Alir.jpg

Berisikan Enam Lagu, Alir Rilis EP ‘Cornucopia’

oleh: galih Entertainment Thursday, 24 September 2020 7:00 a.m.


Mancode – Saat ini, banyak musisi yang merilis Extended Player (EP) dibanding album. EP dipahami sebagai mini album yang berisikan beberapa lagu saja. Seperti halnya yang dilakukan band Alir. Mereka merilis EP keduanya yang berjudul ‘Cornucopia’.

Ada enam lagu di dalam album tersebut, dua di antaranya merupakan hasil rekaman ulang dari versi demo lagu Alir, yakni ‘Daun’ dan ‘Bahtera’.

Menukil dari rilis yang diterima Mancode, nama ‘Cornucopia’ sendiri diambil dari sebuah bejana yang diperuntukkan untuk membawa hasil bumi dan makanan pada zaman Yunani kuno. Menurut mereka, ‘Cornucopia’ juga merupakan simbol dari kelimpahan dan keberkahan.


Dari simbol tersebut, Alir kemudian mengambil konsep ini sebagai nama dari EP keduanya. Ini karena kesamaan fungsinya, di mana EP kedua ini merupakan sebuah bejana yang di dalamnya memuat lagu yang secara lirik dan tema lirik yang lebih bervariasi dibandingkan EP sebelumnya.

Selain itu, Alir juga mengadopsi penamaan klasik untuk setiap track dalam ‘Cornucopia’. Misalnya Opus (Op.) yang merujuk pada ‘nomor karya’ pada karya-karya klasik. Penomoran ini merefleksikan hubungan antar satu karya dengan karya lainnya yang tergabung dalam EP terbaru ini.

Sementara secara musik, ‘Cornucopia’ memiliki warna yang sangat berbeda dibandingkan dengan EP sebelumnya ‘Entitas Ketiga’. EP kedua ini jauh lebih sederhana dalam merepresentasikan musik dengan komposisi yang lebih minimalis.

Setiap lagunya menyajikan komposisi padat dan lebih eksperimental dengan memasukkan elemen-elemen chamber, ambiens, serta soundscape. Dengan lirik sebagai storyline-nya, Alir mencoba membangun suasana pada setiap lagunya.

“Kami harap pendengar kami dapat merasakan energi yang kami coba bangun dan akhirnya bagikan melalui setiap komposisi dalam album ini. Karena sebagai sebuah band kami hanya ingin mengantarkan perspektif dan bagaimana cara kami melihat dunia melalui lirik dan bebunyian,” kata Alir.

Baca Juga: Calvin Jeremy X Abdul & The Coffee Theory Rilis 'Kangennya di Rumah Aja'

Baca Juga: Tandai 17 Tahun Berkarya, D’Masiv Rilis Album Terbaru

Baca Juga: Single 'Kabung' Bakal Jadi Materi Pembuka Album Hursa




Share To


galih

galih

Sept. 24, 2020, 7 a.m.


tags : Band Alir Alir Entertainment EP ‘Cornucopia’ Alir Rilis EP Alir Rilis Mini Album


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE