Hyundai Ioniq 5-2.jpg

Canggihnya Fitur V2L Hyundai Ioniq 5, Bisa Nyalakan Listrik Acara Musik hingga Nobar

oleh: galih Life Style Friday, 24 June 2022 13:00 p.m.


Mancode - Ada fitur menarik yang tersemat dalam mobil listrik Hyundai Ioniq 5. Fitur V2L (Vehicle to Load) namanya. Fitur ini sangat cocok digunakan bagi para pengendara yang gemar bertualang, khususnya di alam bebas.

Ya, fitur V2L pada Ioniq 5 ini diibaratkan seperti powerbank berjalan yang bisa digunakan untuk mengalirkan daya listrik ke perangkat elektronik dan lainnya. Daya listrik yang disalurkan pun cukup besar hingga mencapai 3,6 kW atau 3.600 watt.

Teknologi ini adalah yang terbaru dan belum pernah ada sebelumnya, di mana dapat terimplementasikan berkat platform khusus yang dikembangkan oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan listrik berbasis baterai atau BEV.


Mancode.id pun melihat secara langsung kinerja dari fitur V2L pada Ioniq 5 dalam kegiatan bertajuk Recharge Your Life With Hyundai IONIQ 5 di kawasan Cikole, Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/6/2022).


20220623_102551.jpg


Dalam kegiatan tersebut, ada sejumlah perangkat elektronik, yang mana semuanya ditenagai menggunakan fitur V2L dari lima unit IONIQ. Mulai dari set hiburan untuk kelompok musik atau band yang membutuhkan daya sebesar 3.000 watt.

Lalu, ada set kegiatan nonton bareng atau nobar sebesar 2.500 watt; serta berbagai perangkat lain seperti penerangan dari lampu utama, lampu dekorasi, hingga audio system dengan daya listrik maksimal sekitar 3.400 watt.

Besaran daya baterai kendaraan istrik yang dialokasikan untuk mentenagai semua perlengkapan tersebut selama kurang lebih 4- 5 jam adalah rata-rata sekitar hampir 3%.

Kesekan harinya, lima unit IONIQ 5 kembali digunakan untuk memasok daya listrik ke lebih banyak lagi perangkat elektronik, di samping tetap terus mentenagai perlengkapan esensial seperti lampu dekorasi dan perangkat audio system yang membutuhkan daya listrik maksimal sekitar 3.400 watt.

Tambahan kegiatan pada hari kedua ini adalah mencakup pengenalan dan praktik latte art yang setidaknya membutuhkan perangkat kompor listrik, dua teko listrik, dan dua coffee grinder dengan total kebutuhan daya listrik sebesar hampir 3.200 watt.

Kemudian dioperasikan juga empat unit mesin treadmill dalam kegiatan olahraga lari dengan kebutuhan daya listrik sekitar 2.500 watt. Semua kegiatan tersebut, hanya mengkonsumsi rata-rata sekitar 2% dari daya baterai kendaraan listrik yang digunakan untuk durasi sekitar 4-5 jam.

Setelah kegiatan selesai, para peserta kemudian juga siap untuk melakukan perhitungan efisiensi Ioniq 5 yang menjadi tantangan sejak hari pertama, yaitu menyelesaikan perjalanan rute Jakarta-Bandung-Jakarta tanpa melakukan pengisian ulang daya kendaraan listrik mereka masing-masing sama sekali.

Contohnya mobil Ioniq 5 yang dikendarai tim Mancode. Ketika mobil Ioniq yang dikendarai hingga ke Jakarta, baterai mobil masih tersisa 26 persen.

Baca Juga: Jajal Kecanggihan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Baca Juga: Hyundai Rilis Tampilan Visual Stargazer untuk Pasar Indonesia




Share To


galih

galih

June 24, 2022, 1 p.m.


tags : Hyundai Indonesia, Mobil Listrik Fitur V2L Ioniq 5 Hyundai Ioniq 5 Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE