Cara Atasi Cegukan Saat Berpuasa Tanpa Membatalkannya.jpg

Cara Atasi Cegukan Saat Berpuasa Tanpa Membatalkannya

oleh: rachli Life Style Monday, 4 May 2020 13:00 p.m.


Mancode - Bagaimana rasanya jika mengalami kondisi cegukan saat berpuasa? Ya, tentu tidak nyaman bukan. Biasanya, solusi untuk menghilangkan kondisi seperti itu dilakukan dengan cara meminum satu gelas air sembari menutup hidung, yang dimaksudkan untuk mencegah udara masuk sesaat.

Cegukan atau singultus bisa menimbulkan tekanan di bagian dada, perut, dan tenggorokan. Cegukan timbul karena otot yang memisahkan perut dan dada pada diafragma berkontraksi tanpa sengaja. Diafragma berfungsi pada sistem pernapasan manusia.

Pada saat cegukan, otot diafragma berkontraksi secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan udara terlalu cepat masuk ke dalam paru-paru. Cegukan bisa membuat katup saluran pernapasan menutup. Biasanya, bagi yang mengalami kondisi cegukan akan mengeluarkan suara “hik”.

Mengutip dari laman Fimela (2/5/2020), berikut ini cara mengatasi cegukan jika saat sedang berpuasa.

Menahan Napas

Boleh dikatakan cara ini cukup populer untuk menghilangkan cegukan. Ya, cara mengatasi cegukan yang pertama tanpa membatalkan puasa bisa dilakukan dengan menahan napas beberapa detik. Dengan cara menahan napas beberapa detik, cegukan akan berhenti dan sembuh.

Hal pertama yang dilakukan adalah mengambil napas dalam-dalam, kemudian tahan sekitar 10 detik. Selanjutnya, hembuskan napas secara perlahan melalui mulut. Ulangi cara ini hingga empat kali. Jika cegukan belum reda, kembali ulangi langkah-langkah ini setiap 20 menit.

Duduk Memeluk Lutut

Duduk memeluk lutut merupakan cara sederhana yang bisa membantu mengatasi cegukan tanpa membatalkan puasa. Mengatasi cegukan dengan cara ini bisa membantu memberi tekanan pada area diafragma, sehingga udara yang terjebak pada diafragma akan keluar.

Caranya diawali dengan mengambil posisi duduk dengan menekuk kedua kaki ke atas setara dengan dada. Kemudian peluk lutut dengan mencondongkan badan ke depan, seperti meringkuk. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih dua menit. Jika belum teratasi, bisa mengulanginya sembari gerakan menahan napas.

Memijat Pembuluh Darah Pada Leher

Memijat pembuluh darah pada leher bisa menjadi cara selanjutnya atasi cegukan tanpa membatalkan puasa. Pada kedua sisi leher terdapat pembuluh darah, yang dikenal dengan nama arteri karotis. Pembuluh darah ini memiliki fungsi untuk mengalirkan darah ke otak.

Cara yang dilakukan dengan memutar kepala ke kiri sambil berbaring, kemudian pijat pembuluh darah dari arah kanan leher dengan gerakan memutar. Memijat pembuluh darah pada leher untuk atasi cegukan ini, bisa dilakukan selama kurang lebih lima hingga 10 detik.

Memijat Telapak Tangan

Cara menghilangkan cegukan tanpa membatalkan puasa bisa dilakukan dengan memijat telapak tangan. Cara ini dilakukan dengan menekan telapak tangan dengan menggunakan ibu jari, atau menekan bagian bawah ibu jari yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Jika pada saat menekan telapak tangan terasa sakit, artinya sistem saraf sedang mengalami gangguan. Sehingga pijatlah telapak tangan beberapa kali agar sembuh.

Menjulurkan Lidah

Menjulurkan lidah juga bisa menjadi cara mengatasi cegukan tanpa membatalkan puasa. Caranya sangatlah mudah. Julurkan lidah dan tarik lidah keluar untuk membantu merangsang saraf di tenggorokan. Kemudian pegang bagian ujung lidah. Ulangi gerakan ini hingga cegukan hilang.

Baca Juga: Jaga Stamina Puasa Ramadhan dengan Konsumsi Makanan Seimbang

Baca Juga: Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi

Baca Juga: Olahraga yang Cocok Saat Karantina Virus Corona


Share To


rachli

rachli

May 4, 2020, 1 p.m.


tags : singultus cegukan saat berpuasa Tips Membatalkan Puasa Berpuasa cegukan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'