerja sama ini saya yakin bisa membantu peningkatan pajak daerah dan memberikan kontribusi nyata kita (Cartenz Group) untuk negara,” katanya saat jumpa media di AIA Centra, Jakarta (14/2/2020).

Gito juga menjelaskan, pajak memiliki peranan vital bagi sebuah negara. Diperlukan pengawasan ketat dalam proses pelaksanaannya untuk meminimalisir penggelapan pajak. Untuk itu, dibutuhkan modernisasi sistem perpajakan agar pemerintah dapat memantaunya dan secara bersamaan mendapatkan hasil yang dicapai.

RAR_0935.jpg

TOSKA sendiri merupakan sistem informasi yang menghubungkan antara sistem informasi transaksi usaha wajib pajak dengan sistem informasi perpajakan daerah. Kegiatan instalasi TOSKA sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 98 Tahun 2019 tentang Pelaporan Data Transaksi Usaha Wajib Pajak Secara Elektornik.

Baca Juga: Samsung Smartphone Perkenalkan Galaxy S20 Series

Sementara itu, Direktur Kredit UMKM & Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi mengatakan, kerja sama ini menjadi hal baru bagi sistem perpajakan online khususnya di wilayah DKI Jakarta dalam meningkatkan layanan penerimaan pajak daerah.

“Kami siap mengimplementasikan TOSKA yang akan memudahkan para pebisnis membayarkan pajak secara online, seklaigus mendukung tujuan pemerintah menuju transparansi dan efektivitas pengawasan kepatuhan wajib pajak,” terangnya.

Baca Juga: 4 Hal Perlu Diketahui Soal Branding di Media Sosial

Ada tiga unit dalam pengimplementasian TOSKA, yakni Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI, Bank DKI, dan Cartenz Group. Melalui sistem ini, tidak hanya Bapenda DKI dan Bank DKI yang bisa melihat hasilnya secara real time, wajib pajak juga bisa melihat langsung.

“Tentunya dari sisi wajib pajak lebih baik lagi dan bisa mengetahui penggunaan pajak oleh pemerintah untuk apa saja,” katanya.


Share To


rachli

rachli

Feb. 14, 2020, 5:07 p.m.


tags : TOSKA alat fiskal elektronik Cartenz Group Bank DKI electronic fiscal devices Tax Online System for Jakarta Teknologi Perpajakan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 1 October 2020 7:00 a.m.

Jatuh Hatinya Kata Pujangga dalam 'Terlanjur Memakai Hati'

Entertainment 30 September 2020 7:00 a.m.

Single Perdana Kevin Hugo di 'A Letter To You'

Entertainment 30 September 2020 6:00 a.m.

Joji Rilis Album Kedua 'Nectar'