Perayaan-Imlek-Di-Singkawang.jpg

Cara Warga Singkawang Merayakan Hari Imlek

oleh: inggil Travel Thursday, 11 February 2021 17:00 p.m.


Mancode - Tidak terasa, sekarang sudah menginjak bulan Februari di mana pada bulan ini tiap tanggal 12 diperingati sebagai perayaan Imlek. Ada yang berbeda dengan perayaan Imlek tahun ini dengan tahun sebelumnya. Di tahun ini, warga Tionghoa harus merayakan Imlek dengan terbatas karena masa pandemi.

Menanggapi perayaan Imlek harus dirayakan secara terbatas, pengurus Vihara Tri Dharma Bumi di Raya Singkawang, Kalimantan Barat telah mempersiapkan protokol keseharan bagi Jemaah yang merayakan Imlek. Diantaranya ialah pembatasan jumlah Jemaah yang masuk ke vihara untuk beribadah.

“Nantinya akan ada orang yang mengatur warga Tionghoa yang akan melaksanakan ibadah Imlek di Vihara, sehingga di dalam vihara tidak boleh terlalu ramai dan sembahyangnya pun akan dilakukan secara bergantian. Pengaturan bertujuan agar jangan sampai terjadi kerumunan di dalam Vihara,” ujar salah satu pengurus Vihara Tri Dharma Bumi Raya Singkawang, Aming seperti yang dilansir Tempo.


Pembatasan jumlah Jemaah tersebut merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona. Hal itu juga menaati Surat Edaran Gubernur Kalimantan Barat. Aming pun mengajak seluruh masyarakat Singkawang untuk bersama-sama berdoa agar wabah Covid-19 segera berlalu di Indonesia.

Hal serupa juga dianjurkan oleh Kepolisian Resor Singkawang Ajun Komisaris Besar Prasetiyo Adhi Wibowo. Dirinya mengeluarkan himbauan bagi warga yang merayakan Imlek 2572. Isinya pun berupa Jemaah diminta agar melaksanakan ibadah dengan tertib, tidak melanggar protokoler, tidak melakukan pertunjukkan kembang api, dan tidak melakukan aktivitas yang menimbulkan keramaian.

Imlek-Indonesia.jpg

Meski perayaan Imlek dan Cap Go Meh tidak dilaksanakan di Singkawang tahun ini, namun untuk ritual keagamaan (sembahyang leluhur) masih boleh dilaksanakan sepanjang memperhatikan protokol kesehatan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh salah satu tatung dari Perkumpulan Datu’ Kurata Singkawang, Herman.

“Untuk ritual keagamaan kan pemerintah tidak larang, sepanjang ritualnya dilaksanakan di rumah atau kelenteng masing-masing,” jelas Herman.

Baca Juga: Merayakan Mewahnya Tahun Baru Imlek di Dubai

Baca Juga: Enam Tradisi Unik Perayaan Imlek di Berbagai Negara

Baca Juga: Inspirasi Empat Gaya Sneakers Warnai Hari Imlek




Share To


inggil

inggil

Feb. 11, 2021, 5 p.m.


tags : Pandemi Covid-19 Singkawang Hari Imlek Vihara Tri Dharma Bumi Perayaan Imlek di Singkawang


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA