Presiden-Jowoki.jpg

Bersama Rayakan HUT RI ke-75 Lewat Virtual Online

oleh: inggil Life Style Wednesday, 12 August 2020 13:00 p.m.


Mancode - Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020 mendatang, Pemerintah secara resmi meluncurkan program ‘Bulan Kemerdekaan’, pada Senin, 6 Juli 2020. Acara tersebut menghadirkan serangkaian acara dalam menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

Menurut Sekretaris Negara, Pratikno, menyebutkan jika Presiden Jokowi meminta untuk merancang perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 dengan meriah. Adanya acara seperti karnaval internasional maupun nasional yang melibatkan banyak negara. Tapi, karena saat ini tengah terjadi wabah pandemi di berbagai negara tentu rencana tersebut tidak bisa dilakukan.

“Adanya pandemi Covid-19 yang melanda banyak daerah dan negara mengubah semuanya,” ujar Pratikno, seperti yang dilansir dari Tempo.

Lanjutnya, Praktino menjelaskan jika perayaan Hari Kemerdekaan harus dilakukan dengan segala penyesuaian. Seluruh rakyat Tanah Air tetap menunjukkan kesyukurannya bahwa bangsa Indonesia merupakan negara yang besar dan kokoh secara politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Nantinya, upacara kenaikan dan penurunan bendera akan tetap dilaksanakan secara khidmat, namun dengan peserta yang terbatas. Termasuk jumlah Paskibraka yang terlibat juga sangat terbatas.

Upacara-17-Agustus.jpg

“Sehingga diputuskan perayaan tahun ini kami lakukan secara sederhana dengan tetap mendorong antusiasme masyarakat yang tinggi. Kreativitas dan inovasi juga tetap dikedepankan hanya saja harus sesuai dengan protokol covid yang aman. Maka nanti akan banyak kegiatan yang sifatnya virtual,” terang Pratikno.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, rangkaian kegiatan ‘Bulan Kemerdekaan’ diawali pada Juli 2020 dengan peluncuran logo HUT ke-75 RI dan sosialisasi kegiatan penghormatan penaikan bendera.

“Saat upacara penaikan bendera pukul 10.00 akan ada bunyi sirine dan kira-kira pukul 10.15 akan ada bunyi sirine kedua yang panjang, saat itulah diharapkan seluruh masyarakat untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya,” kata Wishnutama.

Seluruh masyarakat dapat turut serta dalam upacara secara daring pada 17 Agustus 2020 mendatang dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui alamat https://pandangistana.setneg.go.id yang akan mulai dibuka pada Senin, 10 Agustus 2020 pukul 17:08:45 WIB.

Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yayat Hidayat mengatakan, peringatan yang digelar secara daring tersebut dimaksudkan sebagai upaya mematuhi protokol kesehatan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

17-Agustus.jpg

“Setelah melakukan pendaftaran, pendaftar akan menerima notifikasi melalui pesan WhatsApp dan surel sebagai tanda bahwa permohonan undangan telah diterima,” ujar Yayat lewat keterangan tertulis, Senin, 10 Agustus 2020.

Permohonan yang telah diterima dan diverifikasi akan memperoleh pesan melalui WhatsApp dan surel yang berisi ketentuan untuk mengikuti jalannya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia atau Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka secara langsung melalui konferensi video. Setiap pendaftar hanya akan memperoleh satu tautan undangan konferensi video.

Baca Juga: 5 Perayaan Unik Memperingati 17 Agustus Dari Berbagai Daerah

Baca Juga: Mengenang Sejarah Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Baca Juga: Deretan Gunung di Pulau Jawa untuk Upacara 17 Agustus


Share To


inggil

inggil

Aug. 12, 2020, 1 p.m.


tags : Perayaan Kemerdekaan Indonesia Pandemi Covid-19 Presiden Jokowi HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 17 Agustus 2020 Cara ikut virtual online Kemerdekaan Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 28 September 2020 14:00 p.m.

Mike Tyson Akan Berbagi Kisah Hidupnya di Mola Living Live

Technology 28 September 2020 11:00 a.m.

McAFee Perkenalkan Teknologi Baru Keamanan Digital

Entertainment 28 September 2020 8:00 a.m.

Lanjutan EP Manner House dalam 'Forgotten Sea'