IFW 2020-usung-tema-Borneo.jpg

Borneo Jadi Inspirasi Tema Indonesia Fashion Week 2020

oleh: rachli Fashion Style Thursday, 13 February 2020 11:00 a.m.


Mancode - Indonesia Fashion Week (IFW) 2020 siap digelar. Ajang fashion yang digelar untuk kesembilan kalinya ini akan berlangsung pada 1-5 April 2020 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC). Tahun ini, IFW mengusung tema Tales of the Equator – Treasure of the Magnificent Borneo.

Kalimantan dipilih kembali sebagai tema IFW 2020 atas dasar pemikiran Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Pihak APPMI ingin mengangkat keanekaragaman budaya dari suku Dayak, Kutai dan Banjar.

Baca Juga: Muslim Fashion Festival Indonesia

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Umum APPMI, Poppy Dharsono dalam sambutan konferensi pers Road to IFW 2020 di Plataran Hutan Kota Jakarta (12/2/2020), tema tersebut dipilih kembali karena pulau Kalimantan adalah sumber inspirasi persembahan ke mata dunia.

“Tema ini merupakan komitmen pada APPMI untuk mendukung kemajuan dan pengembangan promosi khasanah kekayaan budaya Indonesia. Kalimantan adalah wilayah yang budayanya sangat kaya, seolah tidak pernah habis untuk dijadikan inspirasi industri fashion,” katanya.

Poppy Dharsono-President of IFW.jpg

Poppy melanjutkan, pakaian berkonsep ready to wear, kontemporer hingga modest fashion akan ditransformasikan oleh para desainer dalam karya-karya yang tetap mempertahankan budaya dan menyematkan sentuhan identitas modern.

Baca Juga: Deretan Penampil Keren di Java Jazz Festival 2020

Jika hal tersebut dapat disatukan, maka karya-karya indah dan mengagumkan yang terinspirasi dari keberagaman pulau Kalimantan akan tercipta. Menurut Poppy pula, perlindungan budaya dan sejarah Indonesia ini bisa semakin meningkat dan berkembang.

Selain untuk mendukung gerakan sustainable fashion, APPMI bekerja sama dengan Indonesia Global Compact Network (IGCN) yang merupakan aliansi dari United Nations. Lewat kerja sama ini akan mengampanyekan gerakan ramah lingkungan yang kini juga menjadi salah satu komitmen industri fashion di Tanah Air.

Baca Juga: Paduan Fashion dan Colonel Sanders dalam Koleksi KFC

Busana yang diperagakan nantinya akan berkonsep hijau (ramah lingkungan) dan minim limbah. Pasalnya, selama ini industri fashion disebut menjadi salah satu penyumbang limbah terbesar (produksi dalam jumlah besar dan cepat).

Dalam acara Road to IFW 2020, Poppy juga memperkenalkan talenta-talenta muda yang berperan besar dalam membawa warna baru di IFW 2020. Mereka adalah Jacky Suharto selaku Director, Shinta Handamari selaku Creative Director, dan Ajeng Swastiari selaku Stylist dalam pembuatan video kampanye IFW 2020.


Share To


rachli

rachli

Feb. 13, 2020, 11:01 a.m.


tags : Borneo Indonesia Fashion Week 2020 Ajang fashion Jakarta Convention Center Industri fashion Poppy Dharsono IFW 2020


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 1 December 2020 10:00 a.m.

Detail Spesifikasi dan Harga Wuling Almaz Limited Edition

Entertainment 1 December 2020 7:00 a.m.

“Takut Nanti Rindu”, Kisah Perjalanan Rinni Wulandari

Life Style 30 November 2020 11:00 a.m.

Ritel Topshop Diambang Penutupan