Samsung Galaxy Creator.jpg

Bikin Konten Kekinian dengan Smartphone Sejutaan ala Yoga Arizona

oleh: galih Technology Monday, 7 February 2022 12:00 p.m.


Mancode – TikTok dan Instagram menjadi dua media sosial yang paling banyak diakses dengan smartphone oleh masyarakat Indonesia selama 2021. Tak sekadar scrolling, sebagian nitizen juga kini sudah mulai aktif dalam membuat konten, terutama video pendek ke dalam dua media sosial tersebut.

Membuat konten kekinian dengan smartphone kini memang tengah digemari, terutama bagi kaum milenial. Namun, membuat konten yang menarik dan inspiratif tak semudah yang dibayangkan. Banyak proses yang perlu dilalui, mulai dari riset hingga jenis smartphone yang digunakan.

“Bikin konten itu melibatkan banyak proses, mulai dari riset dengan cari hal-hal trending, ambil foto dan video, hingga editing,” ungkap Yoga Arizona, salah satu content creator ternama di Tanah Air beberapa waktu lalu.


Menurutnya, proses tersebut bisa dilakukan dengan dukungan smartphone. Tak harus mahal, smartphone sejutaan seperti Samsung Galaxy A03, content creator juga bisa menyulap hasil konten dengan maksimal. Terlebih, smartphone ini sudah didukung kamera, baterai dan performa tinggi di kelasnya. "Harganya yang terjangkau banget, bikin siapa aja bisa mulai membuat konten tanpa perlu khawatir harus punya alat-alat lain yang mahal,” ujar Yoga.

Yoga Arizona.jpg

Yoga memberikan tips bagi para content creator pemula dalam menuangkan kreativitasnya membuat content creation hack sampai viral dengan smartphone sejutaan. Apa saja tipsnya?

1. Temukan Ciri Khas

Bagi Yoga, satu hal yang perlu dilakukan dalam membuat konten adalah menetapkan apa yang kita suka atau passion yang kita minati. Hal tersebut pun perlu diimbangi dengan kemampuan untuk mengomunikasikannya ke target audience dengan cara yang unik sesuai dengan gayanya masing-masing.

Jangan lupa, selipkan unsur story telling yang relevan untuk audiens dengan memanfaatkan ide-ide dari hal yang di sekitar kita. Kalau kamu suka konten trick shot, kamu bisa memadukan benda sehari-hari seperti cincin dengan pensil hingga bola dengan baskom.

Biar beda dari yang lain, mungkin kamu bisa merekam dengan first-person POV agar penonton dapat merasakan sulitnya trick shot yang kamu lakukan. Kalau kamu suka konten before-after, kamu bisa foto spot-spot ikonik di kota kamu dan memadukannya dengan foto lama yang kamu temukan di internet.

Supaya hasilnya lebih epic, kamu bisa pakai teknik stop motion dan padukan tampilan spot hasil foto kamu dengan foto-foto lama, sehingga seolah-olah mengajak penonton traveling ke berbagai masa.

2. Ikuti Tren di Media Sosial

Tiap harinya, jutaan konten muncul dari para pengguna media sosial, baik itu di Instagram maupun TikTok. Maka dari itu, supaya konten kamu nggak lewat begitu saja di TikTok atau Instagram Reels, pastikan kamu mengetahui tren-tren apa saja yang sedang terjadi di tiap-tiap media sosial.

Misalnya, supaya kamu bisa masuk for you page (fyp) di TikTok, kamu bisa lihat lagu hingga hashtag #dibaliklayar, #serunyaditiktok, dan #TikTokTainment yang sedang trending.

Jangan lupa, pastikan kamu unggah konten kamu di saat-saat prime time TikTok yang selalu berubah dengan cepat dan berbeda, misalnya hari Senin pukul 12.00-13.00 WIB. Kemudian, Selasa 16.00 dan 20.00 WIB, Rabu pukul 11.00, 20.00 sampai 21.00 WIB, dan waktu yang tepat di masing-masing hari berikutnya.

Lalu, supaya video kamu di Instagram Reels bisa menjangkau lebih banyak orang, mungkin kamu bisa bikin video yang dijahit dari video-video viral lainnya, menciptakan kompilasi yang unik bagi semua orang.

3. Dukungan Kamera

Yoga mengatakan, satu hal yang sering menghambat orang untuk membuat konten adalah mindset bahwa harus punya alat yang canggih dulu baru bisa mulai. Masih banyak yang berpikir bahwa kualitas konten sejalan dengan mahalnya peralatan yang digunakan.

Padahal zaman dulu, banyak konten kreator memanfaatkan platform media sosial dengan teknologi kamera yang belum secanggih saat ini, tapi kualitas konten yang dihasilkan tidak mengurangi esensi dari konten itu sendiri.

Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan Galaxy A03 yang hadir dengan kamera utama 48MP dan kamera depth 2MP serta kamera selfie 5MP. Lebih spesialnya lagi, harganya juga cuma sejutaan, jadi terjangkau untuk banyak orang, khususnya buat yang semangatnya untuk jadi content creator membara tapi minim modal.

Intinya, menurut Yoga, kunci dalam alam membuat konten diperlukan persiapan matang. Salah satunya adalah mencari inspirasi dari tren di berbagai media sosial sembari membuat konsep dan menentukan jenis konten komedi yang akan dibuat, apakah itu lipsync, dancing, atau impersonating.

Pada proses kreatif itu, ia mengandalkan smartphone karena memudahkannya dalam menuangkan ide kapan pun dan di mana pun.

Baca Juga: Cara Bikin Konten di YouTube Shorts, Pesaing TikTok dan Reels

Baca Juga: Tips Bikin Konten Awesome dengan Samsung Galaxy A Series

Baca Juga: Intip Spesifikasi Samsung Galaxy A03, Harganya Hanya Sejutaan




Share To


galih

galih

Feb. 7, 2022, noon


tags : Technology Yoga Arizona Tips Bikin Konten Menarik Bikin Konten dengan HP Sejutaan Tips Bikin Konten Content Creator Smartphone Sejutaan


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA