The-Adams.jpg

Bersenandung Ria bersama The Adams

oleh: inggil Entertainment Tuesday, 11 February 2020 16:00 p.m.


Mancode - Jakarta yang saat itu diguyur dengan derasnya hujan dan rasa mager, membuat saya memutuskan untuk mengunci diri di kamar kos dan mendengarkan beberapa playlist lagu. Sembari rebahan menikmati alunan lagu terputarlah lagu Hanya Kau karya The Adams. Ah, sungguh nostalgia rasanya masih teringat jelas bagaimana lagu ini sering kuputar untuk sang hawa pujaanku.

Berbicara soal The Adams, band indie asal Jakarta ini memang mempunyai warna sendiri. Terasa segar dan cerah entah mengapa rasanya selalu ada tanpa mengada. Petikan gitar yang elok dipadukan vokal serta lirik-lirik sederhana namun kena memang hanya The Adams yang bisa membuatmu gila bersenandung ria.

Lahirnya The Adams terasa menjadi pelengkap band-band indie yang bermunculan di era 2000-an kala itu. Satu angkatan dengan The Upstairs, The Brandals, Seringai, dan Goodnight Electric. Kala itu, mahasiswa-mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) sedang ramai-ramainya berkarya di musik dalam mengekspresikan kegundahan.

Nama The Adams semakin menjadi setelah lagunya yang berjudul Konservatif menjadi soundtrack di film Janji Joni karya Joko Anwar. Berceritakan tentang dua insan yang pacaran, Konservatif berhasil menjadi playlist lagu wajib bagi remaja pada masanya.

Perjalanan grup musik asal Jakarta ini pun sempat mengalami jalan panjang. Apalagi, selepas kepergian Beni dan Bimo. Saleh dan Ario saat itu yang masih bertahan sempat bingung atas nasib The Adams selanjutnya. Hingga mereka berdua pun bertemu denegan Gigih, Arfa, dan Tiara. Sehingga, The Adams pun muncul kembali dengan formasi baru.

Bersama formasi baru itu mereka semua pun menghasilkan album kedua The Adams V.205. Katanya, dalam proses pembuatan album tersebut hanya membutuhkan waktu tiga bulan. Dalam album kedua ini, para pendengar berpendapat tidak ada bedanya dengan album sebelumnya, meski suara vokalnya lebih rapat dan instrumentasinya lebih beragam. Toh, biarpun begitu grup musik ini tetap mempunyai keistimewaanya sendiri kepada siapapun yang mendengarkan.

Lebih istimewa lagi, pada album kedua The Adams itu juga masuk dalam daftar Album Terbaik Indonesia sepanjang masa urutan 112 versi majalah Rolling Stone Indonesia.

Di awal 2018, kabar duka pun menyelimuti The Adams salah satu personilnya Tiara sang keyboardist multitalenta harus berpulang. Kepergian Tiara sendiri dikarenakan kondisi kesehatannya yang terus menurun dan membuatnya tidak aktif dalam beberapa tahun. Tiara juga sudah lama vakum bermain musik bersama The Adams sejak 2014 kabarnya karena kondisi kesehatan.

Sebagai pengganti di posisi keyboardist The Adams ada Citra atau dikenal Ciwi. Bergabung sejak 2014, Ciwi kala itu mendapat tawaran bermain bersama The Adams dan masih bertahan hingga saat ini.

Bergabungnya Ciwi bersama The Adams pun cukup lama kesana-kemari bermain bersama. Hingga, ia pun berhenti sejenak karena tengah dalam pasca masa lahiran. Sebagai penggantinya, ada Gina yang bermain keyboard. Kehadiran Gina pun diperkenalkan The Adams pertama kalinya pada We The Fest 2019 sebagai additional tim.

Pada Maret 2019, The Adams pun merilis album ketiganya bertajuk Agterplaas. Butuh waktu 13 tahun bagi Ario dkk untuk menyuguhkan album terbarunya itu. Makna dari nama album ketiga itu pun berbahasa Afrika yang artinya Teras Belakang.

Sungguh rasanya fantasis ketika The Adams mengeluarkan album terbarunya itu. Mengobati segala kerinduan akan nostalgia flashback masa-masa indah lagu The Adams yang selau terngiang dalam pikiran.

Baca Juga: Tahlilan Band Muncul dengan Menyeramkan

Baca Juga: Jackline J Rossy Resmi Mundur dari Band Cokelat

Baca Juga: Java Jukebox, Band Boston dengan Vokalis Anak Bandung


Share To


inggil

inggil

Feb. 11, 2020, 4 p.m.


tags : Agterplaas Indie Band Indie Jakarta Konservatif The Adams The Adams


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 7 August 2020 6:00 a.m.

Spotify Luncurkan Empat Original Podcast Indonesia

Life Style 5 August 2020 9:00 a.m.

Pesan Mendalam Stevan Pasaribu lewat Lagu Barunya

Life Style 5 August 2020 7:00 a.m.

Ledakan Dahsyat Meluluhlantakan Kota Beirut

Technology 4 August 2020 7:00 a.m.

Cara Kargo Tech Bantu Tingkatkan Bisnis Mitranya