Ciri Psikopat.jpg

Cara Mengetahui Apakah Kamu Seorang Psikopat

oleh: fachrul Life Style Tuesday, 19 November 2019 10:00 a.m.


Jutaan orang baru-baru ini berbondong-bondong ke bioskop untuk menonton Joker, kisah asal-usul musuh bebuyutan Batman. Banyak yang berkomentar bahwa film ini adalah potret seorang psikopat umumnya. Tapi mungkin pertanyaan yang lebih besar adalah berapa banyak di antara penonton yang memiliki sifat serupa? Memang, mungkinkah kamu juga seorang psikopat?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu memeriksa kriteria diagnostik untuk psikopati yang disajikan dalam PCL-R, yang dikembangkan oleh Robert Hare pada 1970-an.

Berkat Robert Hare, para ahli dapat menggunakan PCL-R untuk menilai apakah seseorang menunjukkan kriteria psikopati. Diperkirakan, sekitar satu persen dari populasi memenuhi syarat, walaupun persentasenya diperkirakan jauh lebih tinggi di antara populasi penjara (25 persen) dan kepala eksekutif perusahaan (21 persen).

Psikopat absolut atau prototipikal akan menghasilkan skor maksimum 40 dari daftar periksa 20-item Hare, sementara skor nol akan menunjukkan seseorang tanpa kecenderungan psikopat. Orang-orang dengan skor 30 atau lebih harus memenuhi syarat untuk penilaian lebih lanjut dan indikasi psikopati, sementara banyak penjahat skor antara 22 dan 30. Akibatnya, psikopati mungkin paling baik dilihat sebagai spektrum, dengan kita semua menunjukkan beberapa sifat pada beberapa titik di hidup.

Pada akhirnya, kita tidak dapat berasumsi bahwa metode pengasuhan yang keras, misalnya akan membuat kita menjadi psikopat. Perdebatan alam versus pengasuhan telah lama dibahas dalam kaitannya dengan psikopati dan belum ada jawaban yang jelas. Tetapi, baru-baru ini telah disarankan bahwa sementara kecenderungan genetik sangat penting bagi seseorang untuk menunjukkan sifat-sifat psikopati, beberapa faktor lingkungan, seperti trauma, pelecehan dan penolakan oleh orang yang dicintai, dapat menentukan jalannya gangguan.

Kita juga tidak boleh berasumsi bahwa seseorang yang cocok dengan kriteria PCL-R adalah psikopat. Kita juga harus ingat bahwa tidak semua psikopat adalah penjahat. Banyak profesional yang sukses, sehingga skor PCL-R yang tinggi tidak serta-merta membuat kita berbahaya atau membunuh. Patrick Bateman, pahlawan anti darah dari novel Brett Easton Ellis tahun 1991 yang terkenal dengan darah, tentu saja adalah seorang psikopat, tetapi tidak semua psikopat adalah Patrick Bateman.

Namun demikian, psikopat jelas relatif umum, jadi bagaimana kita bisa menemukannya? Lagi pula, jika seseorang adalah seorang psikopat, mereka jarang akan menerimanya atau menyebarluaskan faktanya.

Tes Psikopat

Karakteristik pertama seorang psikopat menurut PCL-R adalah pesona yang fasih dan dangkal. Tentu saja, ini bisa menjadi karakteristik yang tampaknya positif. Namun ini bukan sifat yang dimotivasi oleh minat atau empati yang tulus terhadap orang lain, tetapi memungkinkan psikopat untuk memikat dan memanipulasi orang-orang di sekitar mereka, dari rekan kerja hingga pasangan romantis. Penerangan gas yang membuat orang lain mempertanyakan tindakan dan keyakinan mereka sendiri, mungkin merupakan strategi yang disukai.

Karakteristik kunci lainnya adalah rasa harga diri yang luar biasa. Tentu saja, rasa percaya diri atau kepercayaan diri yang mendalam ini dapat menjelaskan mengapa begitu banyak psikopat tampak berkembang dalam dunia bisnis yang kejam. Sayangnya untuk kolega dan "teman" mereka, bagaimanapun, psikopat juga cenderung membuat diri mereka terlihat lebih baik dengan meremehkan orang-orang di sekitar mereka dan mungkin berbohong secara patologis serta mengawasi narsisis.

Kriteria lain pada daftar periksa PCL-R termasuk kurangnya penyesalan atau rasa bersalah, tidak berperasaan, gaya hidup parasit dan perilaku seksual bebas. Singkatnya, psikopat cenderung menjadi pengambil risiko dan cenderung tidak menunjukkan atau merasa takut.

Tetapi mereka tidak selalu operator yang keren. Salah satu karakteristik yang jelas dan umum adalah kontrol perilaku yang buruk, yang mungkin terkait dengan psikopat yang lebih cenderung memiliki riwayat kenakalan remaja. Psikopat cenderung memiliki mata yang baik untuk melihat dan meniru bagaimana orang lain berperilaku, tetapi mereka mungkin juga memiliki ledakan perilaku antisosial.

Berdasarkan hal di atas, bahwa Joker atau setidaknya Arthur Fleck, pria di balik makeup hanya seorang psikopat batas, dengan masalah kesehatan mental lainnya yang akan memerlukan penyelidikan lebih lanjut terlebih dahulu. Tentu saja, ada lebih banyak psikopat kehidupan nyata yang akan mendapat skor lebih tinggi dalam tes Hare.

Pertanyaan kuncinya adalah, berdasarkan hal di atas, apakah kamu mungkin salah satu dari mereka dan bagaimana kamu bisa menggunakan sifat dan keterampilan tersebut.

Baca Juga: Algoritma Kecerdasan Buatan Ini dapat Prediksi Kematian Manusia


Share To


fachrul

fachrul

Nov. 19, 2019, 10:40 a.m.


tags : Joker Calli Tzani-Pepelasi Robert Hare PCL-R Patrick Bateman Psikis Riset Psikopat


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Technology 6 December 2019 15:00 p.m.

Trend Micro Tema Utama Keamanan Siber Masa Depan

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru