BlibliMart.jpg

Blibli.com Perkuat Strategi Omnichannel Gapai Pasar Ritel

oleh: rachli Shopping Thursday, 30 January 2020 7:00 a.m.


Mancode - Blibli.com melalui BlibliMart, yang merupakan kategori gorceries ini mengawali peluncuran inovasi omnichannel di 2020 dengan memperkenalkan fitur pengiriman terkini serta toko offline cashless dan cashierless pertama bagi e-commerce.

Kategori BlibliMart memainkan peranan penting di Blibli.com dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Pelanggan dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan dan minuman, perawatan tubuh, hingga kebutuhan rumah tangga.

Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com, Fransisca Krisantia Nugraha mengatakan bahwa proyek perdana toko offline BlibliMart merupakan perwujudan konsep omnichannel Blibli.com. Toko yang bersifat cashless dan cashierless ini didukung oleh teknologi Scan & Go.

Baca Juga: J.CO RUN 2020 Siap Digelar

“Teknologi itu di mana pelanggan dapat menggunakan aplikasi Blibli.com untuk memindai barcode harga di kemasan produk, kemudian langsung membayar belanjaan dengan layanan Go-Pay,” terangnya mengutip keterangan resmi yang diterima Mancode (28/1/2020).

Hadirnya BlibliMart adalah strategi untuk 2020 yang menyinergikan tiga pendekatan utama. Ketiga pendekatan itu adalah memperkuat manajemen rantai pasokan, menyediakan layanan inovatif sesuai kebutuhan pelanggan, dan memperluas kehadiran omnichannel dengan konsep ritel baru.

Bliblimart Pic 3.jpeg

Strategi mumpuni BlibliMart, lanjut Fransisca, membuat pihaknya yakin untuk melanjutkan performa kuat. Dengan demikian, pihaknya menargetkan pertumbuhan order sebesar tiga kali lipat dan kenaikan gross merchandise value (GMV) sebesar 2,5 kali lipat di 2020.

“Hal ini juga didukung dengan adanya perluasan jumlah produk senilai dua kali lipat pada tahun ini,” sambung Fransisca.

Baca Juga: Siap Ganteng Bersama Shopee 2.2 Men Sale di Bro Code Vol.3

Selama tahun 2019, BlibliMart mencatat pertumbuhan order yang kuat sebesar 313 persen dan GMV sebesar 227 persen jika dibandingkan dengan tahun 2018. Pertumbuhan ini didukung oleh kenaikan volume produk senilai 300 persen di periode yang sama.

Sementara itu, Executive Director of Retailer Vertical Nielsen Indonesia, Wiwy Sasongko mengatakan, tren belanja online terus meningkat terlihat dari hasil studi pihaknya yang menunjukkan bahwa jumlah konsumen yang berbelanja online meningkat 29 persen di tahun 2018.

“Itu dibandingkan dua tahun sebelumnya. Mayoritas konsumen ini pun didominasi oleh generasi milenial. Peningkatan ini tidak hanya pada kategori travel dan fashion, namun kini juga terlihat pada kategori FMCG,” katanya.

Baca Juga: Penawaran Menarik Produk Pria di Shopee 2.2 Men Sale

Penerapan strategi omnichannel oleh Blibli.com diperlukan untuk memastikan bahwa e-commerce yang berencana menjadi online superstore bisa memenangkan kompetisi pasar di industri ritel. Strategi ini menyinergikan online dan offline menjadi semakin penting untuk diterapkan.

“Hal ini penting untuk menjawab perubahan perilaku konsumen yang senantiasa mencari kenyamanan, terutama milenial yang sudah terbiasa berbelanja online dan menggunakan sistem pembayaran cashless,” tambah Wiwy.

BlibliMart memastikan kenyamanan berbelanja, ketersediaan produk, dan keterjangkauan harga untuk menjamin kepuasan pelanggan sesuai dengan komitmen Blibli.com pada customer satisfaction first yang dicapai melalui gratis ongkos kirim, 100 persen barang orisinil, 15 hari retur, pengiriman cepat, pembayaran aman, dan layanan konsumen 24/7.


Share To


rachli

rachli

Jan. 30, 2020, 7 a.m.


tags : toko offline BlibliMart Strategi Omnichannel E-commerce Blibli.com


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 18 September 2020 9:00 a.m.

NGK Jadi Pemasok Busi Resmi Motor Trial Sherco

History 18 September 2020 7:00 a.m.

Sejarah Panjang Peringatan Hari Palang Merah Indonesia

Entertainment 17 September 2020 13:00 p.m.

Marina Kaye Gandeng Produser BTS dan Eyelar dalam 'Double Life'

Entertainment 17 September 2020 12:00 p.m.

Adiezty Fersa Rilis Single “Yang Nyata Nyata Saja”