Beli Baju Bekas di Thrift Shop Ini Tips Mencucinya.jpg

Beli Baju Bekas di Thrift Shop? Ini Tips Mencucinya

oleh: rachli Life Style Wednesday, 4 January 2023 21:00 p.m.


Mancode - Membeli baju bekas impor di thrift shop (thrifting baju), sudah menjadi alternatif bagi sebagian besar para fashion enthusiast untuk tetap menunjang penampilannya sehari-hari. Meski terbilang bekas, model baju yang ditawarkan masih tetap layak pakai.

Namun perlu diingat, setelah mendapatkan baju bekas yang diinginkan tidak lupa untuk dicuci dengan cara yang tepat. Melansir laman Fitinline, berikut tips mencuci baju bekas.

Cek Lebel Baju


Sebaiknya periksa terlebih dahulu label baju yang disertakan pada produk yang telah dibeli. Mengikuti instruksi pencucian yang tertera dapat mempertahankan kualitas baju tetap awet.

Untuk membersihkan baju bahan halus seperti sutra dan wol, daapt dicuci dengan sabun mandi atau sabun bayi. Sedangkan baju dengan metode dry clean, cuci dengan metode yang sama untuk mempertahnkan material dan struktur baju.

Bersihkan Noda Membandel

Jika ada noda seperti bekas keringat, tinta, saus, dan lain sebagainya, bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan soda kue, cuka, hydrogen peroksida atau lemon.

Cuka Putih

Gunakan cuka putih untuk menghilangkan bau menyengat pada pakaian bekas yang mungkin timbul karena parfum atau produk pembersih beraroma. Jika baunya tetap ada, bisa merendam baju semalaman sebelum dicuci kembali.

Rendam dengan Air Panas

Bersihkan baju bekas dengan air panas untuk menghilangkan kuman bakteri yang menempel. Caranya, cukup rendam baju bekas dalam ember yang berisi air panas selam 10 hingga 15 menit.

Gunakan Cairan Antiseptik

Selesai direndam air panas, selanjutnya rendam dengan cairan antiseptik agar kebersihannya lebih terjamin. Lakukan perendaman selama lima hingga 10 menit, peras baju dan rendam untuk kedua kalinya dengan baking soda atau sabun untuk menghilangkan bau, setelahnya bisa dilanjutnya proses cuci seperti biasa.

Cuci dengan Tangan

Lakukan pencucian dengan menggunakan tangan guna memastikan baju bekas yang dibeli benar-benar bersih. Cara ini juga lebih aman jika lebel atau petunjuk pencucian sudah tidak ada tanpa takut baju akan rusak.

Pilih Ditergen Lembut

Gunakan detergen berbahan lembut untuk mencuci baju bekas yang didapat dari thrift shop untuk mencegah terjadinya kerusakan serat kain.

Randm dengan Pewangi

Selain menggunakan detergen lembut, rendam baju bekas yang sudah dicuci dengan pewangi dan pelembut setelahnya agar baju kembali wangi dan tidak bau apek.

Jemur di bawah Sinar Matahari

Setelah pencucian, selanjutnya keringkan baju secara langsung di bawah sinar matahari. Saat menjemur, tidak lupa untuk membalik baju agar tidak rusak atau pudar akibat paparan sinar matahari. Menjemur secara langsung akan membuatnya lebih cepat kering, sianr matahari juga berfungsi sebagai disinfektan alami yang membantu meatikan kuman dan bakteri pada baju.

Setrika Baju

Jika sudah kering, setrika baju bekas thrift shop seperti biasa dengan suhu yang sesuai dengan bahan kainnya.

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Noda Membandel Akibat Deodoran Pada Pakaian

Baca Juga: Intip 6 Gaya Berpakaian Pria Tampil Menarik

Baca Juga: 6 Rekomendasi Cara Merawat Pakaian Favorit Tetap Awet




Share To


rachli

rachli

Jan. 4, 2023, 9 p.m.


tags : Beli Baju Baju Bekas Thrift Shop Tips Mencuci


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA