Jetson ONE.jpg

Canggih! Jetson Produksi Pesawat Listrik, Sudah Bisa Dipesan

oleh: galih Technology Tuesday, 26 October 2021 10:00 a.m.


Mancode – Kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik memang tengah digenjot produksinya di seluruh dunia. Tak hanya mobil, ternyata pesawat terbang juga kini sudah mulai menggunakan tenaga listrik. Seperti yang dikembangkan startup asal Swedia, Jetson. Mereka baru saja memperkenalkan pesawat listrik single seater berteknologi Vertical Take-off and Landing (eVTOL) bernama Jetson ONE.

Pesawat tersebut sudah dikembangkan sejak musim semi 2018 lalu. Di mana awalnya, perusahaan membuat konsep dan prototipe yang terus dikembangkan. Selama tiga tahun pengembangan, akhirnya pesawat listrik single seater ini bisa diterbangkan. Bahkan, mereka telah memamerkan rekaman menakjubkan pesawat listrik ini mengudara dengan berbagai manuver.

“Misi kami adalah membuat penerbangan tersedia untuk semua orang. Jetson adalah helikopter listrik yang dapat Anda miliki dan terbangkan. Kami bermaksud menjadikan semua orang sebagai pilot,” kata Ternström, Presiden Jetson seperti dikutip futurride.com, Selasa (26/10/2021).


Jetson ONE-2.jpg

Menurut Jetson, pasar kendaraan udara pribadi listrik relatif baru, dengan perkiraan 170 perusahaan di dunia mencoba membangun mobil terbang saat ini. Dari 170 perusahaan, hanya ada tujuh yang berhasil menghadirkan pesawat listrik dengan penerbangan yang layak, seperti Airbus dan Google. Namun, hanya ada dua perusahaan yang saat ini menawarkan produk yang dipasarkan kepada publik.

Dalam mengembangkan pesawat listrik ini, Jetson sangat memprioritaskan keselamatan pilot. Untuk itu, mereka melengkapi pesawatnya dengan berbagai fitur keselamatan. Seperti kerangka pesawat yang terispirasi dari mobil balap, dilengkapi dengan delapan motor listrik, parasut balistik, pelacakan medan dengan sensor lidar, komputer penerbangan triple-redundant dan lainnya.

Dibandingkan dengan produk lain di pasaran, Jetson mengatakan pesawat yang dikembangkannya hampir tidak memerlukan perawatan. Selain ringkas, pesawat ini juga diklaim memiliki teknologi isi daya ulang listrik lebih cepat dibanding dengan smartphone.

“Jetson ONE dibangun di sekitar kerangka ruang aluminium kaku dengan delapan motor listrik yang kuat,” kata Tomasz Patan, Chief Technical Officer Jetson.

“Ini menggunakan serat karbon komposit dan komponen cetak 3D mutakhir, menjadikannya desain yang sangat ringan. Hal ini juga dilengkapi dengan banyak fitur keselamatan termasuk sistem propulsi berlebihan dan parasut balistik. Ini adalah mimpi untuk terbang,” tambahnya.

Jetson ONE-1.jpg

Secara dimensi, pesawat ini memiliki dimensi 2.845 mm, 2.400 mm, dan 1.030 mm, dengan lebar saat dilipat 900 mm. Sedangkan bobot kosongnya hanya mencapai 40 kilogram. Dilengkapi dengan delapan motor listrik tipe brushless outrunner, pesawat ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal 88 kW dan membuat pesawat melesat hingga level 102 km/jam (63 mph).

Sedangkan untuk dayanya, tersemat baterai lithium-ion debit tinggi yang mampu menerbangkan pesawat selama 20 menit di udara. Kontrol penerbangan dilakukan dengan joystick tiga sumbu dan tuas throttle, dengan informasi pengoperasian kendaraan ditampilkan oleh ponsel cerdas.

Jetson mengkalim pesawat listriknya sudah terjual habis untuk produksi 2022, tetapi perusahaan sekarang menerima keran pemesanan untuk 2023. Produksinya direncanakan akan dimulai selama musim panas 2022. Sedangkan harganya mencapai 92.000 dollar AS atau setara Rp1,2 miliaran. Mancoders tertarik memilikinya?

Baca Juga: Jepang Uji Coba Robot Pengiriman Otomatis

Baca Juga: Goodyear Kembangkan Ban Mobil yang Bisa “Berbicara”

Baca Juga: Lima Fakta Menarik Matahari Buatan China




Share To


galih

galih

Oct. 26, 2021, 10 a.m.


tags : Jetson ONE Pesawat eVTOL Pesawat Listrik Startup Swedia Pesawat Listrik Single Seater Jetson Technology


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 1 December 2021 12:00 p.m.

Kadet 1947 Jadi Film Terlaris di Sejumlah Bioskop Tanah Air

Entertainment 30 November 2021 9:00 a.m.

Lionel Messi Kembali Rebut Gelar Ballon d’Or 2021

Life Style 11 November 2021 12:00 p.m.

Pameran Otomotif GIIAS 2021 Resmi Dibuka