Solusi-Maskne.jpg

Cara Atasi Maskne, Fenomena Muncul Jerawat Akibat Masker

oleh: inggil Life Style Wednesday, 15 September 2021 17:00 p.m.


Mancode - Pandemi covid-19 yang tak kunjung usai mengharuskan setiap orang harus memakai masker saat bepergian. Sudah lebih satu tahun masker wajib kita pakai saat keluar rumah, tentu wajah kita pasti akan mengalami perubahan. Selama ini mungkin kita menganggap jika kulit aman-aman saja, tapi jangan hiraukan pula jika nantinya banyak jerawat wajah muncul terutama setelah memakai masker.

Memakai masker memang seharusnya melindungi wajah tapi jika dilakukan secara rutin ternyata juga ada efek sampingnya. Istilah khusus untuk kondisi ini alah Maskne alias Mask Acne. Sebuah fenomena di mana jerawat tiba-tiba muncul di area wajah yang tertutup masker. Terutama di bagian pipi dan dagu.

Maskne bisa terjadi karena adanya gesekan antara masker dan wajah yang menyebabkan iritasi dan peradangan. Hingga akhirnya memicu timbulnya jerawat. Selain itu, masker juga dapat menjebak hawa panas sehingga ketika bernapas saja maka akan muncul keringat dan meningkatkan kelembapan. Hal ini membuat kuman dan bakteri akan berkembang biak.


Solusi-Maskne-2.jpg

Demi mencegah terjadinya Maskne maka kalian perlu melakukan beberapa pencegahan. Salah satunya ialah selalu cuci masker kain setelah digunakan dengan deterjen hipoalergenik. Gunakan juka krim atau gel antibiotic sebelum memakai masker. Selain itu, penelitian dari American Academy of Demartologu Association juga menyarankan melepas masker selama 15 menit setelah memakainya selama 4 jam.

Kemudian pilih masker yang pas di wajah namun tak terlalu ketat, memiliki dua lapisan atau lebih sesuai standar, dan dibuat dari kain yang lembut serta alami seperti katun. Terakhir, jangan lupa mencuci muka setelah melepas masker.

Solusi-Maskne-3.jpg

Jika Maskne sudah terlanjur muncul maka kalian harus lebih telaten dalam merawat wajah. Supaya tidak bertambah buruk lagi efeknya.

Berikut ini beberapa cara jika jerawat sudah terlanjur muncul akibat memakai masker:

  • Rutin mencuci muka di pagi hari, setelah memakai masker, dan malam hari.
  • Gunakan pembersih yang lembut untuk mencegah berkembangnya bakteri. Pilih yang tidak ada kandungan alkohol.
  • Sebisa mungkin hindari pemakain make-up. Terlebih jika iritasi jerawat sedang parah-parahnya. Make-up seperti foundation, concealer, dan blusher bisa menyumbat pori-pori sehingga bisa menghambat kesembuhan.

Selain melalui upaya pencegahan dan penanganan, jangan lupa untuk menghindari stres, karena bisa membuat wajah kalian semakin meredup. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan sehat supaya wajah sehat bersinar, tubuh juga tetap bugar.

Baca Juga: Cara Sederhana Merawat Kulit Wajah Sebelum Tidur

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Pria

Baca Juga: 4 Tips Merawat Jenggot dengan Tepat




Share To


inggil

inggil

Sept. 15, 2021, 5 p.m.


tags : Tips Atasi Maskne Pengertian Maskne Penyebab terjadinya Maskne Cara Mengatasi Maskne Solusi Atasi Maskne


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 21 October 2021 7:00 a.m.

Cerita Perjumpaan Turbokidz dalam “Tak Terbatas”

Entertainment 8 October 2021 6:00 a.m.

Menerka Kehilangan Bersama Duara dalam “Hilang”