Bersama CEO Teguk Indonesia, ShopeePay Gelar Diskusi Virtual Soal Branding.jpg

Bersama CEO Teguk Indonesia, ShopeePay Gelar Diskusi Virtual Soal Branding

oleh: rachli Shopping Wednesday, 29 June 2022 14:00 p.m.


Mancode - Sebagai salah satu bentuk konsistensi mendukung perkembangan UMKM di Indonesia melalui buku panduan UMKM berjudul Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay, ShopeePay kembali menggelar sesi dikusi virtual melalui kanal media sosial Instagram.

Sesi diskusi tersebut salah satunya dilakukan bersama CEO Teguk Indonesia, Maulana Hakim. Dalam diskusi bersama pendiri bisnis yang berhasil membuka 175 gerai di wilayah Jabodetabek, Bandung, Karawang, Garut, dan Cirebon ini mengulas branding sebagai pembeda dan sarana bercerita bagi bisnis.

Menurut Maulana Hakim, branding atau identitas merek suatu usaha merupakan komponen penting yang patut dipahami oleh setiap pelaku bisnis karena dapat menjadi ‘senjata’ suatu bisnis dalam bersaing di pasar yang penuh akan kompetisi.


Branding yang kuat akan memberikan suatu bisnis sebuah ciri khas yang akan membantu konsumen untuk mengingat usaha tersebut, dan pada akhirnya berpotensi memunculkan kesetiaan pada merek tersebut,” jelasnya, Selasa (28/6/2022).

Pembeda yang kuat, lanjutnya, sangat dibutuhkan di tengah ramainya kompetisi. Sehingga, harus dipastikan branding yang dibuat untuk usaha berbeda dengan kompetitor dan menampilkan serta menonjolkan berbagai elemen yang menjadi ciri khas dari usaha tersebut.

Selain elemen pembeda, branding juga memberikan kesempatan bagi suatu usaha untuk menceritakan kepada konsumen tentang produk atau jasa tang ditawarkan. Pelaku usaha harus memperhatikan secara baik pilihan dari berbagai elemen yang digunakan saat mengkonsepkan branding usahanya.

Sebagai contoh, warna-warna yang terang mungkin akan memberikan kesan segar untuk usaha yang menawarkan aneka minuman dingin dan logo yang menarik dan bersifat unik mungkin akan tepat jika konsumen yang dituju adalah kalangan muda.

“Hal-hal seperti inilah yang harus dipikirkan dengan baik di awal saat memulai usaha atau jika sedang memikirkan cara untuk melakukan re-branding atau merancang ulang suatu merek,” sambungnya.

Maulana juga berpesan, branding di dalam dunia usaha bukan suatu kompetisi, melainkan strategi untuk memberikan kesan yang positif dan konsisten kepada pelanggan. Oleh karena itu, kenali konsumen dengan baik dan rancanglah branding yang sekiranya akan disukai oleh mereka.

Baca Juga: Pertegas Dukung UMKM, ShopeePay Luncurkan Buku Panduan UMKM

Baca Juga: Dukung UMKM Bangkit, ShopeePay Gelar Diskusi Mendalam Soal Strategi Bisnis

Baca Juga: Upaya ShopeePay Dorong Bangkitnya UMKM Lokal di Tengah Pandemi




Share To


rachli

rachli

June 29, 2022, 2 p.m.


tags : ShopeePay Branding Diskusi Virtual Teguk Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE