
Bersama CEO Teguk Indonesia, ShopeePay Gelar Diskusi Virtual Soal Branding
oleh: rachli Shopping Wednesday, 29 June 2022 14:00 p.m.
Mancode - Sebagai salah satu bentuk konsistensi mendukung perkembangan UMKM di Indonesia melalui buku panduan UMKM berjudul Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay, ShopeePay kembali menggelar sesi dikusi virtual melalui kanal media sosial Instagram.
Sesi diskusi tersebut salah satunya dilakukan bersama CEO Teguk Indonesia, Maulana Hakim. Dalam diskusi bersama pendiri bisnis yang berhasil membuka 175 gerai di wilayah Jabodetabek, Bandung, Karawang, Garut, dan Cirebon ini mengulas branding sebagai pembeda dan sarana bercerita bagi bisnis.
Menurut Maulana Hakim, branding atau identitas merek suatu usaha merupakan komponen penting yang patut dipahami oleh setiap pelaku bisnis karena dapat menjadi ‘senjata’ suatu bisnis dalam bersaing di pasar yang penuh akan kompetisi.
“Branding yang kuat akan memberikan suatu bisnis sebuah ciri khas yang akan membantu konsumen untuk mengingat usaha tersebut, dan pada akhirnya berpotensi memunculkan kesetiaan pada merek tersebut,” jelasnya, Selasa (28/6/2022).
Pembeda yang kuat, lanjutnya, sangat dibutuhkan di tengah ramainya kompetisi. Sehingga, harus dipastikan branding yang dibuat untuk usaha berbeda dengan kompetitor dan menampilkan serta menonjolkan berbagai elemen yang menjadi ciri khas dari usaha tersebut.
Selain elemen pembeda, branding juga memberikan kesempatan bagi suatu usaha untuk menceritakan kepada konsumen tentang produk atau jasa tang ditawarkan. Pelaku usaha harus memperhatikan secara baik pilihan dari berbagai elemen yang digunakan saat mengkonsepkan branding usahanya.
Sebagai contoh, warna-warna yang terang mungkin akan memberikan kesan segar untuk usaha yang menawarkan aneka minuman dingin dan logo yang menarik dan bersifat unik mungkin akan tepat jika konsumen yang dituju adalah kalangan muda.
“Hal-hal seperti inilah yang harus dipikirkan dengan baik di awal saat memulai usaha atau jika sedang memikirkan cara untuk melakukan re-branding atau merancang ulang suatu merek,” sambungnya.
Maulana juga berpesan, branding di dalam dunia usaha bukan suatu kompetisi, melainkan strategi untuk memberikan kesan yang positif dan konsisten kepada pelanggan. Oleh karena itu, kenali konsumen dengan baik dan rancanglah branding yang sekiranya akan disukai oleh mereka.
Share To

rachli
June 29, 2022, 2 p.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar
102 3 weeks ago
Jakarta Concert Week 2023 mengusung kolaborasi spektakuler yang dikonsepkan untuk memenuhi kebutuhan hiburan dan gaya hidup yang sejalan dengan pecinta otomotif di Indonesia.

Slipknot Siap Guncang Hammersonic 2023
66 3 weeks, 2 days ago
Hammersonic 2023 dipastikan terselenggara pada 18 dan 19 Maret 2023 di Carnaval, Ancol, Jakarta, dan sebanyak 53 pengisi line up telah diumumkan.

Para Tokoh Hadiri Soft Launching Nexus Ecosys Asia
62 2 weeks, 2 days ago
PT. Nexus Ecosys Asia adalah perusahaan ekspansi dari MHNexus Malaysia yang bergerak di bidang IT untuk database kesehatan masyarakat
YOU MAY ALSO LIKE
Technology 16 March 2023 9:00 a.m.
Indosat Bersama Ericsson Tingkatkan Layanan Digital Pengguna DMP
Entertainment 10 March 2023 20:00 p.m.
10 Musisi Pendatang Baru Siap tampil di Evoria Festival 2023
Life Style 9 March 2023 8:00 a.m.
Castrol Wujudkan Impian Pelanggan Menonton Liga Inggris secara Langsung
Technology 7 March 2023 10:00 a.m.