Air-Kelapa.jpg

Betulkah Minum Air Kelapa Bisa Jaga Daya Tahan Tubuh?

oleh: inggil Life Style Monday, 20 September 2021 13:00 p.m.


Mancode - Saat ini banyak sekali kemasan air kelapa instan yang bertebaran di minimarket. Banyak orang mengatakan jika minum air kelapa mampu membuat daya tahan tubuh makin kuat. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, orang-orang lebih sadar untuk menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi berbagai vitamin dan makan bergizizi.

Kehadiran musim kemarau diiringi gelombang kedua virus corona (SARS-CoV-2) dengan berbagai varian baru yang masih mengancam menjadikan segala upaya menjaga sistem kekebalan tubuh adalah hal yang penting dari segalanya saat ini.

Salah satu nutrisi yang sejak dulu diyakini baik untuk tubuh adalah air kelapa. Lantas, apakah air kelapa benar-benar bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi?


Menanggapi hal ini, Dr. Jenna Macciochi, ahli imunologi dan penulis Immunity: The Science of Staying Well menulis bahwa sistem kekebalan tubuh kita adalah garis pertahanan pertama melawan infeksi dan penyakit.

“Meskipun secara ilmiah tidak ada cara untuk meningkatkan kekebalan Anda, ada perubahan gaya hidup tertentu yang dapat Anda terapkan untuk menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubu yang dapat merespons infeksi dengan tepat dan menyembuhkan serta memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi dalam prosesnya," tulis Dr. Jenna Macciochi dari laman resminya.

Air-Kelapa-2.jpg

Salah satu alternatif gaya hidup yang semakin disukai masyarakat salah satunya adalah dengan mengonsumsi air kelapa. Sebagai minuman yang telah dikonsumsi sejak dahulu kala di Indonesia, air kelapa memang memiliki cita rasa yang enak, menyegarkan dan ternyata juga memiliki beberapa khasiat.

Selain itu, air kelapa ternyata juga memiliki kandungan beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang seringkali tidak cukup dikonsumsi kebanyakan orang.

Senada dengan Jenna, pakar farmakologi dari Universitas Indonesia Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, menjelaskan khasiat utama air kelapa adalah mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh.

“Tubuh yang kekurangan cairan dengan sendirinya menjadi tidak sehat. Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun," ungkapnya.

Selain itu, cairan yang cukup di dalam tubuh juga diperlukan agar sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun dari tubuh, jadi minum lebih banyak dapat membantu mencegah racun yang menumpuk dan berdampak negatif pada sistem tubuh termasuk sistem imun.

“Hal ini juga yang dipraktikkan di pengobatan tradisional. Pengobatan tradisional itu di setiap tempat dan di setiap negara penggunaannya mungkin berbeda-beda. Namun di beberapa tempat di Indonesia, yang saya tahu, ada kepercayaan untuk minum air kelapa pada saat diare. Praktik ini bisa tepat bila tujuannya memang mengganti cairan yang hilang," papar Prof. Tuti.

Air-Kelapa-3.jpg

Di dalam tubuh, air kelapa dan cairan tubuh lainnya menjadi bagian dari darah yang berfungsi membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Oksigen ini diperlukan sistem kekebalan dan sistem-sistem lainnya di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

Selain itu, cairan yang cukup di dalam tubuh juga diperlukan agar sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun dari tubuh. Jadi minum lebih banyak dapat membantu mencegah racun yang menumpuk dan berdampak negatif pada sistem tubuh termasuk sistem imun.

Masih terkait dengan fungsinya untuk memenuhi kebutuhan cairan. Air kelapa merupakan minuman yang baik untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga. Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat.

Baca Juga: Rahasia Kebugaran Tubuh Ala Cristiano Ronaldo

Baca Juga: Mitos atau Fakta? Nasi Dingin lebih Sehat untuk Diabetes

Baca Juga: Ini Manfaat Tidur Telanjang untuk Kesehatan




Share To


inggil

inggil

Sept. 20, 2021, 1 p.m.


tags : Tips Manfaat Air Kelapa Air Kelapa Aman untuk Lambung Air Kelapa Kelebihan Air Kelapa Manfaat Minum Air Kelapa


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 12 October 2021 7:00 a.m.

Noui Rilis "Hometonone" Versi Stripped

Entertainment 5 October 2021 12:00 p.m.

Inilah Line Up Pertama FLAVS 2021