Ilustrasi pengawasan orang tua penggunaan gawai pada anak.jpg

Cara Bijak Kelola Penggunaan Teknologi pada Anak

oleh: rachli Technology Thursday, 30 January 2020 8:00 a.m.


Mancode - Seiring dengan perkembangan teknologi, tentu hal tersebut juga akan semakin mempermudah aktivitas kehidupan manusia. Namun, di sisi lain teknologi juga dapat merugikan seseorang jika dalam penggunaannya tidak dilakukan dengan benar.

Hal ini penting dan bisa menjadi masalah serius terutama bagi orang tua yang mengkhawatirkan anak-anaknya. Dengan banyak informasi yang tersebar di internet, setiap orang tua tentu memiliki kekhawatiran atas efek kecanggihan teknologi pada anak-anak mereka.

Baca Juga: 5 Petinggi Teknologi Ini Batasi Gadget pada Anak

Menyikapi hal tersebut, peran orang tua tidak bisa melarang penggunaan teknologi secara menyeluruh. Namun, sebatas memantau penggunaannya. Berikut ini beberapa tips membuat anak memahami cara yang tepat memanfaatkan penggunaan teknologi:

Menjaga intensitas komunikasi sehari-hari

Komunikasi merupakan aspek penting dalam mengasuh anak. Orang tua perlu membangun kepercayaan agar anak merasa nyaman. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mendidik anak, termasuk dalam hal penggunaan teknologi.

Ketika anak telah memiliki rasa kepercayaan, mereka akan memperlakukan orang tua sebagai penasihat yang dihormati, bukan sebagai diktator. Orang tua harus memiliki quality time bersama anak melalui pemakaian gawai, semudah memberikan tips saat mereka bermain game dan melakukan panggilan video atau hanya SMS sehari-hari. Hal sederhana tetapi ampuh untuk membuat orang tua menjadi lebih dekat dengan anak.

Baca Juga: Tips Atasi Ruang Penyimpanan yang Penuh

Membatasi penggunaan teknologi

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, tidak terkecuali dalam hal teknologi untuk anak. Meskipun sebatas memantau aktivitas, bukan berarti anak terhindar dari risiko kecanduan bermain gawai. Ada banyak cara untuk membatasi penggunaan teknologi pada anak.

Orang tua dapat membuat jadwal kapan anak dapat dengan bebas menggunakan teknologi, hanya saat akhir pekan misalnya. Orang tua juga bisa memperlakukannya sebagai reward ketika anak mendapatkan nilai bagus atau saat mereka melakukan perbuatan baik.

Melakukan aktivitas bersama

Ada banyak cara untuk mengajarkan anak tentang cara memanfaatkan teknologi dan cara terbaik adalah dengan menggunakannya bersama. Dengan melakukannya, tidak perlu khawatir penetrasi teknologi akan menjauhkan dengan anak karena orang tua masih terlibat dalam aktivitas online anak.

Baca Juga: Sebaiknya Pilih Smartphone Sesuai Kebutuhan

Orang tua akan membuat anak merasa selalu bersama, yang juga membuat orang tua merasa aman saat mereka menggunakan teknologi. Beragam aktivitas yang dapat dilakukan bersama anak termasuk bermain game atau belajar menggunakan aplikasi.


Share To


rachli

rachli

Jan. 30, 2020, 8 a.m.


tags : Penggunaan Teknologi Cara Bijak Kelola Penggunaan Teknologi Pada Anak menggunakan teknologi Gawai Gadget perkembangan teknologi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global