CARRO Square-2.jpg

Cara Hindari Kerugian Saat Membeli Mobil Bekas

oleh: galih Life Style Tuesday, 25 January 2022 8:00 a.m.


Mancode – Membeli mobil bekas tak bisa dilakukan sembarangan. Para calon pembeli diharuskan lebih jeli dan teliti dalam mengecek kondisi mobil yang akan dibeli. Jangan sampai, mobil yang dibeli justru bisa merugikan karena beberapa hal, seperti surat-surat tak lengkap, kerusakaan yang tak terdeteksi, dan masih banyak lagi.

Agar terhindari dari kerugian tersebut, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan disiapkan sebelum membeli mobil bekas. Mengutip siaran pers CARRO, berikut empat hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari kerugian:

1. Lakukan Survei Menyeluruh


Ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas, kamu harus meluangkan waktu untuk melakukan survei. Pertama, cari tahu harga pasar dari mobil bekas yang ditaksir dan coba membandingkan dengan kandidat lainnya demi mendapatkan harga terbaik.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencari tahu informasi terkait sang penjual mobil bekas. Cari tahu rekam jejak transaksinya dan baca testimoni dari pelanggan-pelanggan yang pernah membeli mobil darinya. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan aman.

2. Cek Kelengkapan Surat dan Asuransi Mobil

Setelah melakukan survei, kamu akan bertemu dengan sang penjual mobil bekas. Di sinilah kesempatan untuk mengecek dokumen kepemilikan dari mobil bekas yang akan dibeli. Pastikan STNK dan BPKB dari mobil bekas itu asli dan nama yang tertera sesuai dengan pemiliknya. Selain itu, pastikan pula kewajiban pajak yang di bayar tepat waktu oleh sang pemilik sebelumnya.

Jangan lupa juga cek ketersediaan asuransi dari mobil bekas tersebut. Cek apakah pemilik lama menggunakan asuransi terhadap mobil bekas tersebut dan jika iya, pastikan asuransinya masih berlaku.

3. Cek Kualitas Mobil

Sebelum memutuskan membeli mobil bekas yang diinginkan, pastikan kamu telah mengecek kualitas mobil tersebut. Cara pertama adalah dengan mengecek kondisi dan kelengkapan komponen yang ada di interior dan eksterior mobil.

Untuk interior, pastikan AC, lampu, head unit, speedometer hingga wiper berfungsi dengan baik. Pada bagian eksterior, Anda bisa memastikan kerusakan (baret, penyok) jika memang ada dan seberapa parahnya. Lalu, pastikan juga lampu mobil, baik depan maupun belakang, masih menyala dengan terang. Jangan lupa juga untuk cek seluruh kompartemen mesin mobil, pastikan semua berfungsi dengan baik.

4. Gunakan Platform Jual Beli Mobil Terpercaya

Agar tidak perlu melakukan survei menyeluruh secara manual dan menghindari kerugian, pilihlah platform jual beli mobil yang terpercaya. Salah satunya adalah CARRO. Kamu tak perlu khawatir soal kelengkapan dokumen kepemilikan karena CARRO telah memastikan seluruh mobil bekas yang dijual memiliki dokumen kepemilikan dan riwayat servis yang lengkap.

Tak hanya itu, semua mobil bekas yang dijual telah melewati 150 titik inspeksi dengan jaminan bebas banjir, bebas kecelakaan, bukan mobil curian, dan tidak ada kerusakan akibat air atau api. Seluruh riwayat mobil dan hasil inspeksi dapat dilihat hanya dengan memindai QR Code yang tersedia pada setiap mobil.

Baca Juga: CARRO Hadirkan Layanan Terintegrasi CARRO Square di Pondok Indah

Baca Juga: CARRO Perkuat Layanan Jual Beli Mobil Bekas Lewat Fitur Talkbot

Baca Juga: Sonax Indonesia Luncurkan Coating Xtreme Ceramic Series




Share To


galih

galih

Jan. 25, 2022, 8 a.m.


tags : CARRO Indonesia Tips Membeli Mobil Bekas Pasar Mobil Bekas Mobil Bekas Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE