Ilustrasi-atasi-ruang-penyimpanan-tidak-penuh.jpg

Tips Atasi Ruang Penyimpanan yang Penuh

oleh: rachli Technology Friday, 3 January 2020 15:00 p.m.


Mancode - Kapasitas ruang penyimpanan atau storage menjadi salah satu bahan pertimbangan setiap orang ketika ingin memiliki ponsel pintar. Bagaimana tidak, dengan semakin meningkatnya kemampuan kamera, tentu setiap momen ingin diabadikannya, dan akibatnya menurun pula kapasitas ruang penyimpanannya.

Jika ruang penyimpanan penuh, Mancoders tidak bisa melakukan pengambilan gambar. Hal itu biasanya akan muncul pemberitahuan terkait ruang penyimpanan penuh di layar smartphone, dan harus menghapus beberapa file untuk menguranginya.

Baca Juga: OpenSignal Rilis Jaringan Seluler Desember 2019

Merangkum dari Male.co.id (3/1/2020), ada beberapa langkah untuk menanggulangi ruang penyimpanan yang penuh.

Unggah ke media sosial

Media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan foto maupun video. Namun perlu diketahui, beberapa media sosial tidak menyediakan pengaturan privat sehingga foto atau video yang diunggah dapat dilihat oleh setiap orang.

Namun ada keuntungan dari mengunggah ke media sosial, yakni jika ada orang lain yang berada di dalam foto atau video tidak perlu mengirimi satu per satu. Cukup dengan men-tag dari masing-masing pemilik akun media sosial agar mendapat akses pada foto atau video yang diunggah.

Simpan di cloud

Layanan komputasi awan sangat berguna untuk menyimpan foto atau video agar ruang penyimpanan tidak penuh. Mancoders bisa memanfaatkan layanan seperti Google Photos, iCloud untuk iOS, Dropbox dan sebagainya.

Baca Juga: Nintendo Switch Jadi Gadget Terbaik 2019 Versi Time

Bawa penyimpanan cadangan

Jika memang hobi fotografi dan merasa ruang penyimpanan di smartphone tidak mumpuni, tidak ada salahnya untuk membawa ruang penyimpanan cadangan. Pilih ruang penyimpanan cadangan yang mudah dibawa dan tidak memberatkan, seperti kartu memori atau flashdisk OTG (on-the-go).

Pilih foto terbaik

Saat berfoto, seringkali mengambil beberapa shot atau angle, dan itu juga belum tentu disukai. Pilih beberapa foto yang disukai dari setiap momen untuk disimpan sendiri. Cara ini cukup menghemat ruang penyimpanan di smartphone, dan tidak perlu menyimpan sekaligus foto yang sama.

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Pemesanan Obat, GoApotik

Kosongkan galeri foto

Ketika ingin pergi berkumpul atau berlibur panjang, pastikan ruang penyimpanan smartphone sudah bersih dari foto atau video yang tidak diperlukan. Ada baiknya mengosongkan galeri foto dan memindahkannya ke tempat penyimpanan lain, seperti laptop dan sebagainya.


Share To


rachli

rachli

Jan. 3, 2020, 3:02 p.m.


tags : ruang penyimpanan penuh cloud storage galeri foto ruang penyimpanan smartphone media sosial


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 21 September 2020 12:00 p.m.

Sounday Coba Raih Peruntungan di Industri Musik Tanah Air

Life Style 21 September 2020 10:00 a.m.

Melihat Lebih Detail Kecanggihan All-New Audi A6

Entertainment 21 September 2020 9:00 a.m.

Fina Phillipe, Presenter Cantik Doyan Touring Jarak Jauh

Entertainment 19 September 2020 9:00 a.m.

Tandai 17 Tahun Berkarya, D’Masiv Rilis Album Terbaru